Cara Mengaktifkan gpedit.msc di Windows 10 Home Edition

Sebelum kita mulai, diperlukan beberapa pemahaman tentang apa itu Gpedit.msc dan mengapa ini penting. Gpedit.msc adalah alat pengeditan kebijakan grup yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai pengaturan dan kebijakan di Windows. Ini adalah alat yang sangat berguna bagi para administrator sistem dan pengguna tingkat lanjut untuk mengontrol berbagai aspek sistem operasi mereka.

Namun, perlu diketahui bahwa Gpedit.msc hanya tersedia di versi Windows 10 yang lebih tinggi, seperti Windows 10 Pro, Enterprise, dan Education. Untuk alasan tertentu, Microsoft memutuskan untuk tidak menyertakan Gpedit.msc di Windows 10 Home Edition. Tetapi jangan khawatir, ada solusi untuk mengaktifkannya di Windows 10 Home Edition. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh File Gpedit.msc
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload file Gpedit.msc yang kompatibel dengan Windows 10 Home Edition. Ada beberapa tempat di internet tempat Anda dapat menemukan file ini. Cari dan unduh file Gpedit.msc yang sesuai dengan versi Windows 10 Home Edition Anda.

Langkah 2: Ekstrak File
Setelah Anda memiliki file Gpedit.msc yang diunduh, ekstrak file ZIP tersebut ke folder manapun yang Anda inginkan di komputer Anda. Setelah diekstrak, Anda akan melihat folder “GroupPolicy”, “GroupPolicyUsers”, dan file “gpedit.msc”.

Langkah 3: Copy File ke Lokasi yang Tepat
Sekarang, Anda perlu menyalin folder “GroupPolicy” dan “GroupPolicyUsers”, serta file “gpedit.msc”, ke folder sistem Windows. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka File Explorer dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard.
– Pada bilah alamat, ketik %SystemRoot%, lalu tekan Enter. Ini akan membuka folder Windows di File Explorer.
– Dalam folder Windows, cari folder “System32”. Setelah menemukannya, buka folder tersebut.
– Di dalam folder System32, cari folder dengan nama “GroupPolicy”. Jika folder ini tidak ada, buatlah folder baru dengan nama “GroupPolicy”.
– Setelah Anda masuk ke folder “GroupPolicy”, salin folder “GroupPolicy” dan “GroupPolicyUsers” yang sudah Anda ekstrak sebelumnya ke dalam folder ini.
– Selanjutnya, salin file “gpedit.msc” ke folder “System32”. Pastikan Anda menyalinnya ke folder yang tepat.

BACA JUGA :  Download Nada Dering Android Q Gratis

Langkah 4: Mendaftarkan Gpedit.msc
Setelah Anda menyalin semua file dan folder yang diperlukan, sekarang saatnya untuk mendaftarkan Gpedit.msc di Windows 10 Home Edition. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka Command Prompt dengan hak administrator. Untuk melakukan ini, klik kanan pada tombol Start, lalu pilih “Command Prompt (Admin)”.
– Ketika Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut: dism.exe /online /add-package /packagepath:”C:\Windows\Temp\gpedit\gpedits.msc”
– Pastikan Anda mengganti “C:\Windows\Temp\gpedit\gpedits.msc” dengan lokasi file Gpedit.msc yang telah Anda ekstrak sebelumnya.
– Setelah Anda mengetik perintah tersebut, tekan Enter untuk menjalankannya.
– Selama proses ini, Windows akan mendaftarkan Gpedit.msc di sistem Anda. Ini akan membutuhkan beberapa waktu, jadi bersabarlah sampai proses ini selesai.

Langkah 5: Tes Gpedit.msc
Setelah proses pendaftaran selesai, sekarang saatnya untuk menguji apakah Gpedit.msc berfungsi dengan benar di Windows 10 Home Edition. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka Run dialog dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard.
– Ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) di kotak dialog Run, lalu tekan Enter.
– Jika Gpedit.msc berhasil diaktifkan, Anda akan melihat jendela Local Group Policy Editor terbuka. Ini menunjukkan bahwa Gpedit.msc sekarang aktif di Windows 10 Home Edition Anda.

Sekarang Anda dapat menggunakan Gpedit.msc untuk mengedit pengaturan dan kebijakan grup di Windows 10 Home Edition. Pastikan Anda menggunakan alat ini dengan hati-hati dan hanya melakukan perubahan yang Anda pahami dengan baik.

Meskipun Gpedit.msc sekarang aktif di Windows 10 Home Edition, tetap berhati-hati saat mengedit pengaturan dan kebijakan grup. Mengubah pengaturan yang salah dapat mempengaruhi kinerja dan stabilitas sistem operasi Anda.

Jadi, itulah cara mengaktifkan Gpedit.msc di Windows 10 Home Edition. Meskipun tidak secara default diaktifkan, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengaktifkannya dengan mudah. Semoga informasi ini berguna dan membantu Anda dalam mengoptimalkan pengaturan dan kebijakan di Windows 10 Home Edition Anda.

BACA JUGA :  Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Di Windows 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *