Cara Menambahkan Video Youtube ke Ms Excel

Menambahkan video YouTube ke Excel bukanlah fitur bawaan yang disediakan oleh Microsoft Excel. Namun, Anda masih dapat melakukannya dengan bantuan fitur web browser dan pemutar video di dalamnya. Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan video YouTube ke Excel, yaitu menggunakan objek OLE (Object Linking and Embedding) atau menggunakan hyperlink.

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan objek OLE. Objek OLE memungkinkan Anda untuk menghubungkan dan memasukkan konten dari program lain ke dalam spreadsheet Excel Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Ms Excel dan buatlah spreadsheet baru atau buka spreadsheet yang sudah ada.

2. Pada tab “Developer”, klik tombol “More Controls” di grup “Controls” untuk membuka daftar kontrol lain yang tersedia.

3. Di dalam daftar kontrol, cari dan pilih kontrol “Media Player”. Klik “OK” untuk menambahkan kontrol ke spreadsheet Anda.

4. Di dalam spreadsheet Anda, buatlah kotak atau area yang ukurannya sesuai dengan area video yang ingin Anda tampilkan.

5. Klik kanan pada kontrol “Media Player” yang telah Anda tambahkan, lalu pilih “Properties” untuk membuka jendela properti.

6. Di jendela properti, pada bagian “Movie”, salin dan tempelkan URL video YouTube yang ingin Anda tambahkan.

7. Setelah Anda menambahkan URL video, atur properti lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah ukuran kontrol, memilih apakah ingin memutar video secara otomatis, dan sebagainya.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, video YouTube akan ditampilkan di dalam spreadsheet Excel Anda. Anda dapat menonton video tersebut dengan memutar atau menjeda pemutaran secara manual. Jika ada perubahan pada video di YouTube, video di dalam spreadsheet Excel Anda juga akan terbarui secara otomatis.

BACA JUGA :  10 Manfaat Teknologi Di Bidang Pendidikan

Namun, metode ini memiliki beberapa kelemahan. Pertama, metode ini hanya menggunakan fitur web browser terintegrasi dalam Excel dan tidak memberikan kontrol penuh terhadap pemutaran video seperti di YouTube. Kedua, metode ini membutuhkan koneksi internet yang baik untuk memutar video YouTube.

Selain menggunakan objek OLE, Anda juga dapat menambahkan video YouTube ke Excel menggunakan hyperlink. Hyperlink adalah tautan yang menghubungkan satu file atau lokasi dengan file atau lokasi lainnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan video YouTube menggunakan hyperlink:

1. Buka Ms Excel dan buatlah spreadsheet baru atau buka spreadsheet yang sudah ada.

2. Pada sel atau area di mana Anda ingin menambahkan video, tuliskan teks yang mewakili video tersebut, misalnya “Video YouTube”.

3. Pilih teks yang mewakili video, lalu klik kanan dan pilih “Hyperlink” dari menu konteks yang muncul.

4. Pada jendela “Insert Hyperlink”, pilih “Place in This Document” di pane sebelah kiri.

5. Di pane sebelah kanan, pilih “Existing File or Web Page” atau “Create New Document” tergantung pada preferensi Anda.

6. Jika Anda memilih “Existing File or Web Page”, salin dan tempelkan URL video YouTube yang ingin Anda tambahkan ke dalam kotak “Address”. Jika Anda memilih “Create New Document”, Anda dapat membuat halaman baru di Excel sebagai tempat untuk menampilkan video YouTube.

7. Setelah mengatur hyperlink, klik “OK” untuk menyimpan perubahan. Sekarang, ketika Anda mengklik teks “Video YouTube” yang telah Anda pilih, video YouTube akan terbuka di web browser default Anda.

Metode ini lebih sederhana dan memungkinkan Anda untuk mengakses video YouTube dengan mudah langsung dari Excel. Namun, metode ini tidak memungkinkan Anda untuk memutar video di dalam spreadsheet Excel Anda.

BACA JUGA :  Cara blokir video Youtube yang tidak diinginkan di Android / PC | Lindungi anak anda

Menggunakan Objek OLE atau hyperlink adalah dua metode yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan video YouTube ke Excel. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Penting untuk diingat bahwa kedua metode ini membutuhkan koneksi internet yang baik agar video dapat dimuat dengan baik dan pemutaran terjadi tanpa masalah.

Menambahkan video YouTube ke Excel dapat berguna dalam berbagai situasi. Misalnya, jika Anda sedang membuat laporan atau presentasi dengan Excel dan ingin menyertakan video yang relevan, Anda dapat menggunakan salah satu metode ini untuk memperkaya konten Anda. Anda juga dapat menggunakan video YouTube sebagai media pembelajaran atau pengajaran di dalam spreadsheet Excel Anda.

Namun, perlu diingat bahwa menambahkan video YouTube ke Excel dapat meningkatkan ukuran file spreadsheet Anda, terutama jika video yang Anda tambahkan memiliki durasi yang panjang. Pastikan Anda mempertimbangkan ukuran file dan keterbatasan memori komputer Anda sebelum menambahkan video yang terlalu besar ke dalam spreadsheet Excel Anda.

Secara keseluruhan, menambahkan video YouTube ke Excel dapat menjadi fitur yang berguna dan menarik bagi pengguna Excel. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan video YouTube ke dalam spreadsheet Excel Anda. Tetapi ingatlah bahwa video tersebut tetap tergantung pada koneksi internet yang baik dan perlu diingat bahwa ukuran file spreadsheet Anda dapat bertambah jika video yang Anda tambahkan memiliki durasi yang panjang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *