45+ Percakapan Bahasa Korea Sehari-hari yang Perlu Sobat Zenius Pahami!

Annyeonghaseyo Chingudeul! Sebagai pencinta Korea, sudah pasti pembaca sobatcloud.com punya keinginan untuk memahami percakapan bahasa Korea sehari-hari dan artinya, kan? Nah, pas banget, nih, dalam artikel ini gue akan merangkumnya lengkap buat elo semua!

Saat pembaca sobatcloud.com melihat drama Korea, di dalam hati pasti terbersit hal seperti ini.

“Pengin banget, deh, bisa ngomong bahasa Korea sehari-hari. Kayaknya seru aja, gitu.”

Alhasil, elo mencoba untuk belajar percakapan bahasa Korea dan ingin mempraktikkannya kepada teman elo.

Nah, belajar bahasa Korea saat ini udah banyak banget, nih, aksesnya, nggak terkecuali lewat sobatcloud.com! Di sobatcloud.com, elo bakal belajar komplet banget mengenai bahasa Korea, termasuk belajar cara baca Hangul!

Dalam artikel ini, gue mau membagikan contoh percakapan bahasa Korea sehari-hari, mulai dari kata sapaan, menyatakan persetujuan, minta tolong, hingga ucapan terima kasih.

Penasaran seperti apa? Pantengin terus artikelnya, ya!

Percakapan Dasar Bahasa Korea Sehari-hari

Annyeong haseyo mungkin jadi kosakata yang sering pembaca sobatcloud.com dengar, apalagi kalau sering lihat drama Korea. 

Akan tetapi, selain kata annyeong haseyo yang berarti halo, ada beberapa percakapan dasar bahasa Korea yang perlu elo pahami supaya bisa berdialog dengan baik dan lancar.

Huruf Hangul
Bahasa Korea
Bahasa Indonesia
주세요
Juseyo 
Minta tolong
감사합니다
Gamsahamnida
Terima kasih
천만에요
Cheonmaneyo
Sama-sama
미안해요
Mianhaeyo
Minta maaf
몰라요
Mollayo
Saya tidak tahu
이름이 뭐예요?
Ireum-i mwoyeyo?
Siapa namamu?
몇 살이에요?
Myeot sarieyo?
Berapa umurmu?
어디에서 왔어요?
Eodieseo wasseoyo?
Dari mana asalmu?
이게 뭐예요?
Ige mwoyeyo?
Apa ini?
직업이 뭐에요?
Jigeobi mweoeyo?
Apa pekerjaanmu?
어디에서 일합니까?
Eodieseo ilhamnikka?
Di mana kamu bekerja?

Sapaan Bahasa Korea

Supaya pembaca sobatcloud.com percaya diri saat pergi ke Korea dan bertemu orang-orang native di sana, elo perlu belajar, nih, kalimat sapaan dalam bahasa Korea sehari-hari. 

BACA JUGA :  Cara Menghitung Integral Luas – Aplikasi Integral

Kalimat di bawah ini penting untuk dipahami ketika elo lagi mengucapkan selamat pagi, menanyakan kabar, atau mengucapkan selamat tinggal.

Huruf Hangul
Bahasa Korea
Bahasa Indonesia
안녕
Annyeong 
Hai
좋은아침이에요
Joeun achimieyo
Selamat pagi
잠시만요
Jamsimanyo
Permisi (Diucapkan saat sedang melewati orang)
어떻게 지내세요
Eotteohge jinaeseyo
Bagaimana kabarmu?
오랜만이에요
Oraenmanieyo 
Lama tidak berjumpa
안녕히 가세요
Annyeonghi gaseyo
Selamat tinggal (Diucapkan kepada orang yang pergi)
안녕히 계세요
Annyeonghi gyeseyo
Selamat tinggal (Diucapkan ketika elo yang mau pergi)
잘가요
Jalgayo
Jaga diri
반갑습니다
Bangapseubnida 
Senang bertemu denganmu
belajar bahasa korea zenius

Percakapan Bahasa Korea dengan Teman

Rasanya pasti seru sekali jika mempraktikkan bahasa Korea dengan teman. Nah, dalam pembahasan kali ini, gue mau berbagi beberapa kalimat yang bisa elo pakai saat berbicara dengan teman dalam bahasa Korea.

Huruf Hangul
Bahasa Korea
Bahasa Indonesia
밥 먹었어요?
Bab meogeosseoyo?
Sudah makan?
축하해요!
Chukahaeyo! 
Selamat!
안전하게 집에 가다
Anjeonhage jib-e gada
Hati-hati sampai rumah
문제 없어요
Munje eopseoyo
Tidak masalah
잘 먹겠습니다 
Jal meokgetseumnida
Selamat makan
화이팅
Hwaiting 
Semoga sukses
o걱정 하지마
Geokjeong hajimasey
Tidak usah khawatir
좋은 하루 보내세요
Joheun haru bonaeseyo
Semoga harimu menyenangkan
지금 뭐 해?
Jigeum mwo hae?
Apa yang sedang kamu lakukan?
어디 가세요?
Eodi gaseyo?
Ke mana kamu pergi?
바쁘세요? 
Bappeuseyo?  
Kamu lagi sibuk?
도와줘
Dowajwo 
Bantu aku

Percakapan Bahasa Korea untuk Menanyakan Arah Jalan dan Tempat

bahasa korea sehari-hari
Ilustrasi orang sedang bertanya tempat (Dok. sobatcloud.com)

Supaya mahir dalam menguasai percakapan bahasa Korea sehari-hari, pembaca sobatcloud.com juga perlu mempelajari percakapan yang berkaitan dengan bertanya mengenai tujuan tempat.

Hal ini tentu penting ketika elo sedang pergi ke supermarket, restoran, coffee shop atau toilet dan bertanya kepada warga setempat tentang arah petunjuk.

BACA JUGA :  5 Ciri Khas dari Mereka yang Tembus SBMPTN
Huruf Hangul
Bahasa Korea
Bahasa Indonesia
화장실 어디예요
Hwajangsiri eodijyo 
Di mana kamar mandi?
버스 정류장이 어디에 있는가
Beoseu jeongryujangeun eodiipnikka
Di mana halte bus?
제일 가까운 지하철역 어디 있어요?
Jeil gaggaoon jihachulyuk uhdi issuhyo?
Di mana stasiun kereta bawah tanah terdekat?
제일 가까운 병원 어디 있어요?
Jeil gaggaoon byungwon uhdi issuhyo?
Di mana rumah sakit terdekat?
제일 가까운 시장 어디 있어요?
Jeil gaggaoon shijang uhdi issuhyo?
Di mana pasar terdekat?
와이파이 있어요?
Waipai isseoyo?
Ada Wi-Fi di sini?
여기에서 얼마나 걸리는지 아세요?
Yeogieseo eolmana geollineunji aseyo?
Apakah tempatnya jauh dari sini?
지도로 보여 주시겠어요?
Jidoro boyeo jusigesseoyo?
Bisa tunjukkan peta kepadaku?

Percakapan Bahasa Korea untuk Menanggapi Sesuatu

Menanggapi sesuatu saat sedang ditanya pendapat atau kabar juga perlu pembaca sobatcloud.com pahami. Misalnya, saat ditanya persetujuan, elo bisa menjawab ya/tidak. Selain itu, saat ditanya kabar elo juga bisa menjawab baik/buruk. 

Huruf Hangul
Bahasa Korea
Bahasa Indonesia
Ne 
Iya
아니요
Aniyo 
Tidak
괜찮아요
Gwaen chan a-yo
Oke
아마도
Amado
Mungkin
좋아요
Johayo
Bagus
안좋아요
Anjohayo 
Buruk
대박
Daebak 
Luar biasa
건배 
Geonbae 
Cheers!

Demikian percakapan bahasa Korea sehari-hari dan artinya yang bisa pembaca sobatcloud.com terapkan untuk melatih diri. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *