3 Cara Mudah Berhenti Berlangganan IndiHome

Syarat dan Ketentuan Berhenti Berlangganan IndiHome

Sebelum membahas secara rinci tentang cara berhenti berlangganan IndiHome, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu pahami agar proses penghentian layanan dapat berjalan lancar. Dalam berhenti berlangganan IndiHome, kamu perlu memenuhi beberapa hal berikut ini:

  1. Beri tahu pihak IndiHome atau Telkom, selambat-lambatnya 14 hari kerja sebelumnya.
  2. Lunasi semua tagihan, termasuk tunggakan biaya, denda keterlambatan, dan denda pengakhiran bila ada, kepada pihak Telkom atau IndiHome.
  3. Bagi pelanggan yang mengajukan penghentian layanan sebelum 12 bulan, akan dikenai denda pengakhiran sebesar Rp1.000.000.
  4. Serahkan perangkat router (CPE) dan STB/decoder TV yang telah terpasang kepada pihak Telkom atau IndiHome.

Syarat dan ketentuan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa kamu sudah memenuhi kewajiban pembayaran dan pengembalian perangkat yang telah disediakan oleh IndiHome. Dengan mematuhi syarat dan ketentuan ini, kamu akan terhindar dari denda atau blacklist yang bisa mengganggu kegiatan berlangganan layanan internet di masa mendatang.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

Setelah memahami syarat dan ketentuan untuk berhenti berlangganan IndiHome, selanjutnya adalah mengetahui cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan permohonan penghentian layanan. IndiHome menyediakan beberapa opsi untuk mengajukan permohonan tersebut, baik secara offline maupun online. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Via Offline

Jika lokasi Plasa Telkom terhitung terjangkau atau dekat dengan rumahmu, kamu bisa mengajukan permohonan pemberhentian langganan dengan langsung datang ke sana atau secara offline. Keuntungan mengajukan permohonan via offline adalah kamu bisa secara langsung mendapatkan informasi lengkap dari petugas, termasuk tentang beragam tagihan atau denda yang mungkin harus kamu tanggung.

Plasa Telkom biasanya buka setiap hari kecuali hari Minggu dan tanggal merah. Jam operasional umumnya dimulai dari pukul 08.00—16.00 WIB pada hari Senin-Jumat, dan pukul 08.00—12.00 WIB pada hari Sabtu. Namun, jam operasional ini dapat berbeda-beda di setiap cabang, jadi sebaiknya pastikan terlebih dahulu sebelum datang.

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk mengajukan permohonan pemberhentian langganan via offline di Plasa Telkom:

  1. Isi formulir pengajuan penghentian layanan IndiHome.
  2. Tulis nomor tagihan IndiHome pada kolom yang tersedia.
  3. Tulis alasanmu ingin menghentikan layanan IndiHome.
  4. Serahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
  5. Bawa materai sebesar 6.000 untuk ditandatangani nanti.
  6. Serahkan modem atau router IndiHome.

Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, kamu dapat mengajukan permohonan secara langsung di Plasa Telkom dan mengurus proses penghentian langganan IndiHome dengan mudah.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Via Call Center

Jika lokasi Plasa Telkom terlalu jauh dari rumahmu atau kamu tidak punya waktu untuk datang secara langsung, kamu juga bisa mengajukan permohonan melalui telepon call center. Namun, perlu diingat bahwa panggilan ini tidak gratis dan kamu akan dikenai biaya sebesar Rp1.000 per detiknya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu telepon, lalu tekan nomor 147.
  2. Tunggu sampai panggilan terhubung, kemudian tekan 1 untuk layanan menggunakan bahasa Indonesia.
  3. Tekan 2 untuk pengajuan keluhan tentang IndiHome.
  4. Tekan 1 untuk layanan pelanggan IndiHome.
  5. Tunggu hingga terhubung dengan operator call center IndiHome.
  6. Setelah terhubung, sampaikan permohonan kamu untuk berhenti langganan IndiHome.
  7. Berikan informasi sesuai permintaan operator.
  8. Tunggu hingga operator selesai memproses permintaanmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengajukan permohonan penghentian langganan IndiHome melalui call center dengan mudah dan cepat.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Via DM Twitter

Selain melalui cara-cara di atas, kamu juga bisa mengajukan permintaan berhenti berlangganan IndiHome melalui media sosial Twitter. Namun, pastikan bahwa akun yang kamu tuju adalah akun resmi yang telah terverifikasi, seperti @indihome atau @indihomecare. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kirimkan pesan melalui fitur direct message (DM) Twitter ke akun @indihome atau @indihomecare.
  2. Sampaikan keinginanmu untuk menghentikan langganan layanan IndiHome.
  3. Tunggu sampai customer service Telkom Care menanggapi DM yang kamu kirimkan.
  4. Sampaikan alasanmu ingin menghentikan langganan.
  5. Lampirkan persyaratan yang diminta, seperti nomor ponsel, foto KTP dan KK, hingga alamat email.
  6. Tunggu sampai pihak IndiHome menyelesaikan proses validasi yang mungkin akan memakan waktu beberapa lama.

Selain melalui Twitter, kamu juga dapat mengajukan permohonan melalui media sosial Facebook resmi IndiHome. Langkah-langkahnya pun kurang lebih sama.

Dengan menggunakan salah satu cara di atas, baik secara offline maupun online, kamu dapat mengajukan permohonan berhenti berlangganan IndiHome dengan mudah. Pastikan kamu mengajukan permohonan secara resmi agar terhindar dari blacklist dan kemungkinan denda yang lebih besar.

BACA JUGA :  Yuk, Cek Limit Transfer Mandiri ke Bank Lain Maupun Sesama Nasabah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *