5 Cara Cek Pembayaran BPJS, Catat Agar Tidak Lupa

Cara Cek Tagihan BPJS di Mobile JKN

BPJS Kesehatan merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia mendapatkan produk asuransi kesehatan dengan biaya yang terjangkau. Dalam rangka memberikan kemudahan kepada para peserta BPJS Kesehatan, BPJS menyediakan aplikasi resmi yang bernama Mobile JKN. Aplikasi ini dapat diunduh dan dijalankan di ponsel pengguna. Dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, peserta BPJS dapat dengan mudah mengecek tagihan BPJS mereka.

Untuk mengecek tagihan BPJS menggunakan Mobile JKN, pertama-tama pengguna harus mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di ponsel mereka. Setelah aplikasi terinstal, pengguna perlu mengisi kolom yang tersedia dengan informasi yang diminta. Informasi yang diminta antara lain jenis kepesertaan, nomor identitas, password, dan kode captcha untuk keperluan verifikasi.

Setelah pengguna mengisi informasi yang diminta, pengguna dapat melihat informasi tagihan BPJS mereka pada bagian “Info Iuran” di aplikasi Mobile JKN. Informasi tersebut akan menunjukkan berapa besar iuran yang harus dibayarkan oleh pengguna.

Selain itu, jika pengguna terlambat membayar iuran BPJS, mereka juga dapat mengecek riwayat pembayaran mereka melalui menu “Info Riwayat Pembayaran” di aplikasi Mobile JKN. Melalui menu ini, pengguna dapat mengetahui kapan mereka terakhir membayar dan berapa besar denda yang harus mereka bayar.

Detail tagihan yang harus dibayarkan oleh pengguna akan tertera dengan jelas pada layar aplikasi Mobile JKN. Dengan begitu, pengguna tidak akan kesulitan untuk mengetahui berapa besar tagihan BPJS mereka.

BACA JUGA :  Cara Mudah Bayar Denda BPJS dan Cek Statusnya

Cek Tagihan BPJS Online Lewat Chika

Selain melalui aplikasi Mobile JKN, pengguna juga dapat mengecek tagihan BPJS mereka secara online melalui Chika. Chika adalah layanan Chat Assistant JKN yang tersedia bagi pengguna BPJS Kesehatan yang ingin mengecek iuran atau tunggakan iuran keanggotaan mereka.

Untuk menggunakan Chika, pengguna perlu menghubungi nomor kontak Chika melalui aplikasi WhatsApp. Nomor kontak Chika adalah 0811-8750-400. Setelah menghubungi nomor tersebut, pengguna perlu memulai chat dengan mengetikkan pesan apa saja.

Setelah itu, Chika akan memberikan beberapa opsi layanan dengan menggunakan kode nomor. Pengguna perlu mengetikkan kode nomor “2” untuk mengecek tagihan iuran BPJS mereka. Selanjutnya, pengguna perlu memasukkan nomor keanggotaan BPJS atau NIK KTP yang akan dicek.

Selanjutnya, pengguna perlu memasukkan tanggal lahir mereka dengan menggunakan format tahun-bulan-tanggal lahir. Setelah itu, Chika akan menampilkan detail mengenai besaran tagihan yang harus dibayarkan oleh pengguna.

Melalui layanan Chika, pengguna dapat dengan mudah mengecek tagihan BPJS mereka tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Pengguna hanya perlu menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah umum digunakan oleh banyak orang.

Cek Tagihan BPJS Lewat SMS

Selain melalui aplikasi Mobile JKN dan Chika, pengguna juga dapat mengecek tagihan BPJS mereka melalui SMS. Pengecekan tagihan BPJS melalui SMS dapat dilakukan oleh pengguna yang tidak memiliki akses internet pada saat itu.

Untuk mengecek tagihan BPJS lewat SMS, pengguna perlu mengirimkan pesan SMS kepada layanan BPJS Kesehatan di nomor 0877-7550-0400. Pesan yang dikirimkan harus menggunakan format yang sudah ditentukan yaitu “TAGIHAN(spasi)Nomor Keanggotaan BPJS-mu”.

Setelah mengirimkan pesan, pengguna akan menerima balasan yang berisi besaran tunggakan atau iuran yang harus mereka bayar. Melalui SMS, pengguna dapat dengan mudah mengetahui tagihan BPJS mereka tanpa perlu menggunakan internet.

BACA JUGA :  This page could not be found

Cek Tagihan BPJS di Indomaret dan Alfamart

Selain melalui aplikasi dan SMS, pengguna juga dapat mengecek dan membayar tagihan BPJS mereka di Indomaret dan Alfamart. Kedua minimarket tersebut telah bekerja sama dengan BPJS untuk menyediakan layanan ini kepada pengguna BPJS.

Untuk melakukan pengecekan dan pembayaran tagihan BPJS di Indomaret atau Alfamart, pengguna perlu datang ke cabang terdekat di kotanya. Setelah tiba di cabang tersebut, pengguna perlu memberitahu kasir bahwa mereka ingin mengecek dan membayar tagihan BPJS.

Kasir akan menanyakan nomor identitas atau keanggotaan BPJS pengguna dan memeriksa berapa besar tagihan yang harus dibayarkan. Setelah itu, proses pembayaran dapat dilanjutkan. Pengguna dapat membayar tagihan secara tunai atau menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu debit atau e-wallet.

Setelah proses pembayaran selesai, pengguna akan mendapatkan lembar bukti pembayaran. Lembar bukti tersebut perlu disimpan dengan baik agar tidak sulit ditemukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Melalui layanan di Indomaret dan Alfamart, pengguna dapat dengan mudah mengecek dan membayar tagihan BPJS mereka. Layanan ini sangat berguna bagi pengguna yang tidak memiliki akses internet atau tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Cek Pembayaran BPJS Lewat sobatcloud.com

Selain menggunakan aplikasi Mobile JKN, Chika, SMS, dan layanan di Indomaret dan Alfamart, pengguna juga dapat mengecek dan membayar tagihan BPJS mereka lewat aplikasi sobatcloud.com. Aplikasi sobatcloud.com menyediakan dua cara untuk mengecek dan membayar tagihan BPJS yaitu transfer bank/saldo sobatcloud.com dan menggunakan koin sobatcloud.com.

Transfer Bank/Saldo sobatcloud.com

Untuk menggunakan metode transfer bank/saldo sobatcloud.com, pengguna perlu membuka aplikasi sobatcloud.com di ponsel mereka dan memilih menu BPJS Kesehatan. Setelah itu, pengguna perlu memasukkan nomor keanggotaan BPJS mereka dan memastikan bahwa nama yang muncul sudah sesuai.

BACA JUGA :  Raih Keberkahan dengan Penerapan Prinsip Ekonomi Syariah

Setelah itu, pengguna dapat memilih periode tagihan yang ingin mereka cek. Besaran iuran yang harus dibayarkan akan muncul setelah itu. Jika pengguna ingin membayar lewat transfer bank, mereka perlu memasukkan 6 digit PIN sobatcloud.com mereka.

Setelah itu, transaksi akan diproses dan bukti pembayaran akan dikirimkan ke alamat email pengguna. Melalui metode ini, pengguna dapat dengan mudah mengecek dan membayar tagihan BPJS mereka dengan menggunakan aplikasi sobatcloud.com.

Menggunakan Koin sobatcloud.com

Selain menggunakan metode transfer bank/saldo sobatcloud.com, pengguna juga dapat menggunakan koin sobatcloud.com untuk membayar tagihan BPJS mereka. Koin sobatcloud.com adalah sejumlah uang yang berasal dari kode-kode unik yang digunakan pengguna dalam transaksi mereka.

Untuk menggunakan koin sobatcloud.com, pengguna perlu membuka aplikasi sobatcloud.com dan memastikan bahwa koin sobatcloud.com yang tersedia mencukupi. Setelah itu, pengguna perlu memilih menu BPJS Kesehatan dan memasukkan nomor keanggotaan mereka.

Setelah itu, pengguna dapat memilih periode tagihan yang ingin mereka bayar. Setelah besaran tagihan muncul, pengguna perlu memilih koin sobatcloud.com sebagai metode pembayaran. Selanjutnya, pengguna perlu memasukkan 6 digit nomor PIN sobatcloud.com mereka.

Setelah itu, transaksi akan diproses dan pengguna akan menerima bukti pembayaran. Melalui metode ini, pengguna dapat menggunakan koin sobatcloud.com yang mereka miliki untuk membayar tagihan BPJS mereka.

Dengan adanya berbagai cara cek pembayaran BPJS yang telah dijelaskan di atas, diharapkan pengguna BPJS dapat dengan mudah mengecek dan membayar tagihan mereka. Penting bagi setiap peserta BPJS untuk selalu membayar tagihan tepat waktu agar tidak terkena denda. Oleh karena itu, diimbau kepada seluruh peserta BPJS untuk menggunakan salah satu cara di atas guna memastikan pembayaran BPJS selalu teratur.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *