3 Cara Membuat Magnet (Digosok, Induksi, & Elektromagnetik)

Ternyata ada tiga cara membuat magnet yang bisa kita coba lho, yaitu dengan metode digosok, induksi, dan elektromagnetik. Mari kita bahas bagaimana prosedurnya.

Siapa di sini yang suka koleksi magnet kulkas?

Gue sih secara pribadi nggak terlalu demen ngoleksi magnet kulkas. Tapi kalau suatu saat gue pergi ke toko atau tempat yang menjual magnet kulkas dengan model yang menarik, terkadang gue jadi kudu beli.

Nggak kerasa deh, gue yang sebenarnya bukan kolektor, tahu-tahu punya banyak hiasan magnet terpampang nyata di pintu kulkas.

hiasan magnet pada pintu kulkas
Hiasan magnet pada pintu kulkas. (Arsip sobatcloud.com)

Bila diperhatikan lagi, magnet yang membuat hiasan terus menempel pada pintu kulkas itu menarik banget, ya.

Keren banget, magnet bisa bertahan sangat lama menempel pada kulkas, tanpa bantuan lem apapun. Bahkan, hiasan magnet gue ada yang sudah berumur lebih dari 10 tahun, dan masih kokoh menempel di pintu kulkas.

Elo tahu nggak sih, kita sebenarnya bisa lho membuat magnet sementara. Umumnya di sekolah, kita diperkenalkan dengan 3 cara membuat magnet, yaitu dengan digosok, induksi, dan elektromagnetik.

cara membuat magnet
Cara membuat magnet. (Arsip sobatcloud.com)

Penasaran bagaimana cara membuat magnet? Selain itu, apa saja alat dan bahan yang diperlukan, serta bagaimana prosedurnya?

Elo bisa nonton video materi sobatcloud.com yang membahas tentang cara membuat magnet sementara di bawah ini.

Video: Membuat Magnet Sementara

video materi bagaimana cara membuat magnet sementara
Yuk, nonton bagaimana cara membuat magnet sementara! (Arsip sobatcloud.com)

Wih, sudah jelas ya pembaca sobatcloud.com, gimana cara membuat magnet sementara itu. Mantap banget animasi gerakan magnetnya sangat jelas.

Next, gue review penjelasan dari video barusan secara singkat, ya. Mari kita mulai dari pembahasan cara membuat magnet dengan digosok.

Cara Membuat Magnet dengan Digosok

Untuk membuat magnet dengan gosokan, ada alat yang kita perlukan, yaitu:

  • Besi atau baja (bisa batangan atau lembaran)
  • Magnet batangan 
  • Paku
BACA JUGA :  Apa Itu Rumus Resultan Gaya?

Berikut ini ilustrasi prosedur pembuatan magnet dengan cara digosok.

cara membuat magnet dengan digosok
Cara membuat magnet dengan digosok. (Arsip sobatcloud.com)

Membuat magnet dengan metode gosok sangatlah simpel. Elo hanya perlu menggosok bagian utara magnet ke besi berkali-kali dengan arah yang sama.

Jadi, gosokannya nggak boleh bolak-balik gitu ya, pembaca sobatcloud.com. Harus searah terus, selama beberapa menit. Semakin lama elo menggosok, semakin kuat magnet yang dihasilkan.

Selanjutnya, elo tinggal tes hasilnya. Caranya gampang, elo coba aja dekatkan besi yang telah digosok ke paku besi. Tada! Besi elo telah menjadi magnet sementara!

Pembuatan Magnet dengan Cara Induksi

Pembuatan magnet dengan cara induksi menghasilkan magnet yang bersifat sementara, seperti metode-metode lainnya yang kita bahas pada artikel ini.

Berbeda dengan cara menggosok, metode induksi nggak perlu kontak fisik antara magnet dengan besi. Adapun berikut ini beberapa hal yang elo perlukan, yaitu:

  • Satu batang magnet
  • Satu batang besi
  • Statif
  • Paku

Berikut ini ilustrasi setup pembuatan magnet dengan cara induksi.

pembuatan magnet dengan cara induksi
Pembuatan magnet dengan cara induksi. (Arsip sobatcloud.com)

Pertama, pembaca sobatcloud.com siapkan dulu statif, dan pasangkan magnet serta besi seperti ilustrasi di atas. Bebas ya, elo boleh menempelkan magnet dengan besi, atau hanya mendekatkan saja. Yang jelas, jangan terlalu jauh.

Setelah beberapa waktu, coba elo dekatkan paku kecil kepada besi. Apabila besi bisa menarik paku, berarti besi tersebut telah berubah menjadi magnet.

Cara Membuat Magnet dengan Elektromagnetik atau Aliran Listrik

Membuat magnet dengan cara elektromagnetik dapat dilakukan dengan cara mengaliri besi dengan listrik.

Berdasarkan informasi dari ThoughtCo, cara ini pertama kali dikembangkan oleh William Sturgeon, seorang ilmuwan yang dulunya pernah menjadi tentara.

Dulu, William Sturgeon menggunakan besi berbentuk tapal kuda untuk eksperimen elektromagnetik pertamanya. Namun, di sekolah, biasanya eksperimen ini menggunakan besi berbentuk batangan.

BACA JUGA :  Rumus Debit Air dan Apa Sih Fungsinya di Kehidupan Sehari hari?

Ada beberapa hal yang elo butuhkan untuk membuat rangkaian magnet elektromagnetik ini, seperti:

  • Batu baterai
  • Kabel/kawat 
  • Besi panjang
  • Paku

Berikut ini ilustrasi yang menggambarkan prosedur pembuatan magnet dengan arus listrik.

Cara membuat magnet dengan cara elektromagnetik
Cara membuat magnet dengan cara elektromagnetik. (Arsip sobatcloud.com)

Pada awalnya, pembaca sobatcloud.com perlu melilit besi dengan kawat tembaga atau kabel. Setelah itu, baru deh elo tambahkan batu baterai. Pastikan ujung kawat tadi menyentuh ujung positif dan negatif baterai, seperti ilustrasi di atas.

Besi yang dialiri listrik akan menunjukkan karakteristik magnet. Elo bisa tes sifat magnetik besi tersebut dengan mendekatkan paku besi.

Oke pembaca sobatcloud.com, sejauh ini kita telah membahas bagaimana cara membuat magnet dengan gosokan, induksi, dan elektromagnetik.

Selanjutnya, kita coba yuk kerjakan contoh soal. Pembahasan soalnya juga disediakan, lho.

Contoh Soal

Contoh Soal 1

Berikut ini bukan cara untuk membuat magnet adalah …

A. induksi

B. deduksi

C. elektromagnetik

D. digosok

E. pengaliran listrik

Pembahasan

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, ada 3 cara membuat magnet, yaitu metode gosok, induksi, dan elektromagnetik (pengaliran listrik). Maka, yang bukan merupakan cara untuk membuat magnet adalah deduksi (B). 

Contoh Soal 2

Membuat magnet dengan cara elektromagnetik dapat dilakukan dengan cara …

A. mendekatkan magnet dan besi

B. menggosokkan magnet terhadap besi

C. menyatukan magnet dan besi dengan tekanan

D. mengaliri besi dengan listrik

E. melelehkan besi dan magnet dengan panas tinggi

Pembahasan

Dari namanya “elektromagnetik” bisa disimpulkan bahwa metode ini erat kaitannya dengan listrik (elektro). Memang betul, bahwa metode elektromagnetik ini dilakukan dengan cara mengaliri besi atau media metal lainnya dengan listrik.

Maka, pilihan yang tepat adalah D.

Contoh Soal 3

Siapa penemu magnet elektromagnetik?

A. William Smith

BACA JUGA :  Gimana Caranya Jadi Anak Ajaib Kayak Mozart?

B. William Wright

C. Matthew William

D. William Sturgeon

E. Smidth William

Pembahasan

Berdasarkan informasi dari Britannica, William Sturgeon (1783-1850) merupakan seorang ahli teknisi listrik asal Inggris yang membuat elektromagnet pertama di dunia.

Karyanya kemudian menjadi dasar untuk penemuan lain yang sangat berguna bagi umat manusia, seperti telegraf.

Oleh karena itu, jawabannya adalah D.

*********

Oke Sobat sobatcloud.com, itulah pembahasan singkat mengenai 3 cara membuat magnet. Kalau elo ingin mempelajari magnet dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi sobatcloud.com dan akses soal-soalnya.

belajar materi fisika di video pembahasan zenius

Pastikan elo log in akun sobatcloud.com elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi

William Sturgeon – britannica (updated 2022)

William Sturgeon and the Invention of the Electromagnet – ThoughtCo (2019)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *