Perlu Tahu, Begini Cara Membuat Rekening PT Perorangan

Indonesia sebagai Negara Berkembang dalam Aspek Bisnis dan Ekonomi

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang secara kontinyu melakukan peningkatan di semua aspek, termasuk aspek bisnis dan ekonomi. Peningkatan ini disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang membuka bisnis baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar. Bisnis perseroan menjadi salah satu jenis bisnis yang banyak diminati di Indonesia. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh status payung hukumnya, tetapi juga adanya pemisahan aset dan kewajiban antara pemilik bisnis dan perusahaan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah Indonesia melakukan terobosan dengan mengizinkan pendirian perusahaan Perseroan oleh satu orang. Sebelumnya, pendirian PT hanya dapat dilakukan oleh dua orang atau lebih. Dengan adanya aturan ini, pengusaha Indonesia alias WNI dapat dengan mudah mendirikan PT perorangan tanpa harus melibatkan pihak lain.

Keuntungan Pendirian PT Perorangan

Pendirian PT Perorangan memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Tidak ada batasan modal minimal: Pendiri PT Perorangan tidak diwajibkan untuk memiliki modal minimal tertentu. Hal ini memudahkan para pengusaha dengan modal terbatas untuk memulai bisnis.
  2. Surat pendirian bisnis: Untuk mendirikan PT Perorangan, pengusaha hanya perlu membuat surat pendirian bisnis. Tidak diperlukan akta notaris seperti pada pendirian PT biasa.
  3. Pemisahan aset dan kewajiban: Dalam PT Perorangan, aset dan kewajiban bisnis dipisahkan dengan aset dan kewajiban pribadi pemilik bisnis. Hal ini memberikan perlindungan hukum bagi pemilik bisnis.

Dengan adanya keuntungan-keuntungan tersebut, banyak pengusaha yang tertarik untuk mendirikan PT Perorangan sebagai bentuk bisnis mereka.

Proses Pembuatan Rekening PT Perorangan di Bank

Setelah mendirikan PT Perorangan, pemilik wajib mengurus dokumen lainnya, termasuk pembuatan rekening PT Perorangan di bank. Membuka rekening PT Perorangan di bank memiliki beberapa langkah yang perlu diikuti. Berikut ini adalah cara membuat rekening PT Perorangan di beberapa bank terkemuka di Indonesia:

Cara Membuat Rekening PT Perorangan di Bank BNI

Bank BNI (Bank Negara Indonesia) merupakan salah satu lembaga keuangan milik negara yang dapat memberikan pelayanan pembukaan rekening PT Perorangan. Untuk membuka rekening PT Perorangan di Bank BNI, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Datang ke kantor cabang Bank BNI terdekat.
  2. Membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan, seperti sertifikat dari Kementerian Hukum dan HAM yang menunjukkan bahwa pendirian PT Perorangan Anda telah terdaftar secara sah, surat pernyataan dari Kementerian Hukum dan HAM yang berisikan informasi tentang pendirian perusahaan perorangan Anda, nomor pokok wajib pajak (NPWP) perusahaan, dan nomor induk berusaha atau NIB.
  3. Menyertakan surat-surat lainnya yang diperlukan, seperti Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), surat izin analisis dampak lingkungan (AMDAL), dan surat izin gangguan (HO), jika diperlukan.

Setelah melengkapi semua persyaratan, Anda dapat mengajukan pembuatan rekening PT Perorangan di Bank BNI. Proses pembuatan rekening biasanya membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Cara Membuat Rekening PT Perorangan di Bank BCA

Selain di Bank BNI, pembuatan rekening PT Perorangan juga dapat dilakukan di Bank BCA (Bank Central Asia). Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan, seperti surat pernyataan yang berkaitan dengan pendirian PT Perorangan dari Kementerian Hukum dan HAM, surat sertifikat dari Kementerian Hukum dan HAM yang berisi informasi tentang pendaftaran pendirian PT Perorangan, nomor pokok wajib pajak (NPWP) perusahaan, nomor induk berusaha (NIB), surat izin sertifikasi standar, surat izin lokasi dari PT Perorangan, dan kartu identitas (KTP) dan NPWP dari pemilik perusahaan.
  2. Datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat.
  3. Menyerahkan semua dokumen persyaratan kepada petugas bank.

Setelah semua dokumen diverifikasi, Anda dapat melakukan pembukaan rekening PT Perorangan di Bank BCA. Proses pembuatan rekening biasanya membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Cara Membuat Rekening PT Perorangan di Bank Mandiri

Bank Mandiri juga menyediakan layanan pembukaan rekening PT Perorangan melalui Mandiri Tabungan Bisnis. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan, seperti kartu identitas (KTP) dan NP
    BACA JUGA :  Ingin Bangun Usaha, Ini 27 Ide Bisnis yang Menggiurkan Pada 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *