Biaya Hidup di Malaysia Per Bulan dan Tips Jitu Menghemat Uang

Biaya Hidup di Malaysia

Tahukah kamu bahwa biaya hidup di Malaysia tergolong terjangkau? Tak heran apabila banyak mahasiswa maupun pekerja yang tertarik untuk menetap di Negeri Jiran. Selain murah, di Malaysia kamu bisa mengunjungi banyak tempat menarik dan mencicipi kuliner yang tak kalah lezat dengan Indonesia.

Mahalkah Hidup di Malaysia?

Sebenarnya, biaya hidup di Malaysia tidak semahal negara Amerika ataupun Eropa. Cukup dengan uang saku sebesar RM1.200 atau setara dengan Rp4 jutaan. Agar lebih jelas, berikut kisaran biaya hidup untuk mahasiswa, pekerja, dan keluarga di Malaysia.

Biaya Hidup di Malaysia Untuk Mahasiswa

Biaya hidup di Malaysia untuk mahasiswa yang tinggal sendiri di asrama atau apartemen memiliki perbedaan cukup banyak. Asrama menawarkan biaya sewa lebih murah, sedangkan apartemen lebih mahal. Namun, apartemen menyediakan ruang yang lebih bebas. Ketika orang tua atau saudara berkunjung, mereka bisa menginap di apartemen. Lain halnya apabila kamu tinggal di asrama. Meskipun demikian, ada baiknya untuk mempertimbangkan tempat tinggal. Kisaran sewa apartemen sekitar RM750 atau setara Rp2.5 juta per bulan. Asrama atau flat dibanderol dengan harga sewa sekitar RM600 atau setara Rp2 juta per bulan.

Biaya transportasi di Malaysia termasuk bersahabat. Kamu bisa menggunakan MRT, Bus Rapid KL, atau KL Monorail untuk menghemat uang. Apabila tempat tinggal berada dekat kampus, tentu hal ini sangat membantu kamu menekan pengeluaran bulanan.

Tak berbeda dengan Indonesia, harga makanan di Malaysia masih dalam batas wajar. Berbekal uang RM15 atau setara Rp50 ribu, kamu bisa makan selama satu hari penuh dengan lauk lengkap.

BACA JUGA :  Promo-Promo Menarik Harbolnas 10.10! Jangan Sampai Terlewat!

Biaya Hidup di Malaysia Untuk Pekerja

Biaya hidup di Malaysia untuk pekerja tak jauh berbeda dengan mahasiswa. Rata-rata biaya yang dibutuhkan berkisar RM1500 atau setara Rp5 juta. Tentunya, kamu harus menghemat pengeluaran dengan mengurangi belanja yang kurang begitu dibutuhkan. Kamu juga bisa berbagi kamar dengan teman sekantor untuk menghemat biaya sewa apartemen atau flat.

Alih-alih terus membeli makanan, lebih baik kamu memasak sendiri. Berbekal uang RM15 atau setara 50 ribu, kamu bisa memasak menu makan untuk dinikmati bersama teman sekamar sehari penuh.

Kalau lokasi tempat tinggal mengharuskan kamu menggunakan kendaraan umum, disarankan untuk membeli tiket bulanan. Dibandingkan tiket sekali jalan, tiket bulanan lebih hemat hingga 20%. Uang ini bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain.

Biaya Hidup di Malaysia Keluarga

Biaya hidup di Malaysia untuk keluarga umumnya berkisar RM2.000 atau setara Rp6.8 juta. Namun, perlu diingat bahwa pengeluaran tersebut bisa lebih tinggi apabila kamu telah memiliki anak. Untuk menekan biaya bulanan, disarankan menyewa hunian yang letaknya strategis. Selain hemat waktu perjalanan, biaya transportasi juga akan lebih murah.

Lantaran tinggal bersama keluarga, kebutuhan bulanan tentu akan berbeda dengan mahasiswa dan pekerja yang belum menikah. Meskipun demikian, kamu tetap bisa menikmati hiburan dengan makan di restoran, berjalan-jalan ke tempat wisata, atau menginap di hotel bintang bersama pasangan. Hal ini bisa diwujudkan apabila kamu pandai mengelola keuangan secara cermat.

Tips Menghemat Uang di Malaysia

Untuk mendapatkan biaya hidup di Malaysia paling murah, berikut tips yang dapat kamu aplikasikan.

1. Buat rencana anggaran dan skala prioritas dalam periode satu bulan. Sesuaikan rencana anggaran tersebut dengan uang yang kamu miliki.

BACA JUGA :  Cara Menghubungi Call Center PDAM 24 Jam

2. Pastikan untuk menyisihkan dana darurat setiap untuk mengantisipasi keadaan mendesak.

3. Belanja barang yang benar-benar kamu butuhkan, bukan hanya keinginanmu saja.

4. Rajin mencari informasi mengenai promo baik makanan, fesyen, buku, tempat wisata, hotel, atau hiburan lainnya.

5. Sisihkan uang dengan menabung kembalian belanja. Gunakan uang ini ketika diperlukan. Misalnya: untuk jalan-jalan, uang makan di akhir bulan, atau lainnya.

Demikianlah informasi mengenai biaya hidup di Malaysia untuk mahasiswa hingga keluarga. Gunakan informasi tersebut sebagai gambaran sebelum memutuskan menetap di Malaysia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *