Cara mengatasi error DRIVER CORRUPTED EXPOOL di windows 10

1. Perbarui Driver Perangkat

Kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL sering terjadi karena masalah kecocokan driver, oleh karena itu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperbarui driver perangkat di komputer Anda. Anda dapat melakukannya secara manual dengan mengunjungi situs web produsen perangkat keras masing-masing atau menggunakan aplikasi driver updater seperti Driver Booster untuk memperbarui semua driver Anda secara otomatis.

2. Periksa Kode Kesalahan

BSOD memiliki kode kesalahan yang dapat memberi petunjuk tentang penyebab masalah. Ketika pesan error DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL muncul, catat kode kesalahan yang ditampilkan. Dengan kode kesalahan ini, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang penyebab masalah dan solusinya di situs web Microsoft atau forum teknis lainnya.

3. Periksa Perangkat Keras yang Bisa Menyebabkan Masalah

Beberapa perangkat keras yang tidak kompatibel atau rusak dapat menyebabkan kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL. Untuk memeriksa apakah ada perangkat keras yang menyebabkan masalah, mulailah dengan melepaskan semua perangkat keras yang terpasang kecuali yang paling penting seperti keyboard, mouse, dan monitor. Jika kesalahan tidak terjadi lagi setelah itu, Anda dapat mulai memasang perangkat keras satu per satu dan memeriksa apakah salah satu dari mereka menyebabkan masalah.

4. Periksa Perangkat Lunak yang Dapat Menyebabkan Masalah

Selain perangkat keras, ada kemungkinan bahwa perangkat lunak pihak ketiga, seperti Antivirus atau program utilitas, dapat menyebabkan kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL. Untuk memeriksa apakah perangkat lunak tertentu yang menyebabkan masalah, Anda dapat mencoba memulai Windows dalam mode aman. Dalam mode aman, hanya driver dan layanan yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem yang akan dimuat, sehingga jika kesalahan tidak terjadi dalam mode aman, kemungkinan besar ada perangkat lunak yang bertanggung jawab.

BACA JUGA :  10 Game PPSSPP Terbaik Untuk Android

5. Scan Virus dan Malware

Virus dan malware dapat merusak file sistem yang penting dan menyebabkan kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL. Untuk memastikan bahwa komputer Anda bersih dari ancaman ini, lakukan scan komprehensif menggunakan program antivirus dan antispyware terpercaya. Pastikan perangkat lunak keamanan Anda diperbarui ke versi terbaru sebelum melakukan scan.

6. Periksa File Sistem

Kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL juga dapat terjadi jika ada kerusakan pada file sistem Windows. Anda dapat menggunakan utilitas Check Disk untuk memeriksa integritas file sistem Anda. Buka Command Prompt dengan hak administrator dan jalankan perintah “chkdsk /f /r”. Setelah itu, restart komputer Anda dan biarkan proses scan dan perbaikan berjalan hingga selesai.

7. Nonaktifkan Overclocking

Overclocking dapat memberikan peningkatan kinerja pada komputer Anda, tetapi juga dapat menyebabkan kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL jika tidak dilakukan dengan benar. Jika Anda telah melakukan overclocking pada CPU, RAM, atau kartu grafis Anda, pertimbangkan untuk mengembalikan semua pengaturan ke default dan lihat apakah kesalahan tetap terjadi.

8. Lakukan Pemulihan Sistem

Jika semua langkah di atas tidak berhasil memperbaiki kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL, Anda dapat mencoba melakukan pemulihan sistem. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengembalikan sistem Anda ke titik pemulihan sebelum masalah dimulai. Pemulihan sistem mungkin menghapus beberapa perubahan atau instalasi program terbaru, tetapi ini akan membantu Anda dalam memulihkan sistem Windows ke kondisi yang berfungsi dengan baik.

Kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL di Windows 10 bisa sangat mengganggu dan dapat menyebabkan kerugian data dan waktu. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba untuk mengatasi masalah ini dan memulihkan kinerja sistem Anda kembali normal. Namun, jika kesalahan ini terus terjadi setelah mencoba semua solusi di atas, disarankan untuk menghubungi dukungan teknis atau spesialis komputer terdekat untuk bantuan yang lebih lanjut.

BACA JUGA :  Cara Membuat Game Hangman Dengan Google Sheets

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *