Cara Cek Paspor dengan NIK, Apakah Bisa? Ini Panduannya!

Pengurusan Paspor yang Lebih Praktis dengan Sistem Online

Sistem Informasi Gateway Paspor (SIGAP) merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) untuk memudahkan pengurusan paspor secara online. Dengan adanya SIGAP, masyarakat dapat mengakses berbagai jenis layanan yang disediakan oleh Ditjen Imigrasi, seperti persyaratan pendaftaran paspor, tahapan dalam pelayanan paspor, tata cara antrean pengambilan paspor, dan layanan pengaduan serta aspirasi.

SIGAP adalah sebuah platform layanan online yang berada di bawah penanganan langsung Ditjen Imigrasi. Platform ini dilengkapi dengan maskot Mido dan Midi yang merupakan representasi dari petugas imigrasi pria dan wanita. Mido merupakan kependekan dari Imigrasi Indonesia dan menggambarkan sosok petugas imigrasi pria yang ramah, berwibawa, dan tegas. Sementara itu, Midi adalah maskot yang menggambarkan pegawai imigrasi perempuan yang santun dan ceria.

Mido dan Midi juga dapat dihubungi secara online melalui nomor WhatsApp yang tersedia. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap kantor imigrasi memiliki nomor WhatsApp Mido yang berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, nomor WhatsApp Mido yang dapat dihubungi adalah +628118539333. Sedangkan untuk Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, nomor WhatsApp Mido yang dapat dihubungi adalah +6281381710123.

Cara Cek Paspor dengan NIK

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengecekan paspor dengan menggunakan NIK, perlu diketahui bahwa layanan WhatsApp Gateway Mido hanya berguna untuk pengecekan status permohonan paspor. Dalam proses pengecekan tersebut, masyarakat tidak perlu menuliskan NIK, melainkan nomor permohonan paspor.

BACA JUGA :  Cara Investasi Reksadana yang Tepat untuk Pemula

Nomor permohonan paspor terdiri dari 16 digit dan diperoleh setelah melakukan pendaftaran paspor. Untuk melakukan pengecekan status paspor melalui WhatsApp Gateway Mido, masyarakat hanya perlu mengirimkan pesan dengan format “PASPOR [spasi] Nomor Permohonan” ke nomor WhatsApp Mido yang sesuai dengan kantor imigrasi tempat pengurusan paspor.

Sebagai contoh, jika Anda melakukan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat dan nomor permohonan paspor Anda adalah 2145000000123456, maka pesan yang perlu dikirimkan ke nomor WhatsApp Mido Jakarta Pusat adalah “PASPOR 2145000000123456”. Setelah itu, Anda akan menerima balasan mengenai informasi terkait status paspor Anda.

Kelebihan Cara Mengecek Paspor Online

Pemanfaatan layanan WhatsApp Gateway Mido dalam pengecekan paspor online menawarkan banyak kelebihan bagi masyarakat, antara lain:

1. Bebas Antre

Dengan menggunakan layanan WhatsApp Gateway Mido, masyarakat tidak perlu lagi antre berjam-jam di kantor imigrasi untuk mengecek status paspor. Masyarakat dapat dengan mudah meminta informasi tersebut melalui WhatsApp dari mana saja, baik itu saat berada di tempat kerja maupun ketika sedang bersantai di rumah.

2. Layanan Lengkap

WhatsApp Gateway Mido merupakan solusi praktis bagi masyarakat yang ingin mendapatkan berbagai layanan terkait keimigrasian. Meskipun tidak ada fasilitas khusus untuk mengecek paspor dengan NIK, masyarakat tetap dapat memanfaatkan layanan WhatsApp Gateway Mido untuk mengecek status paspor. Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui informasi persyaratan pengurusan paspor, biaya pengurusan paspor, serta menyampaikan saran dan kritik.

3. Praktis dan Bebas Biaya

Penggunaan layanan WhatsApp Gateway Mido sangat praktis dan tidak memerlukan biaya tambahan. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor imigrasi untuk mengecek status paspor. Selain itu, masyarakat juga tidak perlu membayar biaya transportasi untuk pergi ke kantor imigrasi. Semua layanan dapat diakses dengan mudah melalui WhatsApp, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

BACA JUGA :  Fakta Menarik Tentang Negara Singapura, Bikin Pengetahuanmu Bertambah!

Dengan adanya layanan WhatsApp Gateway Mido, pemohon paspor dapat memperoleh kemudahan dan kenyamanan dalam proses pengurusan paspor. Layanan ini menjadi alternatif yang praktis bagi masyarakat yang ingin mengecek status paspor tanpa perlu datang ke kantor imigrasi. Selain itu, layanan WhatsApp Gateway Mido juga menyediakan informasi terkait persyaratan, biaya, dan pengaduan pengurusan paspor. Dengan demikian, masyarakat dapat memanfaatkan teknologi untuk memperoleh pelayanan publik yang lebih baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *