Cara Menambahkan Gambar Pada Header Atau Footer Ms Word

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk menambahkan gambar pada header atau footer di Ms Word. Mari kita bahas satu per satu:

1. Buka dokumen Word Anda dan pilih tab “Insert” di menu bar atas.

2. Pilih opsi “Header” atau “Footer” tergantung pada bagian yang ingin Anda tambahkan gambar. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan gambar di bagian header, pilih “Edit Header”. Jika Anda ingin menambahkan gambar di bagian footer, pilih “Edit Footer”.

3. Setelah Anda memilih opsi yang sesuai, akan muncul kotak header atau footer di bagian atas atau bawah halaman dokumen Anda.

4. Pada kotak header atau footer, klik kanan dan pilih opsi “Paste” atau “Paste Special” tergantung pada preferensi Anda. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard “Ctrl + V” untuk melekatkan gambar yang telah Anda salin sebelumnya.

5. Setelah Anda menempelkan gambar, Anda dapat mengubah posisi dan ukuran gambar sesuai keinginan. Klik kanan pada gambar dan pilih “Format Picture” untuk mengakses menu pengaturan gambar. Dari sini, Anda dapat mengubah ukuran, posisi, transparansi, dan efek gambar.

6. Jika Anda ingin mengatur teks di sekitar gambar, Anda dapat menggunakan opsi “Wrap Text” di menu Format Picture. Anda dapat memilih opsi “Square”, “Tight”, “Behind Text”, atau “In Front of Text” tergantung pada tata letak yang Anda inginkan.

7. Untuk mengatur tinggi header atau footer, Anda dapat mengklik kanan pada area header atau footer dan memilih opsi “Header Height” atau “Footer Height”. Dari sini, Anda dapat mengatur tinggi sesuai keinginan Anda.

8. Setelah Anda selesai menambahkan gambar pada header atau footer, klik di luar kotak header atau footer untuk menyimpan perubahan Anda.

BACA JUGA :  Cara Memberi Efek Blur / Sensor di Video Dengan YouTube Tools

Itulah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk menambahkan gambar pada header atau footer di Microsoft Word. Dengan menambahkan gambar, Anda dapat membuat dokumen Anda lebih menarik dan mencerminkan identitas perusahaan atau gaya desain yang Anda inginkan.

Selain menggunakan gambar, Anda juga dapat menambahkan elemen lain seperti tanda air, garis pemisah, atau bahkan video pada header atau footer. Guna mengoptimalkan fitur ini, Anda harus mencoba sendiri dan bermain-main dengan pengaturan yang tersedia di Microsoft Word.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan mengubah gambar dan mengatur tata letak sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *