Cari Tahu Estimasi Biaya Hidup di Thailand dalam Sebulan di Sini

Biaya Makan dan Minum di Thailand

Thailand memang terkenal dengan kelezatan kuliner-kulinernya yang kaya akan rasa dan aroma. Biaya makan dan minum di Thailand dapat bervariasi tergantung dari lokasi tinggal atau tempat yang dikunjungi. Jika Anda memilih untuk makan di warung atau restoran lokal yang murah, Anda dapat menghabiskan sekitar 80 Baht untuk makanan. Namun, jika Anda lebih suka makan di restoran mewah atau tempat wisata populer, bujet makanan Anda di wilayah tersebut bisa mencapai 300-500 Baht.

Selain makanan berat, Thailand juga terkenal dengan street food-nya yang lezat. Harga makanan street food ini lebih terjangkau, biasanya sekitar 20-40 Baht per hidangan. Anda akan menemukan berbagai macam hidangan lokal yang lezat seperti pad thai, som tam, khao pad, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat mencoba berbagai hidangan laut segar seperti ikan bakar, kepiting saus padang, dan udang goreng.

Untuk minuman, air mineral botol kecil biasanya dijual seharga sekitar 10-20 Baht. Jika Anda ingin mencoba minuman khas Thailand seperti Thai tea atau Thai iced coffee, Anda dapat menemukannya di berbagai kedai minuman dengan harga sekitar 20-40 Baht. Jika Anda suka minuman alkohol, Thailand juga terkenal dengan birnya yang murah seperti Singha, Chang, dan Leo yang dijual dengan harga sekitar 50-80 Baht per botol.

Biaya Transportasi di Thailand

Transportasi di Thailand juga relatif terjangkau. Salah satu pilihan transportasi yang populer adalah tuk-tuk, kendaraan ikonik Thailand. Tarif tuk-tuk biasanya berkisar antara 30-100 Baht, tergantung jarak pengantaran dan hasil negosiasi dengan pengemudi. Jika Anda ingin merasakan sensasi naik tuk-tuk yang khas Thailand, pastikan untuk menawar harga sebelum naik.

BACA JUGA :  Tips Mudah Beli Kuota Indosat Murah

Selain tuk-tuk, Thailand juga memiliki sistem transportasi umum yang baik, seperti bus dan kereta api. Biaya tiket bus di Thailand berkisar antara 7-30 Baht, tergantung dari jarak yang ditempuh. Sementara itu, biaya tiket kereta api dapat mencapai 100-500 Baht, tergantung dari kelas dan jarak perjalanan. Jika Anda ingin lebih murah, Anda bisa berlangganan kartu bulanan dengan harga reguler 1.150 Baht. Kartu ini akan memberikan Anda akses tak terbatas ke semua jalur kereta api di Thailand.

Thailand juga menawarkan kesempatan menjelajahi pulau-pulau indah di Negara Gajah Putih ini menggunakan kapal ferry. Tarif kapal ferry ini bisa beragam, tergantung jarak dan tujuan. Umumnya, biaya tiket kapal ferry untuk perjalanan antar pulau berkisar antara 200-1,000 Baht. Anda dapat mengunjungi pulau-pulau terkenal seperti Phuket, Koh Phi Phi, Koh Samui, dan Koh Phangan.

Biaya Tempat Tinggal di Thailand

Jika Anda tinggal di kota-kota besar seperti Bangkok, Anda perlu mempersiapkan bujet sewa apartemen atau rumah yang cukup tinggi. Harga sewa apartemen satu kamar di Bangkok menurut Numbeo sekitar 24.700 Baht per bulan. Sedangkan harga sewa apartemen tiga kamar bisa mencapai 61.500 Baht. Namun, jika Anda memilih untuk tinggal di daerah pinggiran, Anda bisa menghemat bujet sewa apartemen hingga setengah harga. Bujet sewa apartemen 1-3 kamar di daerah pinggiran kurang lebih sekitar 10.000-30.000 Baht.

Selain sewa apartemen, Anda juga perlu memperhitungkan biaya utilitas seperti listrik dan air bulanan. Biaya listrik dan air bulanan biasanya sekitar 1.000-3.000 Baht, tergantung dari penggunaan dan lokasi tempat tinggal. Jika Anda ingin menggunakan layanan internet di apartemen Anda, biaya internet sekitar 500-1.000 Baht per bulan, tergantung dari kecepatan dan penyedia layanan. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya pulsa telepon, televisi berlangganan, dan biaya keanggotaan gym yang berkisar antara 200-2.000 Baht.

BACA JUGA :  BPJS Kesehatan Tidak Aktif, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Jika Anda hanya mengunjungi Thailand untuk liburan singkat dan berencana tinggal di hotel, biaya sewa per malamnya bisa berkisar antara 500-3.000 Baht, tergantung dari tipe dan lokasi hotel yang Anda pilih. Thailand menawarkan berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel bintang lima hingga guest house yang lebih terjangkau.

Rincian Biaya Hidup di Thailand dalam Sebulan

Berikut adalah estimasi rincian biaya hidup di Thailand dalam sebulan jika tinggal di kota besar seperti Bangkok:

– Bujet makanan dan minuman: sekitar 5.000-10.000 Baht
– Transportasi: sekitar 1.000-3.000 Baht
– Tempat tinggal: sekitar 10.000-60.000 Baht
– Biaya lain-lain: sekitar 2.000-5.000 Baht

Perkiraan total biaya hidup per bulan sekitar 22.000-80.000 Baht. Biaya hidup di Thailand dapat bervariasi tergantung dari gaya hidup, preferensi pribadi, dan lokasi tempat tinggal.

Tips Memilih Tempat Tinggal atau Apartemen di Thailand

Saat memilih tempat tinggal atau apartemen di Thailand, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

– Tentukan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti akses ke tempat kerja, transportasi umum, supermarket, dan fasilitas lainnya. Jika Anda bekerja di pusat kota, tinggal di daerah yang dekat dengan stasiun kereta api atau halte bus bisa menjadi pilihan yang tepat.
– Periksa fasilitas yang disediakan oleh apartemen, seperti keamanan 24 jam, parkir, kolam renang, dan pusat kebugaran. Pastikan fasilitas tersebut memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda.
– Bandingkan harga sewa apartemen di berbagai lokasi dan lakukan negosiasi harga jika memungkinkan. Anda juga dapat mencari informasi tentang pasar sewa di Thailand untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif.
– Periksa juga aturan dan kontrak sewa sebelum menandatanganinya. Pastikan Anda memahami ketentuan pembayaran, durasi sewa, dan peraturan lainnya. Jika Anda tidak yakin, mintalah bantuan dari agen properti atau pengacara yang berpengalaman dalam mengurus properti di Thailand.

BACA JUGA :  Cara Menggunakan Google Duo di PC Desktop

Dengan mempertimbangkan semua faktor di atas, Anda dapat memilih tempat tinggal atau apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Thailand menawarkan berbagai pilihan tempat tinggal mulai dari apartemen modern di pusat kota hingga rumah tradisional di pedesaan.

Dalam menghitung biaya hidup di Thailand, penting bagi Anda untuk merencanakan anggaran dengan baik. Pastikan Anda memiliki cadangan dana untuk keperluan bulanan seperti makanan, transportasi, dan utilitas. Dengan memperhitungkan semua biaya yang terkait dengan tinggal di Thailand, Anda dapat menikmati pengalaman tinggal di negara ini tanpa khawatir tentang keuangan Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *