Cara Cek PDAM dan Bayar Tagihan Bulanan

Cara Cek PDAM Tagihan Secara Online

PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu penyedia layanan air bersih berbayar yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bagi kamu yang sudah berlangganan PDAM, penting untuk mengetahui bagaimana cara cek tagihan bulanan agar kamu bisa mempersiapkan uang yang cukup untuk membayarnya. Berikut ini adalah beberapa cara cek PDAM tagihan secara online.

Lewat Aplikasi

Saat ini, PDAM belum memiliki aplikasi khusus untuk membantu pelanggan melakukan pengecekan tagihan. Namun, kamu masih bisa menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store, seperti informasi pelanggan PDAM. Pertama-tama, temukan aplikasi tersebut di Play Store, unduh, dan lakukan instalasi. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih menu “Informasi Tagihan”. Selanjutnya, masukkan nama pelanggan dan nomor sambungan PDAM, serta kota tempat tinggalmu. Ikuti langkah-langkah berikutnya hingga informasi tagihanmu muncul di layar.

Lewat Situs PDAM Kotamu

Setiap cabang PDAM biasanya memiliki situs resmi yang bisa kamu manfaatkan untuk cek tagihan PDAM. Caranya adalah sebagai berikut:

– Buka browser di komputer atau ponselmu, kemudian kunjungi alamat situs resmi PDAM tempat kamu terdaftar sebagai pelanggan. Misalnya, pdamtirtanadi.co.id untuk wilayah Medan dan sekitarnya, atau pdamsleman.co.id untuk wilayah Sleman dan sekitarnya.
– Jika kamu bingung, kamu bisa melakukan pencarian dengan bantuan Google menggunakan kata kunci “cek tagihan PDAM (tuliskan nama kotamu)”.
– Setelah situs yang dimaksud terbuka, pilih menu “Informasi Tagihan”.
– Selanjutnya, masukkan nomor ID pelanggan PDAM kamu (biasanya tertera di meteran air).
– Pilih opsi “Cek”, dan detail tagihanmu akan muncul di halaman tersebut.

BACA JUGA :  Biaya Transfer BSI ke Bank Lain Lengkap, Penting untuk Kamu Tahu!

Perlu diingat, tidak semua cabang PDAM memiliki situs resmi. Jika kamu tetap ingin mengecek jumlah tagihanmu, kamu bisa menghubungi call center PDAM di kotamu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Cara Cek PDAM Tagihan Secara Offline

Selain cara cek PDAM tagihan secara online, kamu juga bisa melakukan pengecekan secara offline dengan cara membaca meteran air. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Periksa kotak angka pada meteran air dan perhatikan angka merah dan hitam.
2. Fokuskan pada angka hitam, karena angka tersebut menunjukkan jumlah kubik air yang sudah kamu gunakan.
3. Setelah mengetahui jumlah kubik air yang digunakan, kalikan dengan tarif air per kubik yang berlaku ditambah biaya administrasi dan pemeliharaan meteran air.
4. Hasil perhitungan tersebut dapat dijadikan sebagai perkiraan jumlah uang yang harus kamu bayarkan untuk melunasi tagihan airmu.

Meskipun cara ini tidak selalu akurat, namun dapat memberikan perkiraan yang cukup untuk pembayaran tagihan bulanan PDAM.

Cara Bayar Tagihan PDAM Offline

Setelah mengetahui cara cek tagihan PDAM, kamu juga perlu mengetahui cara melakukan pembayaran secara offline. Berikut ini adalah beberapa cara pembayaran tagihan PDAM secara offline:

1. Datang langsung ke kantor PDAM

Kunjungi kantor PDAM di kotamu dan datang ke loket pembayaran. Berikan nomor ID pelangganmu kepada petugas, dan mereka akan memberitahukan besarnya tagihanmu serta menerima pembayaran dari kamu.

2. Lewat bank

PDAM telah bekerja sama dengan sejumlah bank besar di Indonesia untuk menerima pembayaran tagihan secara resmi. Kamu dapat membayar melalui teller bank atau melalui mesin ATM.

3. Lewat Indomaret/Alfamart

Kunjungi gerai Indomaret atau Alfamart/Alfamidi yang ada di kotamu. Bawa kartu PDAM milikmu atau nomor ID pelangganmu. Sampaikan pada kasir bahwa kamu ingin membayar tagihan air. Tunggu sampai kasir memproses pembayaranmu, dan jangan lupa meminta struk sebagai bukti pembayaran.

BACA JUGA :  Ini Cara Mengecas Sepeda Listrik yang Benar

4. Lewat Kantor Pos

Cara pembayaran tagihan PDAM di Kantor Pos kurang lebih sama dengan pembayaran lewat loket resmi. Datangi loket khusus pembayaran di Kantor Pos dan sampaikan tujuan pembayaranmu. Siapkan uang tunai untuk membayar tagihan PDAM.

Cara Bayar Tagihan PDAM Online

Selain pembayaran secara offline, kini kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM secara online menggunakan aplikasi sobatcloud.com. sobatcloud.com merupakan salah satu layanan dari Product Digital sobatcloud.com yang memudahkan kamu untuk melakukan pembayaran tagihan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi sobatcloud.com di ponselmu.
2. Pilih menu “Lainnya”, kemudian pilih “PDAM” untuk membayar tagihan air.
3. Masukkan nomor ID pelanggan PDAM kamu.
4. Tekan tombol kirim, dan ikuti langkah selanjutnya hingga pembayaran selesai.

Dengan menggunakan aplikasi sobatcloud.com, kamu bisa membayar tagihan PDAM dengan mudah dan cepat.

Itulah beberapa cara cek PDAM tagihan secara online maupun offline. Pastikan selalu memeriksa tagihan PDAM secara berkala agar kamu dapat mengatur keuangan dengan baik dan tidak terlambat membayar tagihan. Gunakan juga layanan pembayaran online seperti sobatcloud.com untuk memudahkan transaksi tagihanmu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *