5 Cara Mengaktifkan Nomor Telkomsel yang Sudah Mati

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel untuk Pengguna Lama

Bagi kamu yang sudah lama menggunakan kartu Telkomsel, mungkin pernah mengalami kartu Telkomsel yang mati. Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan kartu Telkomsel mati, seperti lupa mengisi pulsa atau ada gangguan pada kartu SIM. Jika kartumu mati, jangan khawatir karena kamu masih bisa mengaktifkannya kembali. Berikut ini adalah cara mengaktifkan kartu Telkomsel untuk pengguna lama:

  1. Buka menu SMS di ponselmu.
  2. Ketik format ULANG [Spasi] NIK#Nomor Kartu Keluarga#, kemudian kirimkan ke 4444.
  3. Tunggu sampai kamu mendapatkan balasan berupa notifikasi dari pihak Telkomsel.

Jika kartumu masih berada dalam masa tenggang kurang dari 15 hari, kemungkinan besar kamu masih bisa mengaktifkannya. Namun, jika kartumu sudah mati lebih dari 15 hari, kemungkinan untuk mengaktifkannya kembali menjadi lebih kecil. Jadi, sebaiknya perhatikan masa tenggang kartumu agar tidak terlalu lama mati.

Apabila kartumu sudah mati lebih dari sebulan, kamu tidak bisa mengaktifkannya lagi dengan alasan apapun. Satu-satunya cara adalah dengan membeli kartu perdana baru. Jadi, pastikan kamu mengisi pulsa secara rutin agar kartumu tidak mati.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel untuk Pengguna Baru

Bagi kamu yang baru saja membeli kartu perdana Telkomsel, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya. Registrasi ini wajib kamu lakukan supaya kartumu aktif. Berikut ini adalah cara mengaktifkan kartu Telkomsel untuk pengguna baru:

  1. Buka menu SMS di ponselmu.
  2. Ketikkan pesan dengan format REG [Spasi] NIK#Nomor Kartu Keluarga#, kemudian kirimkan ke nomor 4444.
  3. Tunggu sampai kamu mendapatkan balasan berupa notifikasi dari Telkomsel.

Setelah melakukan registrasi, kartumu akan aktif dan siap digunakan. Pastikan kamu mengisi pulsa secara rutin agar kartumu tetap aktif dan tidak mati.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Tidak Ada Jaringannya

Jika kartu Telkomsel yang kamu gunakan tiba-tiba kehilangan sinyal atau jaringan, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Beberapa di antaranya adalah adanya gangguan sinyal sementara, masalah pada kartu SIM, komponen kartu yang rusak, atau sistem HP yang mengalami error.

Jika kartumu kehilangan jaringan, berikut ini adalah cara mengaktifkannya kembali:

  1. Restart ponselmu kemudian lakukan reset jaringan pada menu pengaturan.
  2. Buka menu pengaturan di ponselmu.
  3. Klik menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler.
  4. Pilih kartu Telkomsel yang berada di slot 1 atau 2 kartu SIM di ponselmu.
  5. Pilih Jaringan Seluler dan klik Jaringan Secara Otomatis agar ponsel menemukan sinyal secara manual.
  6. Tunggu sampai selesai kemudian pilihan provider akan muncul di layar. Kamu tidak perlu memilih menu apa-apa.
  7. Kalau sudah selesai, kembali lagi ke mode otomatis dan sinyal akan kembali lagi.

Jika dengan langkah-langkah di atas sinyal masih belum kembali, coba pindahkan kartu ke ponsel lain. Jika di ponsel tersebut sinyalnya terbaca, kemungkinan ada masalah pada ponselmu. Namun, jika sinyal masih belum terbaca, maka kemungkinan kerusakan ada pada komponen kartu. Kamu perlu ke GraPARI untuk melakukan penggantian kartu.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Lewat Telkomsel E-Care

Telkomsel E-Care merupakan layanan media sosial resmi milik Telkomsel. Kamu bisa menghubungi Telkomsel E-Care melalui Twitter, Instagram, dan Facebook. Untuk mendapatkan respon yang lebih cepat, sebaiknya kamu menggunakan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati melalui Twitter Telkomsel E-Care. Berikut ini adalah panduannya:

  1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Twitter.
  2. Kunjungi akun Telkomsel di @Telkomsel.
  3. Pilih Direct Message atau Pesan Langsung.
  4. Ajukan permohonan pengaktifan kartu dengan format: nomor, waktu, lokasi, dan tanggal masa tenggang.
  5. Tunggu sampai admin selesai mengecek kartumu. Jika nomor memenuhi syarat, kartumu akan diaktifkan kembali.

Dengan menggunakan Telkomsel E-Care, kamu dapat mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati tanpa perlu datang ke GraPARI. Namun, pastikan kamu memberikan informasi yang lengkap dan jelas agar permohonanmu bisa diproses dengan cepat.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Tanpa ke GraPARI

Banyak orang yang berpikir bahwa mengaktifkan kartu Telkomsel artinya harus datang ke GraPARI. Padahal, saat ini sudah ada banyak cara mengaktifkan nomor Telkomsel yang sudah mati tanpa perlu datang ke GraPARI. Salah satunya adalah melalui Telkomsel E-Care seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi call center Telkomsel di 118 atau 0807-1-811-811. Biaya panggilan yang dikenakan adalah sebesar Rp300 per panggilan. Jelaskan masalahmu pada petugas dan ikuti arahan berikutnya untuk mengaktifkan kembali kartumu.

Memang ada biaya yang harus kamu keluarkan untuk menghubungi call center Telkomsel, namun cara ini lebih praktis dan efisien daripada harus datang ke GraPARI.

Demikianlah beberapa cara mengaktifkan nomor Telkomsel yang sudah mati. Tidak terlalu sulit, bukan? Penting bagi kamu untuk selalu mengisi pulsa secara berkala agar kartumu tetap aktif dan tidak mati. Jika kamu ingin lebih mudah dan hemat dalam mengisi pulsa, kamu bisa menggunakan aplikasi sobatcloud.com. Aplikasi sobatcloud.com sangat simpel dan mudah digunakan. Yuk, unduh aplikasinya sekarang di Google Play Store atau Apps Store!

BACA JUGA :  Ini Kode Virtual Account OVO Terlengkap, Isi Saldo Makin Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *