Cara Daftar Mandiri Mobile Banking Tanpa Ribet Lewat HP

Persyaratan untuk Daftar m-Banking Mandiri

1. Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai nasabah bank Mandiri

Sebelum kamu dapat menggunakan Mandiri mobile banking, pastikan kamu sudah terdaftar sebagai nasabah di Bank Mandiri. Jika belum memiliki rekening di Bank Mandiri, kamu dapat membuka rekening dengan mengunjungi kantor cabang terdekat. Namun, sekarang kamu juga dapat membuka rekening secara online melalui situs join.bankmandiri.co.id dari ponsel kamu. Dengan kemudahan ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot pergi ke kantor cabang hanya untuk membuka rekening.

2. Miliki kartu ATM atau debit Mandiri

Selain memiliki rekening di Bank Mandiri, pastikan kamu juga memiliki kartu ATM atau debit Mandiri. Kartu ini akan digunakan untuk melakukan transaksi melalui Mandiri mobile banking. Jika kamu belum memiliki kartu ATM atau debit Mandiri, kamu dapat mengajukannya di kantor cabang terdekat.

BACA JUGA :  5 Universitas Terbaik di Turki, Bisa Daftar Lewat Jalur Beasiswa!

3. Aktifkan SMS finansial dan miliki MPIN

Sebelum kamu dapat menggunakan Mandiri mobile banking, pastikan kamu telah mengaktifkan fitur SMS finansial dan memiliki MPIN (Mobile Personal Identification Number). SMS finansial digunakan untuk memastikan status kamu sebagai nasabah Bank Mandiri. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu dapat pergi ke cabang Mandiri terdekat atau menghubungi Mandiri Call 14000. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas, kartu debit, dan buku tabungan Mandiri saat mengaktifkan fitur ini.

4. Verifikasi nomor ponsel

Livin’ by Mandiri perlu memverifikasi nomor ponselmu. Pastikan nomor ponselmu adalah nomor Indonesia yang berasal dari operator-operator yang diakui seperti Telkomsel, Indosat, XL, atau 3. Untuk verifikasi nomor ponsel, kamu akan menerima SMS dari aplikasi m-banking Mandiri. Namun, perlu diingat bahwa SMS ini berbayar dan akan dibebankan ke pulsa kamu. Pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup untuk menerima SMS verifikasi tersebut.

5. Sistem operasi smartphone minimal Android 5.1 atau iOS versi 8 ke atas

Untuk dapat mengakses Mandiri mobile banking, pastikan smartphone kamu menggunakan sistem operasi minimal Android 5.1 atau iOS versi 8 ke atas. Hal ini penting karena Mandiri mobile banking didesain untuk kompatibel dengan sistem operasi tersebut. Jika smartphone kamu masih menggunakan sistem operasi yang lebih lama, kamu perlu melakukan pembaruan sistem operasi untuk dapat menggunakan Mandiri mobile banking.

Cara Daftar m-Banking Mandiri

Setelah kamu memenuhi semua persyaratan di atas, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar m-banking Mandiri:

1. Buka Mandiri Mobile Banking dan pilih ‘Punya Kartu Debit/Kredit Mandiri’

Pertama, buka aplikasi Mandiri Mobile Banking di smartphone kamu. Setelah itu, pilih opsi ‘Punya Kartu Debit/Kredit Mandiri’ untuk memulai proses pendaftaran.

2. Baca ‘Syarat & Ketentuan’ kemudian setujui

Setelah memilih opsi ‘Punya Kartu Debit/Kredit Mandiri’, baca dan pahami dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika kamu setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut, centang kotak persetujuan yang tersedia.

BACA JUGA :  7 Universitas di Australia Terbaik, Ada Impianmu?

3. Masukkan ‘Data Kartu Debit’ dan ‘Data Kartu Kredit’

Selanjutnya, masukkan data kartu debit dan kartu kredit Mandiri yang kamu miliki. Data yang diminta meliputi nomor kartu dan tanggal kadaluarsa kartu.

4. Isi tanggal lahir dan klik ‘Lanjutkan’

Setelah memasukkan data kartu debit dan kartu kredit, isi tanggal lahirmu kemudian klik tombol ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan proses pendaftaran.

5. Pilih ‘Kode Negara’ dan isi nomor ponsel, lalu klik ‘Lanjutkan’

Pada langkah ini, pilih kode negara yang sesuai dengan nomor ponselmu. Setelah itu, masukkan nomor ponselmu dan klik tombol ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan proses pendaftaran.

6. Klik ‘Kirim SMS’ untuk menerima kode OTP

Setelah memasukkan nomor ponsel, klik tombol ‘Kirim SMS’ untuk mengirimkan kode OTP (One-Time Password) melalui SMS. Kode OTP ini digunakan untuk memverifikasi nomor ponselmu.

7. Cek SMS untuk menerima kode OTP 8 digit

Setelah mengklik tombol ‘Kirim SMS’, cek SMS pada ponselmu untuk menerima kode OTP berupa 8 digit angka. Pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup untuk menerima pesan ini.

8. Masukkan kode OTP di aplikasi

Setelah menerima kode OTP, kembali ke aplikasi Mandiri Mobile Banking dan masukkan kode OTP yang telah kamu terima. Tunggu beberapa saat agar sistem dapat memproses kode OTP yang kamu masukkan.

9. Buat password untuk login ke aplikasi

Setelah kode OTP diverifikasi, buatlah password yang akan digunakan untuk login ke aplikasi Mandiri Mobile Banking. Pastikan password yang kamu buat memenuhi kriteria keamanan yang ditetapkan.

10. Buat PIN untuk autentikasi transaksi

Selanjutnya, buatlah PIN yang akan digunakan untuk autentikasi transaksi melalui Mandiri Mobile Banking. PIN ini akan digunakan saat melakukan transaksi seperti transfer dan pembayaran.

BACA JUGA :  Edabu BPJS Kesehatan: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftarnya

11. Konfirmasi password dan PIN yang telah dibuat

Setelah membuat password dan PIN, konfirmasikan kembali password dan PIN yang telah kamu buat dengan memasukkannya kembali di aplikasi Mandiri Mobile Banking.

12. Masukkan PIN kartu debit/kredit untuk registrasi berhasil

Terakhir, masukkan PIN kartu debit/kredit Mandiri kamu untuk menyelesaikan proses registrasi. Jika semua langkah di atas telah berhasil dilakukan, kamu telah resmi terdaftar sebagai pengguna Mandiri Mobile Banking.

Fitur-Fitur

Mandiri Mobile Banking menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat memudahkan kegiatan perbankan kamu. Berikut adalah beberapa fitur-fitur Mandiri Mobile Banking yang dapat kamu nikmati:

1. Buka rekening

Mandiri Mobile Banking memudahkan kamu untuk membuka rekening secara online. Melalui fitur liveness detection dan face recognition yang terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), kamu dapat membuka rekening tanpa perlu datang ke kantor cabang atau melakukan video call dengan agen. Bank Mandiri dapat mengenalimu berdasarkan data dari database Disdukcapil, sehingga proses pembukaan rekening dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

2. One-Stop Payment Solution

Mandiri Mobile Banking telah terhubung dengan lebih dari 1.800 mitra pembayaran. Hal ini memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran semua kebutuhanmu hanya dengan satu aplikasi. Kamu tidak perlu lagi repot mencatat nomor Virtual Account atau melakukan transfer ke rekening yang berbeda. Dengan Mandiri Mobile Banking, semua pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

3. Transfer dengan BI Fast

Mandiri Mobile Banking mendukung fitur BI Fast yang diluncurkan oleh Bank Indonesia. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan transfer keuangan secara real time, murah, mudah, aman, dan dapat diakses 24 jam. Biaya transfer menggunakan BI Fast juga lebih murah dibandingkan dengan biaya transfer antarbank sebelumnya. Dengan BI Fast, kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 2.500 per transfer, sedangkan sebelumnya biaya transfer antarbank mencapai Rp 6.500. Fitur ini sangat berguna bagi nasabah yang sering melakukan transfer antarbank dan ingin menghemat biaya administrasi.

4. Quick Pick

Mandiri Mobile Banking menyediakan fitur Quick Pick yang memungkinkan kamu untuk membuat daftar transaksi favorit di dalam aplikasi. Kamu dapat menyimpan transaksi yang sering kamu lakukan sehingga tidak perlu lagi mengisi detail transaksi secara manual setiap kali melakukan transaksi. Fitur ini mempercepat proses transaksi kamu dan membuatnya lebih praktis.

Dengan fitur-fitur lengkap yang dimiliki oleh Mandiri Mobile Banking, kamu dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan mudah dan aman. Fitur-fitur seperti pembukaan rekening secara online, one-stop payment solution, transfer dengan BI Fast, dan Quick Pick akan mempermudah kegiatan finansialmu baik itu untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Selain itu, dengan menggunakan Mandiri Mobile Banking, kamu juga dapat menghemat biaya administrasi dalam melakukan transaksi pembayaran atau transfer antarbank. Jadi, segera download Mandiri Mobile Banking dan nikmati kemudahan dan keuntungan yang ditawarkannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *