4 Cara Gampang Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Lewat Situs Resmi

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK adalah bentuk perlindungan yang penting bagi para pekerja dan pegawai perusahaan. Salah satu hal yang perlu diketahui oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah nomor BPJS Ketenagakerjaan. Nomor ini berfungsi penting untuk mengetahui segala informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan dan untuk melakukan pembayaran. Jika kamu tidak tahu berapa nomornya, jangan khawatir! Berikut ini adalah beberapa cara untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah dan cepat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Langkah-langkahnya sangat mudah. Kamu hanya perlu masuk ke akun BPJS Ketenagakerjaan yang sudah didaftarkan sebelumnya. Kamu bisa melakukan pengecekan secara langsung menggunakan mesin pencari di komputer atau ponsel.

Caranya sangat mudah, pertama masuk ke laman resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat tampilan kartu BPJS Ketenagakerjaan virtual di layar ponsel atau komputer. Dari kartu ini, kamu bisa melihat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, nama peserta, hingga jumlah saldo yang sudah terkumpul.

Cara ini sangat praktis dan efisien karena kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja asalkan ada koneksi internet. Dengan melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, kamu tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Kamu juga bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat tentang BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Lewat Aplikasi

Selain melalui situs resmi, kamu juga bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi resmi BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diunduh di ponsel kamu. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi termasuk nomor BPJS Ketenagakerjaan hingga jumlah saldo yang terkumpul.

BACA JUGA :  Apa Itu Kuota Nonton Telkomsel? Ketahui Fungsi dan Kelebihannya di Sini!

Untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan metode ini, kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi BPJSTKU terlebih dahulu di ponsel. Setelah berhasil terpasang, langsung klik login dan masukkan alamat e-mail dan kata sandi yang sudah terdaftar sebelumnya. Setelah berhasil masuk, pilih menu, dan klik Kartu Digital. Selanjutnya, kartu BPJS Ketenagakerjaan virtual akan muncul di layar ponsel. Jadi, kamu bisa langsung mengetahui berapa nomor BPJS Ketenagakerjaan yang tercantum di kartu tersebut.

Aplikasi BPJSTKU sangat berguna bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selain untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan, aplikasi ini juga memberikan akses mudah untuk melihat informasi lainnya seperti riwayat pembayaran, klaim, dan manfaat yang diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan. Dengan menggunakan aplikasi ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa lebih mudah mengakses informasi yang dibutuhkan tanpa harus repot membuka situs resmi.

Menghubungi Call Center

Jika kamu tidak memiliki akses internet atau tidak ingin repot melakukan pengecekan melalui situs resmi atau aplikasi, kamu bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan menghubungi call center atau layanan telepon resmi BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini sangat cepat dan praktis.

Sebelum menghubungi call center, pastikan untuk menyiapkan KTP lebih dulu. Pasalnya, admin akan cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP kamu. Jika sudah siap, kamu bisa menghubungi call center pada jam kantor melalui nomor telepon khusus 175. Selain melalui telepon, kamu juga bisa langsung menghubungi layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi WhatsApp. Nomor untuk menghubungi via WhatsApp adalah 0811-9115919 atau 0855-1500910.

Cara ini sangat mudah dilakukan karena kamu hanya perlu menghubungi nomor telepon atau mengirim pesan melalui WhatsApp. Admin BPJS Ketenagakerjaan akan membantu kamu untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu dengan menggunakan NIK KTP sebagai verifikasi.

BACA JUGA :  Ini Cara Kerja Deposito dan Contoh Lengkapnya

Lewat Media Sosial

Selain melalui situs resmi, aplikasi, dan call center, kamu juga bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan menggunakan media sosial. Namun, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu media sosial resmi BPJS Ketenagakerjaan di Twitter, Instagram, atau Facebook. Kamu juga bisa mengirimkan e-mail ke alamat resmi instansi ini di [email protected].

Akun resmi BPJS Ketenagakerjaan di Twitter maupun Facebook adalah @BPJSTKinfo. Kamu bisa mengirimkan pesan langsung atau DM ke akun resmi tersebut. Sampaikan pertanyaan atau permasalahan kamu secara tertulis melalui DM. Jangan lupa untuk menyantumkan juga nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan NIK yang terdaftar.

Dengan menggunakan media sosial, kamu bisa mengajukan pertanyaan atau permasalahan kamu secara tertulis dan mendapatkan respons dari tim admin. Setelah menjelaskan permasalahan, admin mungkin akan meminta informasi lebih lanjut untuk verifikasi. Setelah informasi yang dibutuhkan sudah didapatkan, admin akan memberitahumu nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Melalui media sosial, kamu bisa mendapatkan informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah dan cepat. Kamu bisa mendapatkan nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu tanpa harus repot mengunduh aplikasi atau menghubungi call center.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu. Jika sudah mengetahui nomor tersebut, jangan lupa untuk menyimpannya agar tidak kebingungan lagi. Nomor ini penting untuk pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *