Jangan Panik, Begini Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang!

Datang ke Tempat Pembelian Token

Saat nomor token listrik hilang, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah datang ke tempat pembelian token. Biasanya, toko atau counter tempat pembelian masih memiliki bukti transaksi yang baru dilakukan. Jika bukti cetaknya tidak ada, mereka dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi yang mereka gunakan untuk menjual token.

Cara ini cukup efektif karena toko atau counter tempat pembelian memiliki akses langsung ke sistem pembelian token. Dengan memberikan ID pelanggan dan mencatat tanggal serta waktu pembelian, proses pengecekan menjadi lebih mudah. Toko atau counter tempat pembelian dapat melihat riwayat pembelian token dan memberikan nomor token yang telah dibeli sebelumnya.

Menghubungi Call Center PLN

Jika langkah pertama tidak berhasil menyelesaikan masalah nomor token listrik hilang, langkah selanjutnya adalah menghubungi call center PLN. Call center PLN dapat dihubungi melalui nomor 123. Sebelum menghubungi call center, pastikan untuk menyiapkan nomor meteran atau ID pelanggan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungi call center PLN:

  1. Hubungi nomor 123 dengan menggunakan kode area domisili Anda.
  2. Jelaskan kepada petugas call center mengenai masalah nomor token listrik yang hilang yang Anda alami.
  3. Jika petugas meminta nomor meteran, berikan nomor meteran dengan benar.
  4. Tunggu petugas melakukan pengecekan riwayat pembelian token dan memberikan nomor token yang terakhir Anda beli.
  5. Catat dengan baik nomor token yang diberikan oleh petugas dan masukkan ke meteran listrik.

Penting untuk diketahui bahwa nomor token tidak sama dengan ID pelanggan atau nomor meteran. Nomor token adalah 20 digit nomor yang diperoleh saat membeli token dan harus dimasukkan ke dalam meteran untuk mengisi pulsa listrik. Sementara itu, nomor ID pelanggan atau nomor meteran adalah 11 digit nomor yang dibutuhkan saat akan membeli token.

Masuk ke Situs Resmi PLN

Selain datang ke tempat pembelian token dan menghubungi call center PLN, Anda juga dapat mengecek nomor token yang hilang melalui situs resmi PLN. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs resmi PLN.
  2. Pilih menu “Pelanggan”.
  3. Pada pilihan “Identitas Pelanggan”, pilih IDPEL.
  4. Ketikkan ID pelanggan Anda kemudian klik “Cari”.
  5. Tunggu sampai situs PLN memberikan informasi mengenai 20 nomor token listrik yang telah Anda beli sebelumnya.

Dengan masuk ke situs resmi PLN, Anda dapat mengakses informasi mengenai nomor token listrik yang telah Anda beli sebelumnya. Hal ini dapat membantu dalam menyelesaikan masalah nomor token listrik yang hilang.

Gunakan Aplikasi Mobile PLN

Cara lain yang praktis untuk mengetahui nomor token yang hilang adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan oleh PLN untuk memudahkan para pelanggannya, termasuk dalam mengecek nomor token yang telah dibeli sebelumnya.

Langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi PLN Mobile adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile dari Google Play Store atau Apps Store.
  2. Instal aplikasi kemudian jalankan.
  3. Pada halaman depan aplikasi, pilih menu “Informasi”.
  4. Klik pada bagian “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  5. Masukkan ID pelanggan Anda.
  6. Informasi mengenai pembelian token listrik terakhir beserta nomor tokennya akan muncul di layar.

Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, Anda dapat dengan mudah mengecek nomor token yang hilang. Aplikasi ini menyediakan akses langsung ke informasi mengenai pembelian token listrik yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Buat Pengaduan Lewat Media Sosial

PLN juga menyediakan layanan pengaduan melalui akun media sosial mereka. Jika Anda mengalami masalah nomor token listrik yang hilang, Anda dapat memanfaatkan layanan ini untuk melaporkannya. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka media sosial seperti Twitter atau Facebook.
  2. Lewat fitur DM atau messenger, hubungi admin terkait.
  3. Sampaikan kebutuhan Anda untuk mengetahui nomor token yang hilang. Jangan lupa untuk mencantumkan jam, tanggal, dan metode pembelian yang Anda lakukan.
  4. Informasikan nomor ID pelanggan Anda.
  5. Tunggu sampai admin melakukan pengecekan dan memberitahukan nomor token yang hilang.

Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat dengan mudah menghubungi PLN dan melaporkan masalah nomor token listrik yang hilang. Admin PLN akan melakukan pengecekan dan memberikan nomor token yang hilang melalui pesan pribadi.

Buat Pengaduan Lewat Email

Selain melalui media sosial, Anda juga dapat membuat pengaduan melalui email. Meskipun tidak secepat melalui aplikasi atau media sosial, email tetap menjadi alternatif yang dapat Anda gunakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pengaduan melalui email:

  1. Kirimkan pengaduan ke [email protected].
  2. Sebutkan masalah yang Anda hadapi, termasuk nomor token listrik yang hilang.
  3. Sertakan nomor ID pelanggan dan informasi mengenai waktu serta metode pembelian token.
  4. Tunggu jawaban dari tim PLN dalam waktu 1 x 24 jam.

Dengan mengirimkan pengaduan melalui email, Anda memberikan PLN waktu untuk melakukan pengecekan dan memberikan solusi atas masalah nomor token listrik yang hilang.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek nomor token listrik yang hilang. Jika Anda tidak ingin repot kehilangan nomor token, Anda dapat melakukan pembelian token listrik sendiri melalui aplikasi sobatcloud.com. Setiap transaksi pembelian token dicatat di aplikasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan nomor token. Unduh aplikasi sobatcloud.com sekarang juga di Google Play Store atau Apps Store!

BACA JUGA :  Simak 3 Hal Ini Sebelum Mengajukan Kredit Handphone Online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *