Berapa Biaya Hidup di New Zealand untuk Mahasiswa dan Pekerja?

Pengeluaran Wajib Bulanan di New Zealand

Biaya hidup di New Zealand merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dengan serius bagi siapa pun yang ingin tinggal di negara ini. Terlebih lagi, New Zealand dikenal sebagai negara dengan biaya hidup yang tinggi. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas estimasi biaya hidup bulanan di New Zealand bagi mahasiswa asing atau pekerja.

Sebagai langkah pertama dalam merencanakan biaya hidup di New Zealand, adalah penting untuk memperhitungkan pengeluaran wajib bulanan. Pengeluaran wajib bulanan mencakup biaya-biaya seperti sewa tempat tinggal, listrik, air, transportasi, sampah, telepon, dan internet.

Rata-rata biaya listrik, pemanas, sampah, dan air yang perlu dikeluarkan setiap bulannya adalah sebesar NZD 223. Sementara itu, biaya untuk telepon dan internet berkisar antara NZD 60-80 per bulan.

Biaya transportasi tergantung pada kota tempat tinggal, jarak yang ditempuh, dan jenis kendaraan yang digunakan. Jika menggunakan transportasi umum, Anda perlu mempersiapkan bujet untuk tiket bulanan dengan nominal antara NZD 183. Sedangkan harga tiket untuk sekali jalan sekitar NZD 3,5.

Biaya Makanan di New Zealand

Setelah menghitung pengeluaran wajib bulanan, langkah selanjutnya adalah memperhitungkan biaya makanan. Biaya makanan di New Zealand dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan makan masing-masing individu. Berikut adalah perkiraan biaya makanan jika Anda memilih untuk makan di luar atau membeli bahan makanan di supermarket.

Biaya Makan di Luar

Makan di luar bisa menjadi pilihan ketika Anda malas memasak. Jika Anda ingin menghemat biaya makan di luar, Anda dapat memilih restoran dengan harga terjangkau, sekitar NZD 25 per orang. Namun, jika Anda tinggal di kota-kota besar seperti Auckland dan Wellington, biaya makan di luar bisa lebih tinggi lagi. Jika Anda memilih untuk makan di restoran menengah, Anda perlu menyediakan bujet sekitar NZD 120 untuk 2 orang. Sedangkan untuk makan di restoran cepat saji seperti McD, biaya makan bisa lebih murah sekitar NZD 15.

BACA JUGA :  4 Perbedaan Tabungan dan Deposito, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Harga Bahan Makanan di Supermarket

Jika Anda ingin menghemat biaya makan, membeli bahan makanan di supermarket dan memasak sendiri adalah solusinya. Berikut adalah perkiraan harga beberapa bahan makanan di supermarket di wilayah New Zealand:

– Susu (1 liter) NZD 3,07
– Sepotong roti putih (500g) NZD 3,14
– Beras (1 kg) NZD 3,20
– Telur biasa (12 butir) NZD 8,27
– Keju lokal (1 kg) NZD 14,46
– Ayam fillet (1 kg) NZD 14,93
– Air botol (1,5 liter) NZD 1,8

Dengan membeli bahan makanan di supermarket, Anda dapat menghemat biaya makanan bulanan Anda.

Biaya Akomodasi di New Zealand

Biaya akomodasi merupakan bagian penting dalam perencanaan biaya hidup di New Zealand. Ada dua pilihan yang dapat Anda pilih, yaitu tinggal tanpa menyewa apartemen (misalnya, tinggal di asrama atau homestay) atau menyewa apartemen sendiri.

Tanpa Sewa Apartemen

Jika Anda memilih untuk tinggal di asrama atau homestay, biaya bulanan yang harus Anda keluarkan untuk tempat tinggal berkisar antara NZD 800-1.500. Harga ini sudah termasuk sewa tempat tidur dan fasilitas umum. Di beberapa universitas, harga tersebut juga sudah termasuk makanan. Sebelum menyewa, disarankan untuk mengunjungi situs resmi universitas terlebih dahulu untuk melakukan survey harga dan fasilitas asrama yang ditawarkan.

Sewa Apartemen

Biaya sewa apartemen di New Zealand cukup bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan fasilitasnya. Secara umum, biaya sewa apartemen dengan 1-3 kamar tidur di kota-kota besar seperti Auckland atau Wellington berkisar antara NZD 1.800-3.000 per bulan. Jika Anda ingin harga sewa yang lebih terjangkau, apartemen di kota-kota yang lebih kecil bisa menjadi alternatif. Harga sewa yang ditawarkan mulai dari NZD 1.500-2.500 untuk apartemen dengan 1-3 kamar.

BACA JUGA :  Cara Import Barang Dari China Untuk Pemula

Rincian Biaya Hidup di New Zealand

Setelah memperhitungkan pengeluaran wajib bulanan, biaya makanan, dan biaya akomodasi, berikut adalah perkiraan rincian biaya hidup bulanan di New Zealand:

– Pengeluaran wajib bulanan: sekitar NZD 600-800
– Biaya makanan: sekitar NZD 200-300
– Biaya akomodasi tanpa sewa apartemen: sekitar NZD 800-1.500
– Biaya sewa apartemen: sekitar NZD 1.500-3.000

Perkiraan total biaya hidup di New Zealand tanpa sewa apartemen adalah sekitar NZD 1.650 per orang atau NZD 5.952 untuk satu keluarga beranggotakan 4 orang.

Selain biaya-biaya di atas, ada juga biaya tambahan yang perlu dipertimbangkan, seperti asuransi kesehatan, transportasi tambahan, dan hiburan atau rekreasi. Penting untuk merencanakan anggaran dan mengatur pengeluaran dengan bijak agar sesuai dengan pemasukan atau pendapatan. Rata-rata gaji bersih bulanan di New Zealand sendiri adalah sekitar NZD 4.722 setelah pajak.

Dengan merencanakan dan mengatur anggaran dengan bijak, Anda dapat hidup dengan nyaman di New Zealand tanpa harus khawatir tentang biaya hidup yang tinggi.

sobatcloud.com Globe merupakan fitur dari sobatcloud.com yang memudahkan transfer internasional dengan murah, cepat, dan aman. sobatcloud.com Globe telah memiliki lisensi dari Bank Indonesia sehingga Anda dapat melakukan transfer uang dengan aman dan tanpa biaya tersembunyi. Jika Anda berencana untuk transfer uang dari atau ke New Zealand, Anda dapat menggunakan sobatcloud.com Globe. Unduh aplikasi sobatcloud.com sekarang juga untuk menggunakan Fitur sobatcloud.com Globe dan melakukan transaksi transfer internasional dengan mudah.

Kesimpulan

Biaya hidup di New Zealand memang tinggi, namun dengan perencanaan dan pengaturan anggaran yang bijak, Anda dapat hidup dengan nyaman dan menyenangkan di negara ini. Pengeluaran wajib bulanan, biaya makanan, biaya akomodasi, dan biaya tambahan lainnya perlu dipertimbangkan secara seksama agar pengeluaran Anda sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki.

BACA JUGA :  P2P Lending Syariah, Solusi ketika Tak Mau Pinjam ke Bank

Selain itu, dengan menggunakan Fitur sobatcloud.com Globe, Anda dapat melakukan transfer uang internasional dengan mudah, cepat, dan aman. sobatcloud.com Globe telah memiliki lisensi dari Bank Indonesia dan tidak ada biaya tersembunyi. Jadi, jika Anda berencana untuk transfer uang dari atau ke New Zealand, jangan ragu untuk menggunakan sobatcloud.com Globe. Unduh aplikasi sobatcloud.com sekarang juga dan nikmati kemudahan melakukan transaksi transfer internasional.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *