Cara Setup Virtual Account Berbagai Bank, Super Praktis!

Apa Itu Virtual Account dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Virtual Account (VA) atau rekening virtual merupakan rekening bank yang tidak nyata. VA terdiri dari beberapa nomor ID yang dipakai untuk melakukan transaksi atau pembayaran. Metode pembayaran ini dibuat khusus untuk masing-masing konsumen.

Saat melakukan transaksi, konsumen akan dirujuk ke nomor VA yang sudah dibuat untuk melakukan pembayaran. VA tersusun atas nomor ID pelanggan (customer ID) yang unik untuk masing-masing konsumen. Artinya, Anda tidak akan menemukan nomor virtual account yang sama untuk setiap konsumen bahkan setiap transaksi yang Anda lakukan. Dengan cara ini, transaksi bisa lebih mudah diidentifikasi secara otomatis untuk konsumen yang berbeda-beda. Setelah melakukan pembayaran, konsumen juga tidak perlu memberikan bukti transfer.

Virtual account memiliki cara kerja yang berbeda dengan rekening konvensional (biasa). Ketika Anda mengirimkan uang ke rekening biasa, Anda harus melengkapi data seperti nomor tujuan, jumlah uang yang akan dibayar serta informasi tambahan lain. Setelah selesai, Anda masih harus menyerahkan bukti transaksi.

Keberadaan virtual account menyederhanakan semua proses yang rumit ini. Anda cukup memilih virtual account sebagai opsi pembayaran. Selanjutnya sistem akan mengirimkan kode customer ID secara otomatis. Kode itulah yang akan Anda gunakan sebagai nomor rekening tujuan pengiriman dana.

Manfaat Virtual Account

Keberadaan virtual account tidak hanya memudahkan bagi pelaku bisnis, tapi juga bagi konsumen. Simak beberapa manfaat virtual account berikut ini!

BACA JUGA :  Begini Cara Menghitung Pajak Bumi dan Bangunan untuk Bisnis

Proses pencatatan transaksi jadi lebih mudah

Anda tidak perlu mengecek nomor rekening dan bukti transfer secara manual untuk menindaklanjuti pesanan. Dengan menggunakan virtual account, Anda bisa memperoleh nomor rekening virtual yang unik untuk setiap transaksi. Hal ini memudahkan Anda dalam mencatat setiap transaksi yang dilakukan oleh konsumen. Anda juga bisa mengintegrasikan virtual account dengan berbagai platform mulai dari marketplace, website hingga aplikasi. Ini memungkinkan Anda menerima berbagai jenis pembayaran dengan lebih mudah.

Menyediakan fleksibilitas transaksi bagi pelanggan selama 24 jam nonstop

Salah satu keunggulan virtual account adalah fleksibilitas transaksi yang bisa dilakukan oleh pelanggan selama 24 jam nonstop. Dengan menggunakan virtual account, pelanggan bisa melakukan pembelian kapan saja dan di mana saja. Bahkan jika bisnis Anda sedang di luar jam operasional, transaksi pembelian bisa tetap diproses. Hal ini memudahkan pelanggan untuk berbelanja tanpa terbatas oleh waktu dan tempat.

Mengontrol pembayaran

Lewat virtual account, Anda bisa mengatur besaran pembayaran serta pembagian akun rekening bank. Sebab satu rekening konsumen dapat dibagi jadi beberapa VA dengan nomor, laporan transaksi serta saldo sendiri. Data transaksi juga bisa tercatat secara real-time. Dengan adanya kontrol pembayaran yang lebih baik, Anda bisa memastikan bahwa setiap transaksi pembayaran bisa terpantau dengan baik dan akurat.

Lebih aman

Setelah transaksi selesai, Anda bisa mengatur agar VA menjadi kedaluwarsa. Ini adalah langkah pencegahan agar nomor VA tersebut tidak bisa digunakan lagi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan demikian, Anda bisa menjaga keamanan dan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi menggunakan virtual account.

Cara Membuat Virtual Account Berbagai Bank

Setelah mengetahui berbagai manfaat virtual account untuk bisnis, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat virtual account di berbagai bank. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

BACA JUGA :  Apa itu Bootstrapping: Pengertian, Pro-Kontra, dan Mengapa Ini Dilakukan

Cara Membuat Virtual Account BCA

Syarat utama membuat virtual account BCA adalah Anda harus terdaftar sebagai nasabah bisnis BCA agar dapat menggunakan KlikBCA Bisnis (layanan internet banking untuk bisnis dari bank BCA yang bisa diakses lewat laptop atau PC). Untuk memperoleh layanan ini Anda harus:

– Mempersiapkan berkas yang diperlukan
– Datang ke cabang BCA terdekat dan sampaikan maksud kedatangan Anda
– Lakukan pengisian formulir dan lengkapi data yang dibutuhkan
– Tunggu sampai prosesnya selesai dan Anda mendapatkan manual penggunaan, corporate ID, VPN installer, KeyBCA, PIN KeyBCA serta user ID.

Setelah semua proses di atas selesai, lanjutkan permohonan ke Bank BCA untuk membuat virtual account.

Cara Membuat Virtual Account BNI

Sama seperti pembuatan VA di BCA, untuk membuat VA di BNI Anda harus menjadi nasabah perusahaan (bukan perorangan). Selanjutnya:

– Silakan datang ke kantor cabang BNI terdekat atau hubungi account officer dedicated untuk perusahaan
– Perusahaan yang akan membuat VA wajib memiliki rekening BNI Giro Perusahaan. Rekening ini akan berfungsi sebagai account pooling
– Punya alamat email yang sudah didaftarkan untuk mengirimkan berbagai informasi transaksi yang dilakukan lewat VA BNI yang dibuat nantinya
– Melengkapi berkas. Berkas ini termasuk KTP pimpinan berdasarkan akta dan NPWP perusahaan, akta pendirian perusahaan dan perubahannya, SK MenKeh (Surat Keputusan Menteri Kehakiman) dan berkas lain yang diminta.
– Selanjutnya Anda tinggal menunggu sampai proses pembuatan VA selesai dan bisa digunakan.

Cara Membuat Virtual Account BRI

Fasilitas virtual account di Bank BRI bisa diakses lewat BRIVA. Sama seperti di BCA dan BNI, layanan ini hanya bisa digunakan oleh perusahaan/badan usaha. Persyaratannya antara lain adalah:

BACA JUGA :  7 Cara Retain Customer Agar Bisnis Makin Berkembang

– Pemohon merupakan nasabah BRI yang berbentuk badan usaha (bisa berupa PT, PMA, CV, koperasi, institusi, lembaga dan yayasan)
– Melengkapi dokumen yang diminta termasuk identitas pemilik badan usaha, NPWP dan tanda bukti badan usaha.

Setelah Anda memenuhi semua persyaratan di atas, silakan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat dan temui CS (Customer Service). Nanti Anda akan diminta mengisi formulir aktivasi. Ikuti semua arahan petugas sampai selesai.

Itulah beberapa informasi seputar virtual account dan cara membuatnya. Saat ini Anda bisa lebih mudah membuat virtual account pembayaran bersama sobatcloud.com for Business. Tidak hanya memungkinkan Anda menerima pembayaran dengan berbagai metode mulai dari transfer bank, e-wallet, dan tentu saja virtual account, Anda juga bisa melakukan pengiriman ke ribuan rekening di dalam dan luar negeri sekaligus. Terima pembayaran lewat virtual account sekarang juga bersama sobatcloud.com for Business!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *