Perlu Tahu, Ini 6 Cara Mudah Cek Tagihan PLN

Cara Cek Tagihan PLN

Sebagai pelanggan Perusahaan Listrik Negara atau PLN, terutama untuk pelanggan sistem pascabayar, kamu tentu perlu bagaimana cara cek tagihan PLN. Dengan begitu, kamu bisa melihat berapa banyak pemakaian listrik di rumah selama satu bulan. Tak hanya itu, mengetahui bagaimana cara cek tagihan PLN juga membuat kamu dapat menyiapkan uang untuk membayar tagihan tepat pada waktunya. Sebab, terlambat melakukan pembayaran akan membuat kamu mendapat sanksi denda atau lebih buruknya lagi, sambungan listrik di rumah kamu bukan tidak mungkin diputus.

Bagi pelanggan PLN, terutama yang menggunakan sistem pascabayar, mengetahui jumlah tagihan PLN setiap bulan merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengetahui jumlah tagihan, kamu dapat mengatur keuangan dengan lebih baik dan mempersiapkan pembayaran tagihan tepat waktu. Apalagi, terlambat membayar tagihan PLN dapat membuat kamu dikenakan denda dan bahkan sambungan listrik di rumah kamu dapat diputus. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara cek tagihan PLN dengan benar.

1. Website PLN

Cara pertama untuk cek tagihan PLN adalah melalui website resmi PLN. Langkah-langkahnya cukup mudah, berikut penjelasannya:

– Pertama, akses situs resmi PLN melalui browser di perangkat kamu.
– Setelah berhasil masuk ke halaman utama website PLN, cari menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
– Jika kamu sudah memiliki akun, kamu bisa langsung login dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah terdaftar.
– Setelah berhasil login, sistem akan menampilkan informasi jumlah tagihan dan histori pembelian listrik yang sudah kamu lakukan sebelumnya.
– Namun, jika kamu belum memiliki akun, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol “Daftar Akun” yang terletak di bagian ujung kanan bawah halaman.
– Isilah semua data yang diminta dengan benar, seperti nama pemohon, alamat email yang masih aktif, nomor ID pelanggan atau nomor meter, dan nomor ponsel yang bisa dihubungi.
– Setelah mengisi semua data dengan benar, pilih tombol “Daftar” dan tunggulah hingga kamu menerima email berisi kode verifikasi.
– Masukkan kode verifikasi tersebut untuk mengaktifkan akun kamu.
– Setelah berhasil mengaktifkan akun, kamu bisa login kembali dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.
– Setelah login, kamu bisa langsung melakukan pengecekan tagihan pemakaian listrik dan melihat berapa biaya yang harus kamu bayarkan.

BACA JUGA :  4 Keuntungan Investasi Saham Sejak Usia Muda

2. Aplikasi PLN Mobile

Cara kedua untuk cek tagihan PLN adalah melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal di perangkat smartphone kamu. Berikut langkah-langkahnya:

– Pertama, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi PLN Mobile di perangkat smartphone kamu. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store.
– Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi PLN Mobile, buka aplikasi tersebut dan login dengan menggunakan ID dan kata sandi yang sudah kamu buat sebelumnya.
– Setelah berhasil login, aplikasi akan menampilkan informasi pada bagian depan atau dashboard.
– Kamu bisa memilih menu “Tagihan dan Token Listrik” untuk melihat jumlah tagihan listrik bulanan kamu dan histori tagihan sebelumnya.
– Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, kamu juga dapat melakukan pembayaran tagihan listrik dengan mudah. Caranya, kamu bisa memilih layanan “Listrik, Token, dan Bayar Tagihan” atau memilih menu “Pemberitahuan” dan mengikuti instruksi selanjutnya untuk membayar tagihan listrik kamu.

Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, kamu dapat melihat jumlah tagihan listrik bulanan dan histori tagihan sebelumnya dengan lebih mudah. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk melakukan pembayaran tagihan listrik dengan cepat dan praktis.

3. SMS

Cara ketiga untuk cek tagihan PLN adalah melalui SMS. Kamu dapat mengirimkan SMS ke nomor yang sudah disediakan oleh PLN dengan format yang telah ditentukan. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka aplikasi pesan di perangkat smartphone kamu.
– Ketikkan pesan dengan format “REK (spasi) NO ID” dan kirimkan ke nomor yang sudah disediakan oleh PLN, misalnya 8123.
– Tunggu hingga kamu menerima balasan dari PLN berupa tagihan listrik bulanan yang harus kamu bayarkan.
– Selain itu, kamu juga dapat berlangganan SMS tagihan listrik secara otomatis. Caranya, kamu hanya perlu mengirimkan pesan dengan format “PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan” ke nomor yang sudah disediakan oleh PLN. Misalnya, “PLN ON 123456789012”. Dengan berlangganan SMS tagihan listrik, kamu akan menerima informasi tagihan listrik setiap bulan secara otomatis.
– Jika kamu ingin berhenti berlangganan SMS tagihan listrik, cukup kirimkan pesan dengan format “PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan” ke nomor yang sudah disediakan oleh PLN.

BACA JUGA :  Permatanet: Nikmati 120 Jenis Layanan Untuk Transaksi Perbankanmu!

Melalui SMS, kamu dapat dengan mudah mengecek informasi tagihan listrik bulanan. Kamu juga dapat berlangganan SMS tagihan listrik untuk mendapatkan informasi secara otomatis setiap bulannya.

4. Call Center PLN

Cara selanjutnya untuk cek tagihan PLN adalah melalui Call Center resmi PLN. Kamu dapat menghubungi Call Center PLN di nomor 123. Namun, sebelum menekan nomor 123, kamu perlu menambahkan kode wilayah terlebih dahulu. Misalnya, jika kamu berada di Jakarta, maka kamu perlu menekan nomor 021-123. Setelah itu, petugas Call Center PLN akan meminta nomor ID pelanggan kamu untuk melakukan validasi data. Apabila data yang kamu berikan sesuai, petugas akan memberikan informasi mengenai jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.

Melalui Call Center PLN, kamu dapat dengan mudah mengecek jumlah tagihan listrik bulanan kamu. Kamu hanya perlu menghubungi nomor Call Center dan memberikan nomor ID pelanggan kamu untuk mendapatkan informasi tersebut.

5. Email dan Sosial Media PLN

Cara terakhir untuk cek tagihan PLN adalah melalui email dan akun media sosial resmi PLN. Jika kamu ingin bertanya mengenai jumlah tagihan listrik, kamu bisa mengirimkan pertanyaan kamu ke alamat email [email protected]. Selain itu, kamu juga dapat menghubungi akun Facebook PLN 123 atau akun Twitter @pln123 untuk mendapatkan informasi mengenai tagihan listrik kamu.

Melalui email dan media sosial, kamu dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan mengenai jumlah tagihan listrik bulanan kamu. Kamu hanya perlu mengirimkan pertanyaan kamu melalui email atau menghubungi akun media sosial resmi PLN untuk mendapatkan informasi tersebut.

6. Layanan m-Banking

Selain menggunakan website PLN, aplikasi PLN Mobile, SMS, Call Center, email, dan media sosial, kamu juga dapat cek tagihan PLN melalui layanan m-Banking. Beberapa aplikasi m-Banking yang dapat kamu gunakan antara lain m-BCA dan BRI-mo. Berikut langkah-langkahnya:

BACA JUGA :  Find Out 5 Common Expat Jobs in Jakarta, Indonesia

– Jika kamu menggunakan layanan m-BCA, setelah berhasil login, pilih layanan m-Payment dan pilih menu Publik atau Utilitas.
– Setelah itu, pilih nama perusahaan yaitu PLN.
– Masukkan nomor ID pelanggan kamu dan pilih tombol “Kirim”. Tunggu hingga permintaan kamu dikonfirmasi oleh sistem. Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi mengenai jumlah tagihan listrik bulanan kamu.
– Jika kamu menggunakan aplikasi BRI-mo, setelah berhasil login, pilih menu Beli dan Bayar. Lanjutkan dengan memilih Tagihan Listrik PLN.
– Selanjutnya, pilih sumber dana yang akan kamu gunakan untuk membayar tagihan listrik. Setelah itu, sistem akan menampilkan jumlah tagihan listrik pada layar. Jika jumlah tagihan sudah sesuai, kamu bisa melanjutkan transaksi pembayaran.

Melalui layanan m-Banking, kamu dapat dengan mudah melakukan pengecekan tagihan listrik bulanan dan melakukan pembayaran tagihan dengan cepat dan praktis.

Dengan berbagai cara cek tagihan PLN yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhanmu. Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana cara cek tagihan PLN. Kamu dapat melakukannya dengan mudah dan cepat melalui website, aplikasi, SMS, Call Center, email, media sosial, atau layanan m-Banking. Jadi, pastikan kamu selalu melakukan pengecekan tagihan PLN secara rutin dan membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari denda dan pemutusan sambungan listrik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *