Bingung Transfer Uang ke Luar Negeri? Pakai IBAN BNI Saja

Apa Itu IBAN

IBAN merupakan kode rekening bank internasional yang digunakan untuk memfasilitasi transfer uang antar negara. Kode ini dikembangkan untuk mengidentifikasi rekening bank luar negeri sesuai dengan sistem penomoran internasional. Negara-negara di Eropa merupakan pengguna utama metode identifikasi rekening seperti ini. Setiap negara memiliki kode IBAN yang berbeda, terdiri dari kombinasi huruf dan angka dengan panjang 22 hingga 30 deret.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirimkan uang ke Eropa, Anda perlu mengetahui kode IBAN dari penerima. Kode ini terdiri dari dua huruf yang mewakili negara penerima, diikuti oleh kode khusus, kode kantor cabang, dan nomor rekening penerima. Dengan mengetahui kode IBAN, proses transfer uang dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Kode IBAN BNI untuk Transfer Uang

Namun, saat ini mayoritas bank di Indonesia, termasuk Bank Negara Indonesia (BNI), belum menggunakan kode IBAN. Jadi, jika Anda memiliki rekening di BNI dan ingin melakukan transfer uang ke luar negeri, Anda tidak perlu mencari kode IBAN BNI karena tidak ada. Namun, ada kemungkinan bahwa perubahan akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Untuk saat ini, jika Anda ingin melakukan transaksi keuangan internasional dari Eropa ke Indonesia melalui BNI, Anda dapat menggunakan kode swift (swift code). Kode swift Bank BNI adalah BNINIDJA. Kode ini terdiri dari empat huruf pertama (BNIN) yang menjelaskan nama bank, dua huruf berikutnya (ID) yang merujuk kepada negara bank tujuan yaitu Indonesia, dan dua huruf terakhir (JA) yang menunjukkan lokasi perusahaan perbankan (Jakarta).

BACA JUGA :  Konsultan Finansial: Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Rekomendasi yang Terbaik

Namun, perlu diingat bahwa swift code Bank BNI konvensional berbeda dengan BNI Syariah. Jadi, jika Anda ingin mengirim uang kepada pemilik rekening Bank BNI Syariah, Anda harus menggunakan swift code SYNIIDJA.

Cara Transfer Menggunakan IBAN BNI

Jika Anda memiliki rekening di Bank BNI dan ingin melakukan transfer uang ke luar negeri, ada dua cara yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan IBAN dari bank tersebut.

1. Transfer melalui Kantor Cabang BNI

Cara pertama adalah dengan langsung datang ke kantor cabang Bank BNI terdekat. Anda dapat memilih layanan Outgoing Transfer (OTR) untuk melakukan transfer dana ke luar negeri. Namun, untuk dapat menggunakan layanan ini, Anda harus menjadi nasabah Bank BNI terlebih dahulu.

Saat datang ke bank, pastikan Anda membawa buku tabungan dan membayar biaya pengiriman sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, Anda juga harus membawa dokumen underlying yang sesuai dengan kebutuhan transaksi OTR. Salah satu keunggulan dari transaksi OTR adalah kiriman uang dapat diterima pada hari yang sama. Selain itu, transfer juga dapat diterima dalam 125 jenis mata uang lokal di berbagai negara.

Bank BNI juga telah memiliki produk Remittance untuk mata uang Ringgit, Yuan, dan Won. Hal ini memudahkan pengiriman dana ke Malaysia, China, dan Korea Selatan.

2. Melalui Mobile Banking

Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur transfer mata uang asing melalui BNI Mobile Banking. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu repot-pergi ke kantor cabang BNI karena transaksi keuangan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mentransfer uang ke luar negeri menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking:

BACA JUGA :  Air PAM: Pengertian dan Cara Mengecek Tagihan Bulanan

1. Login ke aplikasi BNI Mobile Banking dan pilih menu transfer.
2. Pilih opsi menu international remittance.
3. Pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan yang muncul, lalu klik lanjut.
4. Pilih nomor rekening debet dan pilih input baru.
5. Pilih negara tujuan yang akan ditransfer.
6. Pilih Bank yang akan menjadi tujuan transfer.
7. Input nomor rekening bank tujuan dan pastikan kode IBAN yang Anda dapatkan sudah sesuai.
8. Masukkan nama dan alamat penerima secara benar dan lengkap.
9. Jika Anda ingin menambahkan nomor rekening penerima sebelumnya ke dalam Daftar Favorit, centang kolom simpan ke Daftar Favorit. Tulis juga nama singkat pemilik rekening.
10. Selanjutnya, isi data mengenai nominal mata uang yang ingin dikirim (tersedia dalam mata uang Euro, Dolar AS, Dolar Singapura, dan Dolar Australia).
11. Pilih beban ongkos Bank Koresponden yang harus dibayarkan.
12. Pilih tujuan transaksi yang dilakukan.
13. Jangan lupa masuk ke halaman validasi dan masukkan password transaksi.
14. Tekan lanjut dan transaksi yang Anda lakukan telah selesai.

Dengan mengetahui cara-cara di atas, Anda dapat mentransfer uang ke luar negeri dengan mudah melalui Bank BNI.

Dalam era digital ini, kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan internasional menjadi semakin penting. Melalui IBAN dan layanan transfer uang yang disediakan oleh Bank BNI, Anda dapat melakukan transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat dan efisien. Jadi, jika Anda memiliki rekening di Bank BNI dan membutuhkan layanan transfer uang internasional, Anda dapat memanfaatkan layanan yang tersedia dan memastikan bahwa Anda mengikuti prosedur yang benar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *