Syarat dan Cara Daftar BPJS Bayi Secara Online

Syarat Daftar BPJS Bayi Baru Lahir

BPJS Kesehatan merupakan program yang sangat penting bagi setiap individu, termasuk bayi yang baru lahir. Hal ini dikarenakan BPJS Kesehatan memberikan perlindungan kesehatan yang diperlukan bagi bayi dan keluarganya. Namun, sebelum mendaftar BPJS untuk bayi yang baru lahir, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Penerima Bantuan Iuran (PBI)

Jika ibu bayi merupakan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, maka proses pendaftaran BPJS bayi baru lahir akan lebih mudah. Syarat yang harus dipenuhi dalam kategori ini adalah memiliki kartu JKN-KIS asli ibu bayi, surat keterangan lahir asli atau fotokopi, dan Kartu Keluarga (KK) asli atau fotokopi orang tua bayi. Dengan memenuhi syarat ini, pendaftaran BPJS bayi baru lahir dapat dilakukan secara langsung dan status keanggotaannya akan aktif.

Pekerja Penerima Upah (PPU)

Jika ibu bayi merupakan pekerja penerima upah (PPU), proses pendaftaran BPJS bayi baru lahir akan sedikit berbeda. Biasanya, pendaftaran dilakukan secara kolektif melalui instansi tempat ibu bayi bekerja. Syarat yang perlu dipenuhi dalam kategori ini sama dengan PBI, yaitu memiliki kartu JKN-KIS asli ibu bayi, surat keterangan lahir asli atau fotokopi, dan Kartu Keluarga (KK) asli atau fotokopi orang tua bayi. Namun, jika bayi sudah berusia lebih dari 3 bulan, bayi tersebut harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) terlebih dahulu sebelum dapat mendaftar BPJS Kesehatan.

Bukan Penerima Upah (BPU) dan Bukan Pekerja (BP)

Jika ibu bayi merupakan peserta JKN-KIS namun bukan PBI maupun PPU, maka bayi harus segera didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Biaya iuran BPJS bayi baru lahir harus dibayarkan maksimum 28 hari setelah bayi lahir. Syarat yang harus dipenuhi dalam kategori ini adalah memiliki akta kelahiran atau surat keterangan lahir bayi, kartu JKN-KIS asli ibu bayi, dan Kartu Keluarga (KK) asli atau fotokopi orang tua bayi. Jika belum pernah melakukan autodebet tabungan untuk pembayaran BPJS, maka fotokopi buku rekening tabungan juga harus disiapkan. Proses perubahan data dapat dilakukan dalam waktu tiga bulan setelah kelahiran bayi, dengan batasan perubahan yang dapat dilakukan adalah nama, tanggal lahir, NIK, dan jenis kelamin.

BACA JUGA :  Cara Bayar Indihome Tepat Waktu Agar Tidak Kena Blokir

Dengan memahami syarat-syarat di atas, proses pendaftaran BPJS bayi baru lahir dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Selanjutnya, kita akan membahas cara mendaftar BPJS bayi baru lahir baik secara online maupun offline.

Cara Daftar BPJS Bayi secara Online

Mendaftar BPJS bayi baru lahir dapat dilakukan secara online melalui aplikasi mobile JKN. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan pasang aplikasi mobile JKN di ponsel Anda.
2. Buka aplikasi dan klik daftar.
3. Pilih “Pendaftaran Peserta” dan setujui semua ketentuan pendaftaran.
4. Masukkan NIK bayi yang sudah didaftarkan sebelumnya dan kode Captcha.
5. Isi seluruh data diri bayi secara lengkap dan klik “Selanjutnya”.
6. Pilih fasilitas kesehatan yang diinginkan, masukkan alamat email, dan klik “Simpan”.
7. Dapatkan kode verifikasi melalui email yang telah Anda berikan.
8. Salin kode verifikasi ke aplikasi Mobile JKN.
9. Dapatkan virtual account untuk pembayaran premi BPJS Kesehatan.
10. Lakukan pembayaran premi untuk mendaftarkan bayi secara otomatis ke BPJS Kesehatan.

Dengan cara ini, proses pendaftaran BPJS bayi baru lahir dapat dilakukan dengan mudah dan praktis melalui aplikasi mobile JKN.

Cara Daftar BPJS Bayi secara Offline

Selain melalui pendaftaran online, BPJS bayi baru lahir juga bisa didaftarkan secara offline. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Melalui Mobile Customer Service (MCS): Kunjungi MCS pada hari kerja dan lengkapi persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya. Isi formulir pendaftaran dan tunggu antrean untuk dilayani oleh petugas BPJS Kesehatan.
2. Melalui Mall Pelayanan Publik: Sama seperti MCS, lengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan isi formulir pendaftaran. Antri dan tunggu giliran untuk dilayani oleh petugas BPJS Kesehatan.

BACA JUGA :  Begini Cara dan Syarat KPR Rumah, Sudah Tahu Belum?

Setelah selesai mendaftar dan membayar premi, penting untuk memeriksa nomor BPJS Kesehatan bayi untuk memastikan bahwa pendaftaran telah berhasil. Anda dapat melakukannya melalui aplikasi mobile JKN dengan masuk ke menu “Info Peserta”. Jika bayi sudah terdaftar, nomor BPJS bayi akan tertera di menu tersebut.

Untuk pembayaran premi berikutnya, Anda dapat menggunakan aplikasi sobatcloud.com yang dapat membantu Anda dalam melakukan pembayaran tagihan BPJS dengan lebih praktis dan mudah. Dengan menggunakan aplikasi sobatcloud.com, Anda tidak perlu lagi menginstal banyak aplikasi karena selain pembayaran BPJS, sobatcloud.com juga dapat digunakan untuk transfer uang dan berbagai kebutuhan keuangan lainnya. Jadi, segera download aplikasi sobatcloud.com dan nikmati kemudahan dalam mengatur keuangan Anda.

Dengan mengetahui syarat dan cara mendaftar BPJS bayi baru lahir, diharapkan setiap orang tua dapat segera melengkapi administrasi kesehatan bayi mereka. BPJS Kesehatan memberikan perlindungan kesehatan yang penting bagi bayi dan keluarga, sehingga penting untuk memanfaatkan layanan ini dengan sebaik mungkin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *