Cara Buat BPJS Kesehatan Online Secara Mandiri, Bisa Lewat HP!

Manfaat BPJS Kesehatan

Fasilitas pendaftaran secara online memberi kemudahan bagi siapa saja untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Kamu pun bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja. Kalau sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Iuran Bulanan yang Terjangkau

Tersedia 3 pilihan kelas pada layanan BPJS Kesehatan, yaitu kelas I, kelas II, dan kelas III. Kelas I merupakan layanan termahal, dengan iuran Rp150 ribu per bulan. Sementara itu, kelas II dan kelas III masing-masing mempunyai iuran bulanan sebesar Rp100 ribu dan Rp35 ribu. Dengan variasi kelas tersebut, semua orang tidak akan mengalami kesulitan yang terlalu berat dalam melakukan pembayaran iuran. Kalau merasa iurannya terlalu tinggi, kamu bisa mempertimbangkan untuk mendaftar pada layanan kesehatan kelas III yang iurannya murah. Kalaupun kamu tidak mempunyai kemampuan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, tersedia pilihan lain. Caranya, kamu dapat mengajukan diri untuk menjadi salah satu peserta BPJS penerima bantuan iuran (PBI). Kalau terdaftar sebagai PBI, iuran bulanan BPJS kamu akan menjadi tanggungan pemerintah.

2. Perlindungan Kesehatan Seumur Hidup

Manfaat selanjutnya dari cara buat BPJS Kesehatan adalah adanya perlindungan kesehatan yang berlaku seumur hidup. Cukup dengan satu kali pendaftaran, kamu akan menjadi peserta BPJS Kesehatan selamanya. Hanya saja, kamu perlu memastikan bahwa tidak ada keterlambatan dalam pembayaran iuran. Kalau terlambat, status kepesertaan akan menjadi nonaktif. Kamu pun tidak bisa menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan sebelum melunasi iuran dan membayar denda.

3. Cara Pendaftaran Peserta yang Mudah

Selanjutnya, BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang menawarkan kemudahan dalam proses pendaftaran. Kamu bisa mendaftar sebagai peserta tanpa perlu melewati proses administrasi yang ribet. Bahkan, tersedia cara buat BPJS Kesehatan online. Berbeda dengan jaminan kesehatan lain, kamu tak perlu melampirkan hasil medical check up saat mendaftar. Asalkan kamu merupakan warga negara Indonesia, proses pendaftaran dapat kamu lalui dengan gampang dan cepat.

BACA JUGA :  Praktis! Ini Cara Top Up DANA BCA!

4. Perlindungan untuk Hampir Segala Jenis Penyakit

Manfaat terakhir dan tak kalah penting dari BPJS Kesehatan adalah adanya perlindungan untuk hampir segala jenis penyakit. Dikutip dari Kompas, ada sekitar 144 jenis penyakit dapat ditanggung oleh BPJS, termasuk penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS, diabetes melitus, ataupun sifilis. Tidak hanya memberi perlindungan secara menyeluruh pada hampir segala jenis penyakit. Status kepesertaan BPJS Kesehatan juga bisa kamu gunakan di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh layanan kesehatan tanpa harus bingung dengan biaya perawatan atau pengobatan rumah sakit.

Persyaratan Pendaftaran BPJS Kesehatan

Kalau ingin melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan, baik secara online ataupun offline, kamu perlu mempersiapkan segala persyaratannya dengan lengkap. Persyaratan tersebut meliputi:

– Kartu Tanda Penduduk (KTP)
– Kartu Keluarga (KK)
– Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ingin digunakan
– Nomor HP dan alamat email yang masih aktif
– Pas foto dengan ukuran 3×4 yang mempunyai file digital maksimal 50 KB

Cara Buat BPJS Kesehatan Online

Kalau sudah mempersiapkan segala persyaratan pendaftaran, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan secara online:

1. Download aplikasi JKN Mobile. Kamu bisa menemukannya di Google Play Store dan App Store.
2. Siapkan persyaratan pendaftaran lengkap dan jalankan aplikasi JKN Mobile di smartphone.
3. Tekan menu “Daftar” yang ada di Aplikasi JKN Mobile. Setelah itu, pilih opsi “Pendaftaran Peserta Baru”.
4. JKN Mobile akan menampilkan syarat dan ketentuan pendaftaran. Kamu bisa membacanya secara lengkap. Kalau sudah, pilih “Saya Setuju” dan klik tombol “Selanjutnya”.
5. Tuliskan NIK secara benar dan lengkap, lalu masukkan kode captcha dan klik tombol “Cari”.
6. Aplikasi JKN Mobile akan menampilkan data lengkap calon peserta berdasarkan informasi yang tersimpan di Dukcapil.
7. Tuliskan informasi data pribadi dengan lengkap dan klik tombol “Selanjutnya”.
8. Tentukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) serta kelas yang kamu inginkan.
9. Tuliskan alamat email yang masih aktif untuk pengiriman kode verifikasi, klik “Simpan”.
10. Kamu akan memperoleh nomor virtual account yang berguna sebagai pembayaran iuran. Kalau sudah melakukan pembayaran, kamu secara resmi terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
11. Langkah terakhir, kamu bisa mengunduh kartu BPJS Kesehatan yang tersedia secara virtual di JKN Mobile.

BACA JUGA :  Step-by-Step Cara Memulai Bisnis Barang Impor di Indonesia: Potensi Cuan Banget!

Nah, itulah langkah-langkah cara buat BPJS Kesehatan online. Sangat mudah, kan? Selanjutnya, kamu perlu melakukan pembayaran iuran rutin dan tepat waktu. Untuk kemudahan, kamu bisa membayar iuran BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi sobatcloud.com.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Tidak Aktif, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Keuntungan Mendaftar BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui cara pendaftaran BPJS Kesehatan, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut:

1. Akses Layanan Kesehatan yang Terjamin

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, kamu mendapatkan akses layanan kesehatan yang terjamin. Kamu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas dan klinik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit dengan tingkat rujukan yang sesuai dengan kelas BPJS Kesehatan yang kamu pilih.

2. Biaya Perawatan yang Terjangkau

Salah satu keuntungan menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah biaya perawatan yang terjangkau. Dengan membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya, kamu bisa mendapatkan perlindungan kesehatan yang meliputi berbagai jenis penyakit. Biaya perawatan yang harus kamu bayarkan di rumah sakit juga akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Perlindungan Kesehatan Seumur Hidup

Keuntungan lainnya adalah adanya perlindungan kesehatan seumur hidup. Setelah kamu mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, status kepesertaanmu akan berlaku selamanya asalkan iuran BPJS Kesehatan kamu tetap terbayar. Dengan perlindungan kesehatan seumur hidup, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan ketika membutuhkannya.

4. Fasilitas Pendaftaran yang Mudah

Proses pendaftaran BPJS Kesehatan juga sangat mudah dilakukan. Kamu dapat mendaftar secara online melalui aplikasi JKN Mobile atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Untuk pendaftaran online, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan untuk pendaftaran offline, kamu hanya perlu membawa persyaratan yang telah ditentukan.

BACA JUGA :  6 Perbedaan Deposito Berjangka dan Sertifikat Deposito

5. Dukungan Pemerintah dalam Pembayaran Iuran

Bagi mereka yang tidak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan, pemerintah menyediakan program penerima bantuan iuran (PBI). Dengan menjadi peserta PBI, kamu tidak perlu membayar iuran BPJS Kesehatan karena iuranmu akan ditanggung oleh pemerintah. Syarat untuk menjadi peserta PBI adalah kamu harus terdaftar sebagai penerima bantuan sosial atau tidak mampu secara ekonomi.

Pentingnya BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa BPJS Kesehatan sangat penting:

1. Meningkatkan Akses Layanan Kesehatan
Dengan adanya BPJS Kesehatan, masyarakat Indonesia dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan. Mereka tidak perlu khawatir tentang biaya perawatan yang mahal karena BPJS Kesehatan akan menanggung sebagian atau seluruh biaya perawatan tersebut.

2. Mencegah Kemiskinan Akibat Biaya Kesehatan
Kasus-kasus kemiskinan akibat biaya kesehatan yang tinggi masih sering terjadi di Indonesia. BPJS Kesehatan hadir untuk mencegah hal tersebut terjadi dengan memberikan perlindungan kesehatan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.

3. Menjamin Kualitas Layanan Kesehatan
BPJS Kesehatan juga memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Dengan adanya BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan diharuskan untuk menjaga standar pelayanan yang baik agar dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

4. Mendorong Peningkatan Kesehatan Masyarakat
Dengan adanya BPJS Kesehatan, masyarakat diharapkan lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Mereka akan lebih sering melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan mengikuti program-program kesehatan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

5. Perlindungan bagi Pekerja Mandiri
BPJS Kesehatan juga memberikan perlindungan bagi pekerja mandiri yang tidak memiliki akses ke jaminan kesehatan dari perusahaan tempat mereka bekerja. Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, mereka dapat merasa lebih aman dan tenang karena memiliki perlindungan kesehatan.

Kesimpulan

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya BPJS Kesehatan, semua orang dapat mengakses layanan kesehatan yang terjamin dengan biaya yang terjangkau. Proses pendaftaran BPJS Kesehatan pun sangat mudah dilakukan dengan cara online maupun offline. Selain itu, BPJS Kesehatan juga memberikan perlindungan kesehatan seumur hidup dan perlindungan bagi hampir segala jenis penyakit. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan guna mendapatkan perlindungan kesehatan yang memadai.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *