Cara Menggunakan Google Measure

1. Pastikan ponsel Anda kompatibel dengan aplikasi Google Measure. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu memiliki ponsel Android yang mendukung teknologi augmented reality (AR) dan memiliki aplikasi Google ARCore terpasang. Anda dapat memeriksa kompatibilitas ponsel Anda dengan mengunjungi situs web resmi Google ARCore.

2. Unduh dan instal aplikasi Google Measure dari Google Play Store. Cari aplikasi Google Measure di Play Store dan pastikan untuk mengunduhnya dari sumber yang terpercaya. Setelah unduhan selesai, instal aplikasi di ponsel Anda.

3. Buka aplikasi Google Measure. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Google Measure dari daftar aplikasi di ponsel Anda.

4. Aplikasi akan meminta izin. Pertama kali Anda membuka aplikasi, Google Measure akan meminta izin untuk mengakses kamera dan penggunaan sensor pada ponsel Anda. Izinkan akses ini untuk melanjutkan.

5. Arahkan kamera ke objek yang ingin Anda ukur. Setelah aplikasi terbuka, arahkan kamera ponsel Anda ke objek yang ingin Anda ukur. Pastikan bahwa objek tersebut masuk dalam frame kamera dengan jelas dan tidak terlalu jauh dari ponsel Anda.

6. Aplikasi akan mendeteksi permukaan objek. Setelah Anda mengarahkan kamera ke objek, aplikasi Google Measure akan secara otomatis mendeteksi permukaan objek yang Anda inginkan untuk diukur. Ini dapat berupa meja, lantai, atau dinding. Pastikan objek tersebut muncul dengan jelas di layar ponsel Anda.

7. Tempatkan titik awal dan titik akhir pengukuran. Setelah permukaan objek terdeteksi, tempatkan titik awal pengukuran dengan mengetuk di salah satu sisi objek, misalnya di sudut atau ujung. Kemudian, tempatkan titik akhir pengukuran dengan mengetuk di sisi lain objek yang ingin Anda ukur.

8. Baca hasil pengukuran pada layar. Setelah Anda menempatkan titik awal dan titik akhir pengukuran, Google Measure akan menampilkan hasil pengukuran langsung di layar. Anda akan melihat ukuran panjang atau lebar dalam satuan yang Anda pilih, seperti sentimeter (cm) atau inci (in).

BACA JUGA :  Cara Membuat Font Windows 10 Seperti Font macOS

9. Lakukan pengukuran tambahan jika diperlukan. Jika Anda perlu melakukan pengukuran tambahan atau mengukur objek lain, Anda dapat mengulangi langkah-langkah sebelumnya. Google Measure memungkinkan Anda untuk melakukan multiple pengukuran dalam satu sesi.

10. Gunakan fitur lain, seperti pengukuran area. Selain pengukuran panjang dan lebar, Google Measure juga memiliki fitur pengukuran area. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat menempatkan lebih dari dua titik pengukuran di sekitar objek tersebut. Aplikasi akan secara otomatis menghitung luas permukaan yang diukur.

11. Simpan atau bagikan hasil pengukuran. Setelah selesai melakukan pengukuran, Anda dapat menyimpan dan membagikan hasilnya. Aplikasi Google Measure memiliki opsi untuk menyimpan hasil pengukuran ke galeri ponsel Anda atau membagikannya melalui berbagai platform media sosial atau aplikasi pesan.

12. Jelajahi pengaturan tambahan. Selain fungsi dasar pengukuran, aplikasi Google Measure juga memiliki beberapa pengaturan tambahan yang dapat Anda jelajahi. Misalnya, Anda dapat mengubah unit pengukuran default, mengaktifkan atau mematikan suara pengukuran, atau mengatur warna pengukuran yang ditampilkan di layar.

Itulah panduan tentang cara menggunakan Google Measure. Aplikasi ini dapat sangat berguna dalam berbagai situasi, mulai dari pengukuran objek rumah tangga hingga pengiriman paket. Pastikan Anda menggunakan aplikasi ini dengan teliti dan hati-hati untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. Selamat mencoba!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *