Cara Mengatasi Fitur Update Windows 10 Tidak Muncul

1. Pastikan Komputer Agan Memenuhi Persyaratan Sistem
Sebelum Agan mencoba memperbaiki masalah ini, penting untuk memastikan bahwa komputer Agan memenuhi persyaratan sistem untuk pembaruan fitur Windows 10 terbaru. Fitur update yang tidak muncul mungkin terkait dengan spesifikasi hardware atau perangkat lunak yang kurang memadai. Cek spesifikasi sistem Agan dan pastikan Agan memenuhi persyaratan minimal untuk pembaruan fitur Windows 10 terbaru.

2. Periksa Pengaturan Windows Update
Langkah pertama yang harus Agan coba adalah memeriksa pengaturan Windows Update di komputer Agan. Buka Pengaturan Windows, lalu pilih “Update & Security” dan klik “Windows Update”. Pastikan bahwa Agan telah mengaktifkan opsi “Perbarui fitur Windows” dan “Periksa pembaruan”.

3. Periksa Koneksi Internet Agan
Untuk mengunduh dan menginstal pembaruan fitur Windows 10, Agan perlu koneksi internet yang stabil dan cepat. Pastikan bahwa komputer Agan terhubung ke jaringan internet yang baik. Agan juga dapat mencoba mengatur ulang router atau mencoba menghubungkan komputer Agan ke jaringan internet yang berbeda untuk memastikan bahwa masalah bukan terletak pada konektivitas jaringan Agan.

4. Restart Komputer Agan
Cobalah untuk memulai ulang komputer Agan dan lihat apakah fitur pembaruan Windows 10 muncul setelahnya. Restart komputer dapat membantu memperbaiki masalah kecil dan memperbarui konfigurasi sistem. Setelah restart, coba periksa kembali pengaturan Windows Update dan lihat apakah fitur pembaruan muncul.

5. Jalankan Windows Update Troubleshooter
Windows Update Troubleshooter adalah alat bawaan Windows yang dapat membantu Agan mendeteksi dan memperbaiki masalah dengan Windows Update. Agan dapat menjalankannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

– Buka Pengaturan Windows dan pilih “Update & Security”.
– Pilih “Troubleshoot” di sisi kiri jendela.
– Gulir ke bawah dan pilih “Additional troubleshooters”.
– Pilih “Windows Update” dari daftar dan klik “Run the troubleshooter”.
– Ikuti petunjuk yang ditampilkan untuk menyelesaikan proses.

BACA JUGA :  Cara memberi password file excel

Setelah Windows Update Troubleshooter selesai, coba periksa kembali pengaturan Windows Update dan lihat apakah fitur pembaruan muncul.

6. Bersihkan Folder Cache
Folder cache Windows Update dapat menyebabkan masalah dengan pembaruan fitur Windows 10. Agan dapat mencoba membersihkan folder cache secara manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

– Buka File Explorer dan navigasikan ke direktori “C:\Windows\SoftwareDistribution\Download”.
– Hapus semua file yang ada di dalam folder “Download”.
– Buka “Services” dengan cara menekan tombol “Windows + R” dan memasukkan “services.msc”.
– Cari dan klik kanan “Windows Update” di daftar layanan.
– Pilih “Stop” untuk menghentikan layanan Windows Update.
– Kembali ke folder “C:\Windows\SoftwareDistribution” dan hapus semua file dan folder kecuali folder “Download”.
– Buka kembali “Services” dan klik kanan “Windows Update”.
– Pilih “Start” untuk menjalankan kembali layanan Windows Update.

Setelah membersihkan folder cache dan menghidupkan kembali layanan Windows Update, coba periksa kembali pengaturan Windows Update dan lihat apakah fitur pembaruan muncul.

7. Lakukan Pembaruan Secara Manual
Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Agan dapat mencoba untuk melakukan pembaruan secara manual dengan mengunduh file ISO pembaruan fitur Windows 10 terbaru dari situs resmi Microsoft. Agan dapat mengikuti panduan di situs resmi Microsoft tentang cara mengunduh dan menginstal file ISO pembaruan fitur Windows 10. Setelah menginstal pembaruan secara manual, periksa kembali pengaturan Windows Update dan lihat apakah fitur pembaruan muncul.

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah fitur pembaruan Windows 10 yang tidak muncul, Agan dapat mencoba untuk menghubungi dukungan teknis Microsoft untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka dapat memberikan langkah-langkah yang lebih rinci atau membantu Agan secara langsung dalam memecahkan masalah ini.

BACA JUGA :  Aplikasi foto efek di windows 10 lebih dari 170 art filters

Dalam kesimpulan, ketika fitur pembaruan Windows 10 tidak muncul di komputer Agan, ada beberapa langkah yang bisa Agan coba untuk mengatasi masalah ini. Memastikan bahwa komputer Agan memenuhi persyaratan sistem, memeriksa pengaturan Windows Update, memeriksa koneksi internet, melakukan restart komputer, menjalankan Windows Update Troubleshooter, membersihkan folder cache, dan melakukan pembaruan secara manual bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Agan dapat mencari bantuan dari dukungan teknis Microsoft.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *