Cara mengaktifkan mode Picture-in-Picture di google chrome

1. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari Google Chrome. Jika belum, buka menu Google Chrome di pojok kanan atas dan pilih “Tentang Google Chrome” untuk memeriksa pembaruan.

2. Buka Google Chrome dan pergi ke situs web yang memiliki video yang ingin Anda tonton dalam mode Picture-in-Picture.

3. Putar video tersebut dan tunggu hingga video dimulai.

4. Klik kanan pada video dan pilih opsi “Aktifkan mode Picture-in-Picture” dari menu konteks. Jika Anda menggunakan trackpad Mac, Anda juga dapat melakukan klik dengan dua jari dan memilih opsi yang sama.

5. Video akan muncul dalam jendela kecil dan mengapung di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan. Anda dapat memindahkan jendela tersebut ke tempat yang nyaman di layar dengan mengklik dan menariknya.

6. Selain itu, Anda juga dapat mengubah ukuran jendela Picture-in-Picture dengan mengklik dan menarik ujung-ujung jendela.

7. Untuk menghentikan mode Picture-in-Picture, klik pada tombol “X” di bagian pojok kanan atas jendela atau klik kanan pada video dan pilih opsi “Tutup Picture-in-Picture”.

Itulah cara mengaktifkan mode Picture-in-Picture di Google Chrome. Mode ini sangat berguna ketika Anda ingin terus menonton video sambil melakukan tugas lain di komputer Anda. Anda tidak perlu lagi bergantian antara jendela video dan aplikasi lainnya, karena video akan tetap muncul di atas aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua video dan situs web mendukung mode Picture-in-Picture. Jika opsi ini tidak tersedia saat Anda mengklik kanan pada video, kemungkinan besar situs web tersebut tidak menyediakan dukungan untuk fitur ini.

Selain itu, jika Anda lebih suka menggunakan keyboard untuk mengontrol mode Picture-in-Picture, ada juga beberapa pintasan yang dapat Anda gunakan:

BACA JUGA :  7 Jenis cookies browser yang harus anda ketahui

– Untuk memulai mode Picture-in-Picture: Tekan tombol Alt + Pada kotak keyboard.
– Untuk menghentikan mode Picture-in-Picture: Tekan tombol Esc pada kotak keyboard.

Dengan menggunakan pintasan keyboard ini, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan dan menonaktifkan mode Picture-in-Picture tanpa perlu menggunakan tetikus atau trackpad.

Selain Google Chrome, beberapa aplikasi lain seperti VLC Media Player dan Mozilla Firefox juga memiliki fitur Picture-in-Picture. Jika Anda sering menggunakan aplikasi-aplikasi ini, Anda juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk menonton video dengan nyaman.

Namun, mode Picture-in-Picture juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah ketika Anda memindahkan jendela Picture-in-Picture di Google Chrome, video akan terhenti sejenak sebelum berlanjut ketika jendela tersebut ditempatkan kembali. Hal ini dapat mengganggu pengalaman menonton Anda. Selain itu, mode ini juga tidak tersedia untuk video yang diputar di tab tersembunyi atau tab fitur.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *