Bayar Tagihan PDAM Nggak Perlu Ribet, Pakai Ini Jadi Sat Set!

Sistem Pembayaran Tagihan PDAM

Di zaman serba digital dan praktis sekarang, bayar apa pun jadi lebih gampang dan cepat—termasuk tagihan PDAM. Sekarang kamu bisa bayar tagihan PDAM setiap bulan tanpa harus pergi ke kantor PDAM secara langsung—cukup dari hp, semua tanggungan bisa selesai dengan cepat. Kemudahan ini pun dimaksudkan untuk membantu kamu dan pelanggan PDAM lainnya sehingga dapat melunasi tagihan tepat waktu. Dengan begitu, kamu pun jadi aman dan dari denda karena terlambat bayar apalagi sampai menunggak dan berujung pada pemutusan sambungan.

Sistem Pembayaran PDAM Pascabayar

Ini adalah layanan PDAM yang ada sejak dulu dan masih digunakan oleh hampir seluruh PDAM di Indonesia hingga hari ini. Seperti namanya, cara bayar tagihan PDAM pascabayar adalah di akhir periode atau pada bulan berikutnya. Kamu dapat menggunakan air sepuasnya dan membayar total tagihannya belakangan tanpa harus takut kekurangan air karena “jatah” yang habis.
Itu artinya, kamu dapat menggunakan air dari PDAM pada bulan Januari 2023 tanpa harus membayar apa pun di awal. Nantinya, total tagihan pemakaian di bulan Januari 2023 harus kamu bayarkan pada bulan Februari 2023.

Sistem Pembayaran PDAM Prabayar

Sementara itu, sistem pra bayar PDAM berarti kamu membeli token untuk mendapat“jatah” alias “kuota” air terlebih dahulu—seperti listrik maupun pulsa. Misal, harga per m3 PDAM adalah Rp5.000,00. Jika kamu membeli token sebesar Rp50 ribu, maka besarnya kuota air yang kamu peroleh adalah 10m3. Lantas, bagaimana jika ternyata kurang dari satu bulan jatah air tersebut habis? Tak usah khawatir, kamu bisa kembali membeli token listrik dengan denom yang tersedia—persis seperti listrik dan pulsa prabayar.
Inovasi ini dilakukan menggunakan dukungan teknologi digital smart water meter. Hingga sekarang, masih sangat sedikit PDAM yang telah menerapkan layanan PDAM prabayar seperti di Pemalang. Namun, seiring dengan digitalisasi yang terus berkembang di berbagai sektor, inovasi ini diyakini bakal banyak diaplikasikan oleh berbagai PDAM lainnya.

BACA JUGA :  Mau Kuliah di Taiwan, Cek Syaratnya di Sini

Cara Melihat Penggunaan Air PDAM

Untuk memperoleh info tagihan PDAM yang harus dilunasi, kamu bisa melakukannya lewat beberapa cara berikut:

    1. Aplikasi PDAM setempat

 

    1. Situs web PDAM setempat

 

    1. E-commerce

 

    1. E-banking dan m-banking

 

    1. Aplikasi transaksi lainnya

 

Umumnya kamu melakukan beberapa cara cek pembayaran PDAM di atas sejak antara tanggal 1 sampai 5 setiap bulannya. Pasalnya, pada rentang tanggal itulah PDAM melakukan pembaharuan siklus pembayaran.
Sementara itu, kamu dapat melakukan pelunasan sejak tagihan muncul hingga tanggal 20 (beberapa PDAM memiliki kebijakan batas akhir pembayaran tanggal 25 setiap bulannya) sehingga masih ada waktu untuk mempersiapkan dana untuk dibayarkan.
Adapun besarnya biaya tagihan PDAM yang kamu bayarkan sudah terdiri dari beberapa komponen biaya, seperti besarnya tarif pemakaian air, biaya pemeliharaan, biaya admin, hingga biaya materai. Apabila kamu ada keterlambatan pembayaran, maka besarnya tagihan terbaru juga sudah mencakup denda yang harus kamu lunasi.

Cara Bayar Tagihan PDAM

Digitalisasi juga hadir di beberapa bagian layanan PDAM pascabayar, seperti dalam hal pembayaran. Kini kamu bisa menemukan sangat banyak cara bayar PDAM online yang memungkinkanmu melunasi tagihan dari mana saja dan kapan saja.
Selengkapnya, berikut adalah beberapa cara bayar tagihan PDAM secara online yang bisa kamu pilih.

M-Banking

M-banking adalah layanan perbankan yang bisa kamu askes dari hp. Biasanya masing-masing PDAM di tiap daerah bekerja sama dengan bank tertentu untuk melayani pelanggan mereka. Kebanyakan PDAM telah bekerja sama dengan bank HIMBARA dan bank daerah setempat, tetapi tidak menutup kemungkinan PDAM juga bekerja sama dengan beberapa bank swasta lainnya.
Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk untuk bayar tagihan PDAM online di m-banking.

    1. Buka aplikasi m-banking di hp.
BACA JUGA :  Hati-hati Modus Penipuan Mengatasnamakan Flip

 

    1. Masukkan username m-banking.

 

    1. Pilih menu Tagihan atau Pembayaran (atau sejenisnya).

 

    1. Pilih PDAM.

 

    1. Pilih wilayah PDAM yang kamu gunakan.

 

    1. Pilih nama PDAM yang kamu gunakan.

 

    1. Masukkan nomor identitas pelanggan PDAM.

 

    1. Cek kembali detail informasi (nama pelanggan dan jumlah yang akan dibayar).

 

    1. Lanjutkan pembayaran dengan memasukkan password transaksi.

 

    1. Selesai, sistem bank otomatis akan memotong saldo di rekening tabunganmu.

 

sobatcloud.com

Sekarang, kamu juga sudah bisa lho, bayar tagihan PDAM di sobatcloud.com. Aplikasi transfer dan transaksi keuangan ini menghadirkan fitur pembayaran PDAM sehingga kamu bisa membayar tagihan dengan lebih nyaman dan biaya lebih terjangkau.
Caranya pun tak kalah praktis seperti berikut ini.

    1. Buka aplikasi sobatcloud.com.

 

    1. Pilih menu PDAM di homepage.

 

    1. Pilih wilayah PDAM.

 

    1. Pilih nama PDAM.

 

    1. Masukkan nomor pelanggan PDAM.

 

    1. Cek detail data yang muncul: nama pelanggan dan besarnya tagihan berjalan.

 

    1. Jika sudah sesuai, lanjutkan pembayaran menggunakan metode transfer bank sesuai bank yang kamu gunakan.

 

    1. Transfer nominal yang diminta ke rekening sobatcloud.com yang tertera.

 

    1. Jika sudah transfer, klik tombol Saya Sudah Bayar pada aplikasi sobatcloud.com.

 

    1. Selesai, sistem akan melakukan verifikasi dan menyelesaikan pembayaranmu.

 

Eits, selain bayar tagihan PDAM, kamu juga bisa melakukan berbagai pembayaran tagihan dan pembelian berbagai produk digital seperti token listrik, paket data, dan pulsa di aplikasi sobatcloud.com, lho! Praktis dan set, kan?
Makanya, ayo download aplikasi sobatcloud.com sekarang di App Store atau Play Store dan rasakan mudah serta hematnya transaksi apa pun bersama sobatcloud.com!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *