Cara Mengaktifkan Retpoline protection Windows 10

Retpoline adalah teknik yang dikembangkan oleh Google untuk melindungi sistem dari serangan yang memanfaatkan kerentanan side-channel pada prosesor. Teknik ini menggunakan instruksi khusus untuk mengalihkan eksekusi kode ke jalur yang aman dan menghindari serangan yang memanfaatkan kerentanan. Retpoline telah diterapkan di berbagai sistem operasi, termasuk Windows 10.

Untuk mengaktifkan Retpoline protection di Windows 10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pastikan Anda menggunakan versi Windows 10 yang mendukung Retpoline protection. Retpoline diperkenalkan dalam pembaruan Windows 10 versi 1809 (Oktober 2018 Update) dan versi yang lebih baru. Jika Anda menggunakan versi yang lebih lama, disarankan untuk memperbarui sistem Anda ke versi terbaru.

2. Buka Command Prompt dengan hak akses administratif. Caranya, klik kanan pada tombol Start dan pilih “Command Prompt (Admin)”.

3. Ketik perintah berikut dan tekan Enter:
“`
bcdedit /set system mitigationsoptions 0x8000000
“`
Perintah ini akan mengaktifkan Retpoline protection di Windows 10.

4. Setelah perintah di atas berhasil dieksekusi, restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan.

Setelah komputer Anda berhasil restart, Retpoline protection akan aktif dan sistem Anda akan dilindungi dari serangan yang memanfaatkan kerentanan side-channel pada prosesor.

Namun, perlu diingat bahwa Retpoline protection tidak sepenuhnya menghilangkan kerentanan side-channel pada prosesor. Ini hanya mengurangi kemungkinan serangan yang berhasil memanfaatkannya. Oleh karena itu, selain mengaktifkan Retpoline protection, Anda masih perlu menjaga sistem Anda tetap aman dengan melakukan praktik keamanan yang baik seperti menginstal pembaruan sistem yang terbaru, menjaga software Anda tetap terbaru, dan hati-hati dalam mengakses tautan yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Selain itu, perlu diingat bahwa Retpoline protection dapat memiliki dampak kecil terhadap kinerja sistem. Meskipun dampaknya kecil, terutama pada komputer yang lebih baru dengan prosesor yang lebih kuat, tetapi jika Anda mengalami masalah kinerja setelah mengaktifkan Retpoline protection, Anda dapat mencoba menonaktifkannya kembali dengan menggunakan perintah berikut di Command Prompt dengan hak akses administratif:
“`
bcdedit /set system mitigationsoptions 0x1000000
“`
Perintah ini akan menonaktifkan Retpoline protection di Windows 10.

BACA JUGA :  Software Untuk Membuat Video Berita Gratis Terbaik

Dengan mengaktifkan Retpoline protection di Windows 10, Anda dapat meningkatkan tingkat perlindungan sistem Anda terhadap serangan yang memanfaatkan kerentanan side-channel pada prosesor. Namun, perlu diingat bahwa itu bukan satu-satunya langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjaga sistem Anda tetap aman. Pastikan selalu menjaga sistem Anda terbaru dengan menginstal pembaruan sistem yang terbaru dan mengikuti praktik keamanan yang baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *