Cara membuat grafik dari data Trello Board

Langkah pertama adalah membuat akun di Vizydrop. Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi situs web Vizydrop dan mengklik tombol “Sign Up” atau “Daftar”. Isi informasi yang diperlukan dan ikuti proses pendaftaran hingga selesai.

Setelah Anda memiliki akun Vizydrop, langkah berikutnya adalah mengimpor data Trello Board Anda. Untuk melakukannya, buka Trello Board yang ingin Anda gunakan untuk membuat grafik. Klik tombol “Menu” di kanan atas layar dan pilih opsi “More” di menu dropdown. Pilih “Print and Export” dan kemudian “Export as JSON”. Simpan file JSON yang dihasilkan di komputer Anda.

Kembali ke Vizydrop, klik tombol “Add Data” di halaman utama. Pilih opsi “Import File” dan cari file JSON yang Anda simpan sebelumnya. Pilih file tersebut dan klik “Open” untuk mengimpor data ke Vizydrop.

Setelah data Trello Board Anda diimpor, langkah selanjutnya adalah memilih jenis grafik yang ingin Anda buat. Vizydrop menawarkan berbagai jenis grafik, seperti bar chart, line chart, pie chart, dan banyak lagi. Pilih grafik yang paling sesuai dengan jenis data yang ingin Anda visualisasikan.

Setelah Anda memilih grafik yang diinginkan, Anda perlu menyesuaikan pengaturan grafik sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur sumbu x dan y, mengubah warna dan gaya grafik, dan menambahkan label dan judul. Anda dapat melakukannya dengan mengklik opsi “Settings” di sebelah grafik Anda.

Setelah Anda puas dengan pengaturan grafik Anda, klik tombol “Save” atau “Simpan” untuk menyimpan grafik Anda. Anda dapat memberikan judul pada grafik dan memilih untuk membagikannya secara publik atau hanya untuk diri sendiri.

Selain itu, Vizydrop juga menawarkan fitur untuk berbagi grafik Anda melalui email atau media sosial. Anda dapat mengunduh grafik dalam format gambar atau mengintegrasikannya ke situs web atau blog Anda.

BACA JUGA :  Apa Itu E Commerce Dan Pengertian E-commerce Adalah?

Selain Vizydrop, ada juga beberapa platform lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat grafik dari data Trello Board. Salah satunya adalah Power BI, alat visualisasi data dari Microsoft. Dengan Power BI, Anda dapat mengimpor data Trello Board Anda dan membuat berbagai jenis grafik yang interaktif dan mudah dipahami. Power BI juga menawarkan fitur untuk membagikan grafik secara online dan menggabungkan data dari berbagai sumber.

Selain Power BI, ada juga platform seperti Tableau, Looker, dan Google Data Studio yang dapat Anda gunakan. Masing-masing platform ini memiliki kelebihan dan fitur yang berbeda, jadi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam membuat grafik dari data Trello Board, penting untuk memilih jenis grafik yang sesuai dengan data yang ingin Anda visualisasikan. Misalnya, jika Anda ingin membandingkan kinerja tim pada beberapa tugas, Anda mungkin ingin menggunakan grafik batang atau grafik garis. Jika Anda ingin menampilkan persentase tugas yang telah selesai, Anda dapat menggunakan grafik lingkaran atau grafik batang horizontal.

Selain itu, pastikan untuk menjaga grafik Anda tetap sederhana dan mudah dibaca. Hindari penggunaan warna yang terlalu cerah atau terlalu banyak elemen grafis yang membingungkan. Semakin sederhana dan jelas grafik Anda, semakin mudah orang lain untuk memahami informasinya.

Dalam artikel ini, Anda telah mempelajari cara membuat grafik dari data Trello Board menggunakan Vizydrop, sebuah platform bisnis yang menyediakan cara mudah untuk mengimpor dan menganalisis data. Anda juga telah mengetahui beberapa platform lain yang dapat Anda gunakan untuk tujuan yang sama. Dengan menggunakan grafik, Anda dapat menyajikan informasi secara visual dan lebih mudah dimengerti, sehingga memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data.

BACA JUGA :  Contoh, Fungsi, Definisi Sistem Informasi Manajemen Adalah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *