Info Terkini Biaya Hidup di Inggris untuk Para Diaspora

Berapa Biaya Hidup di Inggris?

Inggris memang menjadi negara tujuan favorit sejumlah masyarakat Indonesia untuk kuliah maupun bekerja. Namun, perlu diketahui bahwa biaya hidup di Inggris sekarang tidaklah murah. Bahkan jauh sebelum krisis ekonomi melanda Inggris, biaya hidup sehari-hari di sana tetap tinggi.

Biaya hidup untuk pekerja

Biaya hidup di Inggris untuk pekerja tergantung kota yang kamu tempati. Jika kamu memilih London, jelas biaya hidupnya sangat fantastis. Bahkan untuk masyarakat menengah asli London pun masih terbilang mahal. Namun, jika kamu ingin tinggal di kota yang biayanya lebih murah, kamu bisa memilih kota-kota seperti Liverpool, Manchester, Cambridge, Leicester, Durham, dan masih banyak lagi.

Untuk sewa flat satu kamar di kota-kota selain London, harganya berkisar antara 550-750 GBP. Beberapa sudah termasuk tagihan utilitas seperti air, listrik, gas, TV licensing, dan internet, namun ada juga yang belum. Rata-rata tagihan utilitas per tahun adalah 669 GBP. Untuk bahan makanan, diperlukan sekitar 50-100 GBP per bulan, belum termasuk ongkos untuk makan di restoran. Sedangkan untuk transportasi, biayanya berkisar 10 GBP per hari, tergantung jenis transportasi yang dipilih.

Biaya hidup untuk mahasiswa

Biaya hidup di Inggris untuk mahasiswa bisa lebih murah asalkan tinggal di asrama kampus. Jika kamu kuliah dengan beasiswa, otomatis kamu juga tidak perlu pusing menanggung biaya kuliah. Namun, jika kamu harus menanggung biaya kuliah sendiri, biaya hidupnya tak jauh berbeda dari biaya untuk pekerja di Inggris. Namun, perlu diingat bahwa biaya hidup di London akan lebih tinggi daripada di kota-kota lainnya.

BACA JUGA :  Mau Memulai Deposito Syariah? Pelajari Lebih Lanjut di Sini!

Jika kamu kuliah di luar London, maka kamu perlu mengeluarkan dana sekitar 500-1.200 GBP hanya untuk sewa flat satu kamar. Belum termasuk biaya makanan, utilitas, transportasi, dan lain-lain yang bisa mencapai 1.500 GBP per bulan.

Biaya hidup untuk keluarga

Rata-rata biaya hidup di Inggris untuk keluarga yang terdiri dari empat orang (2 anak) adalah 2.300 GBP per bulan. Angka ini belum termasuk biaya sewa flat. Untuk flat tiga kamar di dekat pusat kota, harga sewanya bisa mencapai 1.250 GBP per bulan, sedangkan di luar pusat kota sekitar 1.000 GBP per bulan. Sementara itu, tagihan utilitasnya berkisar antara 1.100-1500 GBP per bulan.

Selain biaya hidup tersebut, masih ada biaya lainnya yang harus ditanggung, seperti biaya sekolah anak, asuransi kesehatan, rekreasi, dan lain-lain. Untuk bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut, butuh sekitar 980 GBP per minggu.

Tips Hidup Hemat di Inggris

Dengan biaya hidup yang tinggi di Inggris, penting bagi kita untuk bisa hidup hemat agar bisa bertahan di sana. Berikut ini beberapa tips hidup hemat di Inggris:

1. Usahakan memasak sendiri

Para diaspora di Inggris wajib memiliki kemampuan memasak. Menguasai basic cooking skills sudah lebih dari cukup untuk membantu menghemat pengeluaran bulanan. Pasalnya, perbandingan pengeluaran untuk makan di luar dengan memasak sendiri bisa mencapai 4:1. Dengan memasak sendiri, kamu tidak hanya bisa menghemat uang, tetapi juga bisa mengatur pola makan yang lebih sehat.

2. Belanja di supermarket murah

Untuk belanja bahan makanan, kamu bisa pergi ke supermarket yang murah, seperti Aldi atau Lidl. Selain itu, beli juga produk-produk dari supermarket itu sendiri. Sebab harganya cenderung lebih murah dibanding merek-merek ternama. Dengan membeli di supermarket murah, kamu bisa menghemat pengeluaran bulananmu.

BACA JUGA :  5 Pilihan Tempat Bayar Air Terdekat yang Bisa Kamu Kunjungi

3. Manfaatkan kartu diskon atau tiket langganan

Jika jarak tempat tinggalmu dengan tempat kerja atau kampus cukup jauh, pertimbangkan untuk membeli kartu langganan kereta atau bus. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat biaya pembelian tiket harian. Selain itu, cari tahu juga apakah ada tiket diskon untuk usia tertentu. Biasanya ada diskon untuk pelajar di bawah usia 26 tahun. Dengan memanfaatkan kartu diskon atau tiket langganan, kamu bisa menghemat pengeluaran transportasimu.

4. Hemat penggunaan air dan listrik

Menghemat penggunaan air dan listrik juga penting untuk hidup hemat di Inggris. Misalnya, jangan mandi menggunakan bak mandi, tetapi gunakan shower agar penggunaan air lebih efisien. Matikan keran saat menyikat gigi dan cuci piring. Untuk penggunaan listrik, coba gunakan lampu LED dan matikan lampu jika sudah tidak digunakan. Memang terdengar simpel, tetapi dapat membuat perbedaan besar dalam tagihan utilitas bulananmu.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat hidup hemat di Inggris dan menghemat pengeluaran bulananmu. Meskipun biaya hidup di Inggris tinggi, tetapi dengan pola hidup hemat, kamu pasti bisa bertahan di sana.

Kesimpulan

Biaya hidup di Inggris memang tinggi, terutama di kota-kota seperti London. Namun, dengan memilih kota-kota dengan biaya hidup yang lebih rendah dan menerapkan tips hidup hemat, kamu masih bisa bertahan di sana.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *