Biaya Hidup di Amerika dari Mahasiswa Hingga Keluarga Beserta Tipsnya

Kisaran Biaya Hidup di Amerika Serikat

Tak dapat dipungkiri bahwa biaya hidup di Amerika Serikat tergolong tinggi. Hal ini bisa dimengerti mengingat Amerika Serikat memiliki kondisi perekonomian yang lebih maju daripada Indonesia. Meskipun demikian, banyak orang yang tetap memiliki impian untuk menetap di Amerika Serikat, baik untuk melanjutkan pendidikan, bekerja, atau bahkan tinggal bersama keluarga. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menetap di Amerika Serikat, ada baiknya untuk mengetahui kisaran biaya hidup yang akan Anda hadapi.

Biaya Hidup di Amerika Serikat Untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat, biaya hidup menjadi salah satu pertimbangan penting. Biaya hidup untuk mahasiswa umumnya mencakup biaya tempat tinggal, makan, transportasi, dan uang saku. Untuk menghemat biaya, disarankan untuk memilih tinggal di sekitar area kampus. Menyewa kamar di asrama kampus biasanya lebih murah dibandingkan dengan menyewa apartemen di luar kampus. Harga sewa kamar di asrama berkisar antara Rp120 juta hingga Rp150 juta per tahun. Biaya sewa tersebut sudah termasuk perabotan dan peralatan standar. Jika Anda ingin lebih menghemat biaya, Anda juga bisa memilih untuk berbagi kamar dengan mahasiswa lain dengan harga sewa sekitar Rp34 juta hingga Rp41 juta per semester.

Selain itu, jika Anda tinggal di sekitar kampus, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi. Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda menuju kampus. Yang perlu Anda kelola adalah biaya konsumsi sehari-hari. Sebagai alternatif dari membeli makanan siap saji atau makan di restoran, disarankan untuk memasak sendiri makanan Anda.

BACA JUGA :  Cara Mengaktifkan Nomor XL yang Sudah Mati, Dijamin Berhasil!

Biaya Hidup di Amerika Serikat Untuk Pekerja

Bagi pekerja yang ingin menetap di Amerika Serikat, biaya hidup juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Biaya hidup untuk pekerja mencakup biaya tempat tinggal, transportasi, konsumsi, dan kebutuhan lainnya. Untuk menghemat biaya, disarankan untuk mencari tempat tinggal di sekitar tempat kerja atau yang mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum. Pilihlah tempat tinggal berupa apartemen tipe studio yang sudah dilengkapi dengan perabotan. Meskipun harga sewa apartemen tipe studio lebih mahal, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli perabotan sendiri. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot membawa banyak perabotan ketika pindah.

Rata-rata pekerja yang tinggal di Amerika Serikat akan mengeluarkan biaya sekitar Rp23 juta hingga Rp55 juta per bulan. Tentu saja, pengeluaran ini bisa ditekan dengan memangkas beberapa pos pengeluaran. Misalnya, Anda bisa mengurangi frekuensi makan di luar, menikmati hiburan hanya sekali dalam sebulan, dan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta untuk bepergian.

Biaya Hidup di Amerika Serikat Untuk Keluarga

Bagi mereka yang sudah memiliki keluarga, biaya hidup di Amerika Serikat bisa menjadi beban yang cukup besar. Terutama bagi mereka yang sudah memiliki anak, kebutuhan hidup yang harus dipenuhi menjadi semakin banyak. Namun, jika Anda dan pasangan Anda bekerja atau setidaknya memiliki penghasilan bulanan yang mencukupi, beban tersebut bisa terbantu.

Biaya hidup di Amerika Serikat untuk keluarga tidak hanya mencakup biaya tempat tinggal dan konsumsi, tetapi juga biaya transportasi, pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lain. Rata-rata orang yang sudah berkeluarga di Amerika Serikat akan menghabiskan uang di atas Rp25 juta per bulan. Semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, semakin besar pula pengeluaran bulanan yang harus Anda keluarkan.

BACA JUGA :  Ini Dia Daftar Harga Paket Axis Terlengkap

Untuk menghemat biaya hidup di Amerika Serikat, ada beberapa tips yang bisa Anda coba:

Tips Biaya Hidup di Amerika Serikat Paling Murah

1. Buatlah kartu membership di supermarket yang sering Anda kunjungi. Dengan memiliki kartu membership, Anda bisa mendapatkan diskon atau promosi spesial saat berbelanja.

2. Belanja pintar dengan membeli barang-barang di thrift store. Di thrift store, Anda bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang jauh lebih murah dari harga asli.

3. Gunakan kartu transportasi khusus untuk mahasiswa atau pekerja. Jika Anda masih mahasiswa, gunakan kartu khusus mahasiswa yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga transportasi yang lebih murah. Bagi pekerja, Anda bisa menggunakan metrocard bulanan yang bisa menghemat biaya transportasi.

4. Jika memungkinkan, coba cari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan bulanan. Di Amerika Serikat, Anda akan dibayar berdasarkan sistem hitungan per jam. Selain mendapatkan uang tambahan, bekerja sampingan juga bisa membantu Anda memperluas jaringan dan pengalaman kerja.

Demikianlah informasi mengenai kisaran biaya hidup di Amerika Serikat. Informasi ini bisa menjadi gambaran bagi Anda yang ingin menetap di Amerika Serikat. Penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk biaya hidup, sebelum Anda memutuskan untuk menetap di negara tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *