Intip! Biaya Hidup di Korea untuk Mahasiswa

Kawasan dengan Biaya Hidup yang Sangat Tinggi di Korea Selatan

Biaya hidup di Korea Selatan memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan Indonesia. Terdapat beberapa kawasan di Korea Selatan yang terkenal dengan biaya hidup yang sangat tinggi. Salah satunya adalah Seoul, ibu kota Korea Selatan. Seoul merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di dunia dan menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, dan budaya di negara ini.

Seoul adalah kota yang modern dan memiliki infrastruktur yang sangat baik. Biaya hidup di Seoul sangat tinggi karena harga sewa tempat tinggal, transportasi, dan makanan yang mahal. Selain itu, harga barang-barang kebutuhan sehari-hari juga cenderung lebih tinggi di sini. Meskipun demikian, kehidupan di Seoul juga menawarkan banyak fasilitas dan hiburan yang berkualitas.

Selain Seoul, ada beberapa kota lain di Korea Selatan yang juga memiliki biaya hidup yang tinggi. Salah satunya adalah Incheon, kota pelabuhan yang terletak di sebelah barat Seoul. Incheon merupakan pusat perdagangan internasional dan menjadi gerbang utama bagi turis yang datang ke Korea Selatan. Biaya hidup di Incheon cukup tinggi karena harga sewa tempat tinggal dan makanan yang mahal.

Selain Seoul dan Incheon, ada juga Jeju Island yang terletak di selatan Korea Selatan. Jeju Island adalah pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, seperti pantai, gunung, dan taman nasional. Pulau ini menjadi tujuan wisata favorit baik bagi penduduk lokal maupun turis mancanegara. Biaya hidup di Jeju Island juga tinggi karena harga sewa tempat tinggal dan makanan yang mahal.

Kota lain yang memiliki biaya hidup yang tinggi di Korea Selatan adalah Busan. Busan terletak di sebelah tenggara Korea Selatan dan merupakan kota pelabuhan terbesar kedua setelah Incheon. Busan juga dikenal dengan pantainya yang indah dan festival-festival budaya yang menarik. Biaya hidup di Busan cukup tinggi karena harga sewa tempat tinggal dan makanan yang mahal.

BACA JUGA :  Jangan Salah! Begini Cara Mendaftarkan Akun PayPal

Perhitungan Biaya Hidup di Korea: Jenis-Jenis Pengeluaran

Untuk menghitung biaya hidup di Korea, kamu perlu memperhatikan jenis-jenis pengeluaran yang akan kamu hadapi selama berada di sana. Beberapa jenis pengeluaran yang perlu kamu pertimbangkan antara lain adalah sewa tempat tinggal, makanan, layanan kesehatan, transportasi, pakaian, hiburan, dan fasilitas pendukung.

1. Sewa Tempat Tinggal

Salah satu pengeluaran terbesar ketika kamu berkuliah di Korea adalah biaya sewa tempat tinggal. Ada beberapa pilihan tempat tinggal yang bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi keuanganmu. Pilihan tempat tinggal di Korea antara lain adalah gisuksa atau asrama kampus, goshiwon atau rumah kos, office-tel, dan hasukjib.

Gisuksa atau asrama kampus adalah pilihan yang umum bagi mahasiswa di Korea. Biaya sewa gisuksa berkisar antara 400 ribu hingga 1,5 juta KRW per semester (3 bulan). Kamu bisa memilih kamar dengan kapasitas 2 hingga 6 orang.

Goshiwon atau rumah kos adalah pilihan lain yang lebih terjangkau. Harga sewa goshiwon berkisar antara 150 ribu hingga 600 ribu KRW per bulan, tergantung fasilitas yang tersedia. Goshiwon memiliki ukuran ruangan yang lebih kecil dibandingkan gisuksa.

Office-tel adalah pilihan tempat tinggal yang lebih nyaman dan memiliki fasilitas yang lengkap. Biaya sewa office-tel berkisar antara 400 ribu hingga 1 juta KRW per bulan. Office-tel memiliki desain ruangan yang mirip dengan apartemen.

Hasukjib adalah pilihan tempat tinggal yang mirip dengan homestay. Kamu akan tinggal bersama dengan keluarga Korea serta mahasiswa lain. Biasanya, kamu akan memperoleh fasilitas makan dua kali sehari bersama dengan pemilik rumah. Biaya sewa hasukjib relatif terjangkau, sekitar 400 ribu KRW per bulan.

2. Makanan

Pengeluaran selanjutnya yang perlu kamu perhitungkan adalah biaya makanan. Beberapa tempat tinggal di Korea sudah menyediakan fasilitas makan, namun kamu juga bisa mencoba makan di luar. Harga makan di Korea cukup bervariasi tergantung jenis tempat makan yang kamu pilih.

BACA JUGA :  Ini 7 Jurusan di Universitas Columbia yang Patut Dipertimbangkan!

Jika kamu ingin mencoba makan di restoran, harga makanan di restoran biasanya berkisar antara 6 ribu hingga 12 ribu KRW per menu. Restoran-restoran di Korea menawarkan berbagai macam hidangan, mulai dari hidangan tradisional Korea hingga hidangan internasional.

Selain restoran, kamu juga bisa mencoba makan di warung-warung kecil di Korea. Warung-warung kecil ini menawarkan makanan yang lebih terjangkau namun tetap enak. Beberapa harga makanan di warung Korea antara lain nasi gulung atau kimbab seharga 2.000 hingga 4.000 KRW, bulgogi dengan nasi dan lauk pendamping seharga 5.000 hingga 7.000 KRW, mi dengan 2 lauk pendamping seharga 4.000 KRW, dan street food dengan harga rata-rata 3.000 KRW.

3. Layanan Kesehatan

Setiap mahasiswa internasional yang berkuliah di Korea Selatan wajib terdaftar dalam asuransi kesehatan. Biaya asuransi kesehatan yang perlu kamu bayarkan setiap bulannya berkisar antara 45 ribu hingga 50 ribu KRW. Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan finansial bagi kamu jika mengalami sakit atau kecelakaan selama berada di Korea.

4. Transportasi

Transportasi di Korea Selatan sangat baik dan nyaman. Ada beberapa pilihan transportasi umum yang bisa kamu manfaatkan selama berada di Korea, antara lain bus, subway, dan taksi.

Bus adalah salah satu pilihan transportasi umum yang paling umum digunakan di Korea. Ada beberapa jenis bus yang tersedia, seperti bus reguler, bus ekspres, dan village bus. Ongkos naik bus bervariasi tergantung jenis busnya, mulai dari 1.000 KRW hingga 2.400 KRW.

Subway atau kereta bawah tanah juga merupakan pilihan transportasi yang populer di Korea. Subway menggunakan petunjuk dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin, sehingga mudah digunakan oleh turis asing. Harga tiket subway sebesar 1.250 KRW.

Taksi adalah pilihan transportasi yang lebih praktis namun juga lebih mahal. Tarif awal taksi di Korea sebesar 3.000 KRW, dan biaya per kilometer tambahan tergantung jarak tempuh. Misalnya, untuk jarak tempuh sekitar 5 km, kamu akan dikenakan biaya sekitar 7.800 KRW.

BACA JUGA :  Daftar Kode DANA BCA dan Bank Lainnya

5. Pakaian

Selama berada di Korea, kamu juga perlu memperhitungkan pengeluaran untuk pembelian pakaian. Korea memiliki cuaca yang berbeda-beda setiap musimnya, sehingga kamu perlu mempersiapkan pakaian yang sesuai dengan musim. Biaya untuk pembelian pakaian di Korea berkisar antara 500 ribu KRW hingga 1,5 juta KRW, tergantung dari merek dan kualitas pakaian yang kamu pilih.

6. Hiburan

Selain belajar, tentu kamu juga ingin merasakan pengalaman hiburan di Korea. Ada banyak jenis hiburan yang bisa kamu nikmati di Korea dengan harga yang relatif terjangkau. Salah satu hiburan yang populer di Korea adalah menonton film di bioskop. Harga tiket bioskop di Korea mulai dari 4.000 KRW hingga 20.000 KRW, tergantung jenis film dan waktu tayangnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi GoTo Mall di Gangnam untuk berbelanja barang-barang murah. GoTo Mall adalah pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai macam barang dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pusat perbelanjaan lainnya.

7. Fasilitas Pendukung

Selama berada di Korea, kamu juga perlu memperhitungkan pengeluaran untuk fasilitas pendukung, seperti paket data dan akses internet. Kamu bisa mendapatkan paket data unlimited selama 30 hari dengan kuota SMS dan telepon. Biaya paket data ini berkisar antara 66 ribu KRW hingga 88 ribu KRW.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi sobatcloud.com untuk kebutuhan pengiriman uang ke luar negeri. sobatcloud.com menyediakan fasilitas sobatcloud.com Globe yang memungkinkan kamu menerima kiriman uang dari Indonesia dengan tarif yang terjangkau. Proses pengiriman uang menggunakan sobatcloud.com berlangsung cepat dan praktis, tanpa biaya tersembunyi.

Selain memperhitungkan pengeluaran di atas, kamu juga perlu terbiasa hidup hemat selama berada di Korea. Ada banyak cara untuk menghemat biaya hidup di Korea, seperti memilih tempat tinggal yang lebih terjangkau, memasak sendiri di rumah, menggunakan transportasi umum, dan memanfaatkan promo dan diskon yang ada.

Menghitung biaya hidup di Korea memang penting agar kamu bisa mempersiapkan keuanganmu dengan baik. Dengan memperhitungkan pengeluaran-pengeluaran di atas, kamu bisa mengatur keuanganmu dengan lebih baik dan memastikan bahwa kamu memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama berada di Korea.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *