Cara Memberi Efek Blur / Sensor di Video Dengan YouTube Tools

1. Pertama, masuk ke akun YouTube Anda dan klik pada ikon Avatar Anda di pojok kanan atas layar. Pilih opsi “Creator Studio” dari menu dropdown yang muncul.

2. Setelah Anda masuk ke YouTube Studio, klik pada tab “Video Manager” di panel sebelah kiri layar. Kemudian pilih video yang ingin Anda beri efek blur / sensor.

3. Setelah itu, di tab “Video Details” klik pada ikon “Editor” di sebelah kolom thumbnail video Anda.

4. Secara default, Anda akan dibawa ke tab “Basic” di bagian atas layar. Di sini, Anda akan melihat berbagai fitur editing video yang tersedia.

5. Pada panel sebelah kanan layar, gulir ke bawah sampai Anda menemukan bagian “Blur Faces”. Klik pada pilihan ini untuk mengaktifkan fitur blur wajah.

6. Setelah Anda mengaktifkan fitur blur, YouTube akan secara otomatis menganalisis video untuk mengidentifikasi wajah-wajah yang terlihat di dalamnya.

7. Setelah analisis selesai, YouTube akan menampilkan kotak biru di atas setiap wajah yang terdeteksi. Anda bisa mengklik dan menyeret kotak ini untuk mengatur area mana yang ingin Anda blur / sensor.

8. Jika ada wajah yang tidak diidentifikasi oleh YouTube, Anda bisa menambahkan kotak blur sendiri dengan mengklik tombol “Add a face blur”. Anda akan diberikan kotak baru yang bisa Anda seret untuk mengatur area blur.

9. Anda juga bisa memilih sejauh mana tingkat blur yang ingin Anda terapkan pada wajah-wajah tersebut. Pilih opsi “Medium” atau “High” di panel sebelah kanan untuk mengubah tingkat blur.

10. Setelah Anda mengatur semua kotak blur yang diinginkan, klik tombol “Save” di bagian bawah layar untuk menyimpan perubahan Anda.

BACA JUGA :  Cara Menambahkan Video Youtube ke Ms Excel

11. YouTube akan memproses video Anda dan mengaplikasikan efek blur / sensor pada wajah-wajah yang Anda pilih. Ini mungkin memakan beberapa saat tergantung pada durasi video dan kekuatan komputasi server YouTube.

12. Setelah proses selesai, Anda dapat memeriksa hasilnya dengan memutar video di tab “Preview” di bagian atas layar. Jika Anda puas dengan hasilnya, klik “Save” lagi untuk menyimpan video yang sudah di-edit.

13. Sebagai catatan, perubahan yang Anda buat dengan menggunakan fitur blur / sensor ini tidak bisa diubah atau dihapus setelah Anda menyimpannya. Pastikan untuk melakukan preview dan pengecekan sebelum menyimpan perubahan.

14. Sekarang, video Anda sudah siap untuk dipublikasikan dengan efek blur / sensor pada wajah-wajah yang terpilih. Ingatlah untuk memberikan deskripsi, tags, dan kategori yang tepat sebelum menguploadnya agar video Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna YouTube lainnya.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah memberikan efek blur / sensor pada wajah dalam video YouTube Anda. Ini bisa berguna jika Anda ingin melindungi privasi seseorang atau mengaburkan identitas orang-orang dalam video. Pastikan untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan menghormati privasi orang lain.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *