Cara Mendaftarkan UMKM online di OSS GO ID

Apa Itu NIB?

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud NIB? NIB adalah Nomor Induk Berusaha yang fungsinya adalah sebagai identitas pelaku usaha. NIB bisa Anda dapatkan secara online dengan melakukan pendaftaran di Online Single Submission (OSS). NIB merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap pelaku usaha, terutama UMKM. Melalui NIB, pemerintah dapat memantau dan mengontrol usaha yang beroperasi di Indonesia. Dengan memiliki NIB, pelaku usaha dapat memperoleh berbagai manfaat, seperti jaminan perlindungan hukum, kesempatan untuk mengikuti program pendampingan dan pemberdayaan, serta akses pembiayaan yang lebih luas.

Manfaat Mempunyai NIB bagi UMKM

Kepemilikan NIB oleh pelaku UMKM memberikan banyak manfaat, di antaranya:

1. Memperoleh Jaminan Perlindungan Hukum

Kepemilikan NIB merupakan bukti bahwa usaha yang tengah Anda jalankan terdaftar secara resmi dan diakui oleh pemerintah. Adanya jaminan perlindungan hukum ini dapat menjadi nilai lebih bagi Anda dalam melakukan pemasaran produk. Alasannya, karena konsumen bisa menaruh kepercayaan lebih kepada produk yang Anda miliki. Dengan NIB, Anda juga dapat melindungi diri Anda dari tindakan hukum yang mungkin dilakukan oleh pihak lain terkait dengan usaha Anda.

2. Mengikuti Program Pendampingan dan Pemberdayaan

Ada pula manfaat untuk memperoleh kesempatan berpartisipasi dalam program pendampingan serta pemberdayaan, baik yang diselenggarakan pemerintah ataupun lembaga swasta. Program semacam ini jadi kesempatan menarik bagi Anda untuk meningkatkan skill terkait pengelolaan usaha. Dalam program ini, Anda akan mendapatkan pelatihan dan pembinaan yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha Anda menjadi lebih baik. Selain itu, Anda juga dapat memperluas jaringan bisnis dengan bertemu dengan pelaku usaha lainnya.

BACA JUGA :  6 Cara Mudah Mencari Investor untuk Bisnis UMKM

3. Akses Pembiayaan yang Lebih Luas

Manfaat yang tidak kalah penting adalah kesempatan memperoleh akses pembiayaan yang lebih luas. Anda tidak hanya bisa mengajukan pinjaman modal ke bank. Namun, ada pula kesempatan untuk mengajukan bantuan modal khusus UMKM kepada pemerintah, baik pemerintah daerah ataupun pusat. Dengan memiliki NIB, Anda dapat membuktikan bahwa usaha Anda sudah terdaftar secara resmi dan diakui oleh pemerintah. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman atau lembaga pembiayaan untuk memberikan modal atau pinjaman kepada usaha Anda. Dengan akses pembiayaan yang lebih luas, Anda dapat mengembangkan usaha Anda dengan lebih cepat dan efektif.

Syarat Pengurusan NIB UMKM

Proses pendaftaran NIB untuk UMKM bisa Anda lakukan secara online. Pendaftaran UMKM online tersebut berlangsung melalui platform OSS.go.id gratis. Dalam pengurusannya, Anda perlu mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) / KTP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Alamat email yang valid dan masih aktif
  • Nomor telepon aktif
  • Nomor anggota BPJS Kesehatan (opsional)
  • Nomor anggota BPJS Ketenagakerjaan (opsional)

Dokumen-dokumen tersebut diperlukan untuk memverifikasi identitas Anda sebagai pelaku usaha. Selain itu, dokumen seperti NPWP dan anggota BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dapat menunjukkan bahwa Anda telah memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik. Setelah Anda mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut, Anda dapat melanjutkan ke tahapan proses pendaftaran UMKM online di OSS.

Tahapan Proses Daftar UMKM Online di OSS

Kalau Anda sudah mempersiapkan dokumen secara lengkap, selanjutnya adalah mengikuti tahapan OSS.go.id daftar online UMKM. Proses pendaftarannya cukup mudah, bisa Anda lakukan sebagai berikut:

Proses Pendaftaran Akun UMKM Online di OSS

  • Buka halaman OSS.go.id. Untuk memudahkan proses pengisian berkas, akses halaman tersebut menggunakan perangkat komputer.
  • Pilih menu daftar yang bisa Anda temukan di bagian pojok kanan atas layar. Setelah itu, Anda akan menemukan opsi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) serta Non Usaha Mikro dan Kecil (Non UMK). Pilih UMK.
  • Layar akan menampilkan 2 pilihan, yaitu “Orang Perseorangan” dan “Badan Usaha”. Di waktu bersamaan, jangan lupa untuk memasukkan nomor telepon serta alamat email aktif dengan benar.
  • Setelah pengisian Anda lakukan dengan benar, pilih metode pengiriman verifikasi. Anda bisa menerima kode verifikasi menggunakan WhatsApp atau email. Pilih salah satu dan tekan tombol Konfirmasi.
  • Layar akan memintamu memasukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan sistem. Kode verifikasi tersebut terdiri dari 6 nomor unik yang harus Anda masukkan dengan benar.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapati ada kolom baru yang perlu di isi. Kolom tersebut meliputi nama lengkap, password, dan ulangi password. Kalau semua kolom sudah Anda isi, tekan tombol Konfirmasi.
  • Berikutnya, sistem OSS.go.id akan memintamu untuk memasukkan data-data lainnya meliputi, NIK, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat tempat tinggal lengkap sesuai dengan KTP. Kalau sudah terisi semua, centang pada kotak yang tersedia dan tekan tombol Daftar.
  • Proses pendaftaran akun UMKM online di OSS.go.id telah berhasil. Anda dapat melihat detail informasi akun OSS pada alamat email yang digunakan untuk proses pendaftaran.

Setelah Anda berhasil mendaftar dan memiliki akun di OSS, Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu pengisian data usaha.

Pengisian Data Usaha di OSS

Setelah proses pendaftaran Anda selesaikan, tahap selanjutnya adalah mengisi detail data usaha yang dijalankan. Langkah-langkah pengisiannya bisa Anda ikuti sebagai berikut:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *