Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri dari Indonesia Beserta Estimasi Biayanya

Langkah-langkah Kirim Barang Ke Luar Negeri

Ketahui aturan mengenai pengiriman luar negeri

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui aturan pengiriman luar negeri—terutama perihal barang-barang apa yang bisa dikirim dan tidak bisa dikirim. Coba cari tahu terlebih dahulu apa yang bisa dikirim melalui ekspedisi yang ingin kamu pilih. Biasanya, semua pengiriman luar negeri menerapkan aturan yang mirip terkait barang yang tidak boleh dikirimkan. Sebagai gambaran, mari ambil contoh dari aturan cara kirim barang ke luar negeri Pos Indonesia. Dilansir dari laman resmi Pos Indonesia, beberapa contoh barang yang tidak boleh dikirimkan adalah sebagai berikut:

1. Obat-obatan terlarang, termasuk di dalamnya seperti narkotika, psikotropika, dll.
2. Barang mudah terbakar.
3. Barang mudah meledak.
4. Barang yang melanggar kesusilaan.
5. Barang yang mudah rusak serta mencemari lingkungan.
6. Makhluk hidup, terutama binatang.
7. Uang
8. Barang yang bisa mengganggu stabilitas dan keamanan negara.
9. Barang yang dilarang pengirimannya oleh peraturan perundang-undangan.
10. Barang yang dilarang peredarannya di Negara Republik Indonesia.

Ketahui juga untuk ketentuan berat maksimal pengiriman ke luar negeri. Jika barang yang dikirimkan sudah mencapai batas bobot/volume tertentu, maka barangmu akan dikenakan aturan ekspor.

Siapkan paket

Nah, setelah memastikan produk yang kamu jual boleh dikirimkan ke luar negeri, selanjutnya siapkan paket yang akan kamu kirimkan. Jika barang tersebut adalah produk yang akan dikirim ke pembeli, pastikan produk tersebut dikemas dengan aman dan rapi. Akan lebih baik juga jika kamu mengemasnya secara ringkas untuk mengurangi ukuran volumetrik. Besar kecil ukuran volume barang kiriman bisa memengaruhi ongkos kirim, lho!

BACA JUGA :  Alipay: Cara Daftar, Top Up, Transfer, dan Kelebihannya

Pilih Jasa Ekspedisi

Nah, sembari menyiapkan paket, kamu juga bisa survei jasa kirim paket ke luar negeri. Selain dari track record jasa ekspedisi tersebut, kamu bisa pertimbangkan untuk memilih jasa ekspedisi berdasarkan biaya kirim barang ke luar negeri yang ditetapkan.

Pastikan untuk memilih jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman menangani pengiriman barang ke luar negeri. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menjumpai banyak jasa ekspedisi yang mengalami jenis pengiriman ini, misalnya seperti Pos Indonesia, JNE, DHL, FedEx, dll.

Tak hanya dilihat dari segi pengalaman semata, pertimbangkan juga untuk memilih jasa ekspedisi yang menyediakan tracking paket yang mudah. Dengan layanan ini, kamu tak perlu khawatir paketmu hilang atau tidak sampai karena posisi paketmu akan di-update secara berkala.

Terkait dengan jasa ekspedisi, kamu juga perlu mendiskusikannya dengan pihak pembeli. Sediakan beberapa opsi dan beritahukan harganya. Lalu. biarkan pembeli yang menentukan karena mereka juga yang akan membayar ongkos kirimnya.

Antar paket ke kantor ekspedisi

Karena pembeli sudah menentukan jasa ekspedisi yang ingin digunakan, selepas pembayaran kamu hanya perlu mengantar paket langsung ke kantor jasa ekspedisi. Meski sering kali biaya yang tertera di tidak jauh berbeda dengan biaya yang diminta, tidak ada salahnya untuk menyiapkan uang lebih. Tujuannya untuk berjaga-jaga.

Bayar ongkir dan terima resi

Setelah pengiriman barang kamu lunas dan tercatat, cara kirim barang ke luar negeri selanjutnya adalah membayar ongkir. Kemudian, kamu akan menerima resi pengiriman. Di resi pengiriman tersebut, ada nomor resi yang bisa kamu gunakan untuk tracking posisi barang. Kamu bisa membagikan nomor ini kepada pembeli supaya mereka juga bisa mengecek posisi terkini produk yang dibeli.

BACA JUGA :  BNI Taplus Muda: Cara Daftarnya dan Manfaatnya untuk Pelajar

Estimasi Biaya Pengiriman Beberapa Jasa Ekspedisi

Setelah mengetahui cara kirim barang ke luar negeri, mari cari tahu berapa estimasi biaya kirim barang ke luar negeri.

Satu hal yang pasti, biaya pengiriman suatu ekspedisi jelas akan berbeda dengan ekspedisi lainnya. Maka dari itu, kamu perlu survei terlebih dahulu agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Sebagai contoh, mari kita cari tahu berapa biaya kirim barang ke luar negeri dari Indonesia (Jakarta) ke Singapura dengan menggunakan beberapa ekspedisi.

1. Pos Indonesia
Dilansir dari laman cektarif.com, biaya untuk kirim dokumen dengan berat maksimal 250 gram adalah 9,90 dolar. Jika dikonversi, ini berkisar antara Rp150.000,00-Rp160.000,00.

2. JNE
Tarif pengiriman paket/dokumen dengan berat maksimal 1 kg adalah Rp143.000,00.

3. DHL
Tarif pengiriman paket dengan berat 1 kg adalah Rp658.970-Rp1.456.852,00. Meski mahal, pengiriman menggunakan DHL menjanjikan pengiriman yang paling cepat.

4. FedEx
Dilansir dari Kompas, biaya pengiriman paket 1 kg ke Singapura adalah Rp861.942,00.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara kirim barang ke luar negeri beserta penjelasan mengenai biaya kirim barang ke luar negeri. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *