Minat Kuliah di Prancis? Yuk Cari Tahu Biaya Studinya!

Alasan Prancis Jadi Tujuan Mahasiswa untuk Studi

Prancis menjadi salah satu negara yang menarik minat ribuan mahasiswa internasional setiap tahunnya. Banyak faktor yang membuat Prancis menjadi tujuan studi yang menarik, baik dari segi pendidikan, infrastruktur, bahasa, warisan budaya, subsidi, prospek karir dan bisnis, hingga menjadi gerbang menuju Eropa. Berikut ini akan dijelaskan lebih detail mengenai alasan-alasan tersebut.

Kualitas Pendidikan

Sistem pendidikan di Prancis sangat baik, terbukti dengan masuknya 32 institut pendidikan mereka di daftar universitas terbaik dunia. Universitas-universitas di Prancis menawarkan berbagai jurusan yang beragam, termasuk beberapa jurusan yang menjadi best courses. Misalnya, jurusan Data Sciences, Mathematics, hingga Natural Sciences. Dengan kualitas pendidikan yang baik ini, mahasiswa akan mendapatkan ilmu dan keterampilan yang handal untuk bersaing di dunia kerja.

Infrastruktur yang Bagus

Prancis memiliki infrastruktur yang bagus, termasuk transportasi dan fasilitas umum yang memadai. Infrastruktur yang baik ini akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa internasional dalam mobilitas mereka, baik dari dan ke kampus maupun dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan adanya infrastruktur yang bagus ini, mahasiswa akan merasa nyaman dan terbantu dalam menyelesaikan studi mereka di Prancis.

Bahasa

Salah satu persyaratan untuk kuliah di Prancis adalah menguasai bahasa Prancis. Hal ini menjadi nilai tambah bagi mahasiswa internasional, karena mereka akan mendapatkan kemampuan baru dalam berbahasa. Selain itu, dengan semakin banyaknya perusahaan Prancis yang beroperasi di Indonesia, mahasiswa yang menguasai bahasa Prancis akan memiliki peluang kerja yang lebih baik. Bahasa Prancis juga merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, sehingga kemampuan berbahasa Prancis akan memberikan keuntungan tersendiri.

BACA JUGA :  Jenius: Aplikasi Perbankan Ringkas Untuk Mobilitas Tinggimu!

Warisan Budaya

Prancis memiliki warisan budaya dan sejarah yang kaya, yang menjadi daya tarik bagi para mahasiswa internasional. Negara ini memiliki lebih dari 40.000 monumen dan situs dilindungi, 41 situs budaya yang diakui sebagai warisan budaya UNESCO, 8.000 museum, dan ratusan festival setiap tahunnya. Mahasiswa internasional akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi dan mengalami kebudayaan Prancis yang kaya dan beragam ini.

Subsidi

Kuliah di Prancis dapat ditempuh melalui jalur mandiri maupun dengan mendapatkan beasiswa. Bagi mahasiswa internasional, ada banyak kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Prancis. Salah satu kemudahan tersebut adalah subsidi biaya pendidikan, transportasi, hingga asuransi kesehatan gratis. Dengan adanya subsidi ini, mahasiswa internasional akan mendapatkan bantuan finansial yang signifikan dalam menempuh studi di Prancis.

Prospek Karir dan Bisnis

Prancis adalah salah satu negara yang memiliki pengaruh besar dalam perekonomian dunia. Prospek karir dan bisnis untuk para lulusan dari universitas di Prancis sangat baik. Ekonomi Prancis terdiversifikasi dengan kuat, mencakup sektor pariwisata, teknologi, transportasi, energi, hingga agrikultur. Mahasiswa internasional yang lulus dari universitas di Prancis memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di berbagai sektor sesuai dengan keahlian mereka.

Gerbang Menuju Eropa

Prancis memiliki posisi geografis yang strategis, sehingga menjadi gerbang masuk ke negara-negara Eropa lainnya. Mahasiswa internasional yang kuliah di Prancis dapat dengan mudah menjelajahi negara-negara Eropa lainnya saat masa liburan tiba. Terdapat enam negara terdekat yang dapat diakses dengan mudah, antara lain Spanyol, Italia, Belgia, Jerman, Inggris, dan Luxembourg. Mahasiswa internasional akan memiliki kesempatan untuk mengenal budaya dan lingkungan belajar yang berbeda di negara-negara Eropa tersebut.

Estimasi Biaya Kuliah dan Hidup di Prancis

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Prancis, penting untuk mempertimbangkan estimasi biaya kuliah dan hidup di negara ini. Biaya kuliah dan hidup di Prancis dapat bervariasi tergantung pada bagaimana mahasiswa mengatur keuangan dan gaya hidup mereka. Secara umum, biaya hidup di kota Paris berkisar antara ⍷ 800 hingga ⍷ 1.000 per bulan. Sedangkan di kota lain, biaya hidup dapat turun menjadi ⍷ 600 – ⍷ 800 per bulan.

BACA JUGA :  Reksadana Syariah, Investasi yang Halal dan Bikin Untung!

Sementara itu, biaya kuliah di Prancis terbagi menjadi dua jenis, yaitu biaya kuliah di universitas negeri dan biaya kuliah di universitas swasta. Biaya kuliah di universitas negeri cenderung lebih murah daripada di universitas swasta. Pemerintah Prancis juga memberikan subsidi sebesar 2/3 dari total biaya pendidikan bagi mahasiswa internasional. Sehingga, mahasiswa internasional hanya perlu membayar 1/3 dari biaya studi yang sebenarnya.

Rata-rata biaya studi di Prancis adalah ⍷ 2.770 per tahun. Namun, beberapa universitas negeri di Prancis menawarkan biaya studi yang lebih murah lagi. Oleh karena itu, mahasiswa internasional dapat memilih universitas yang sesuai dengan anggaran mereka.

Daftar Beasiswa untuk Meringankan Biaya Studi

Meskipun biaya studi di Prancis mungkin terasa berat bagi beberapa orang, namun ada berbagai beasiswa yang ditawarkan oleh pihak kampus, pemerintah Indonesia, dan pemerintah Prancis yang dapat membantu meringankan biaya studi. Beasiswa-beasiswa tersebut antara lain:

Beasiswa dari Universitas

Setiap universitas di Prancis memiliki program beasiswa yang dapat diikuti oleh mahasiswanya. Rata-rata beasiswa tersebut berbentuk bantuan potongan biaya pendidikan. Namun, ada juga beberapa universitas yang menawarkan beasiswa yang fully-funded, sehingga mahasiswa tidak perlu membayar biaya studi sama sekali.

Eiffel Scholarship

Beasiswa ini khusus ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Prancis. Beasiswa ini mencakup biaya studi, biaya hidup, hingga perjalanan pulang pergi ke Prancis.

LPDP

LPDP adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia. Beasiswa ini mencakup biaya studi dan biaya pendukung lainnya. Terdapat 17 institusi pendidikan di Prancis yang masuk dalam daftar universitas yang mendapatkan dukungan beasiswa LPDP.

IFI Excellence

Beasiswa ini merupakan program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Prancis. Beasiswa ini tersedia untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S1, S2, atau S3 di Prancis. Beasiswa ini mencakup biaya studi, biaya hidup, pembuatan visa, perjalanan pulang pergi, dan juga asuransi.

BACA JUGA :  Cek Kuota Tri 3

Dengan adanya berbagai beasiswa ini, mahasiswa internasional memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan finansial yang signifikan dalam menempuh studi di Prancis.

Kesimpulan

Kuliah di Prancis merupakan pilihan yang menarik bagi para mahasiswa internasional. Prancis menawarkan kualitas pendidikan yang baik, infrastruktur yang bagus, peluang untuk belajar bahasa Prancis, warisan budaya yang kaya, subsidi dari pemerintah Prancis, prospek karir dan bisnis yang baik, serta menjadi gerbang menuju negara-negara Eropa lainnya. Meskipun biaya studi di Prancis mungkin terasa berat, namun ada berbagai beasiswa yang dapat membantu meringankan biaya studi. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, kuliah di Prancis dapat menjadi pengalaman yang berharga dan bermanfaat bagi mahasiswa internasional.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *