Bagaimana Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus?

Ada beberapa cara menghitung umur di Excel yang dapat diterapkan dengan mudah. Namun untuk dapat memahaminya dengan baik, Anda perlu memahami cara atau rumus yang dapat digunakan.

Sehingga diperoleh hasil yang tepat dan akurat. Karena perhitungan angka dengan menggunakan Excel sudah disusun berdasarkan teknologi yang canggih.

Jika kita berpikir untuk mengetahui umur, caranya adalah dengan mengurangi tanggal sekarang dan tanggal lahir, maka kemungkinan hasil yang diperoleh kurang tepat atau akurat.

Bahkan bisa jadi tidak sesuai harapan Anda.

Hal ini dikarenakan Microsoft Excel memiliki seri tertentu untuk menuliskan sebuah tanggal. Misalnya tanggal 16 Desember 2020, maka angka serinya adalah 44181.

Untuk menghitung umur di Excel bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Mulai dari cara menggunakan matematika secara umum, menggunakan fungsi YEARFRAC maupun DATEDIF.

Kita dapat memilih sintaks sesuai kebutuhan atau yang dipandang lebih mudah. Hal tersebut sah-sah saja dilakukan.

Dikarenakan meskipun ada beragam cara untuk mengetahui umur seseorang, hasil yang didapatkan juga kurang lebih sama akurat.

Sehingga tidak perlu khawatir ada kesalahan perhitungan karena sistem yang ada sudah sangat canggih sehingga justru memudahkan untuk menerapkan cara menghitung umur di Excel.

Mengenal Rumus Cara Menghitung Umur di Excel

Untuk mengetahui dan menerapkan cara menghitung umur di Excel dengan rumus sangat mudah. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan.

Mengenal Rumus Cara Menghitung Umur di Excel

  • Menghitung Umur Menggunakan Matematika Sederhana

Untuk menghitung rata-rata dengan rumus excel sederhana adalah dengan TODAY. Artinya membagi selisih tanggal hari ini dengan tanggal lahir dengan angka 365.

BACA JUGA :  Cara Live Streaming Di Twitch Dari PS4/Xbox One/PC

Hal ini dikarenakan jumlah tahun kabisat adalah 365 hari. Meskipun pada kenyataannya tahun kabisat yang muncul setiap empat tahun sekali memiliki jumlah hari genap, yakni 366.

Untuk menggunakan cara sederhana hitung umur, bisa dilakukan dengan fungsi TODAY. Bentuk formatnya adalah seperti ini =(TODAY()-TglLahir)/365. Sebelum memasukkan setiap fungsi harus didahului oleh lambang atau tanda sama dengan (=) agar sintaks dapat berjalan dengan baik.

Misalnya pada contoh perhitungan usia dari beberapa anak misalnya Eva, Ummu, Mita dan Rifna. Setelah memasukkan tanggal lahir dari masing-masing Anak, rumus TODAY dapat digunakan.

TODAY ini adalah salah satu rumus dan cara menghitung umur di Excel dengan mudah dan cepat tanpa melakukan perhitungan rumit.

Yakni misalnya ingin mengetahui umur seorang anak bernama Eva, maka yang dapat digunakan adalah =(TODAY()-B4)/365. Cell B4 adalah kolom tanggal lahir Eva, yakni 23 Maret 1996.

Untuk menggunakan cara sederhana hitung umur, bisa dilakukan dengan fungsi TODAY.

Setelah menggunakan sintaks tersebut, maka selanjutnya adalah mendapatkan hasil yang diinginkan.

Namun secara umum jika menggunakan rumus TODAY akan menghasilkan sebuah angka desimal yang sangat banyak.

Untuk membulatkan atau mengurangi jumlah angka desimal tersebut bisa menggunakan fitur Decrease Decimal yang ada di menu Home kemudian pilih Number.

Secara otomatis angka desimal yang sangat banyak tersebut akan berkurang.

Sehingga angka menjadi bulat dan lebih mudah untuk menafsirkan umur seseorang.

  • Menghitung Umur Menggunakan Rumus INT

Secara umum fungsinya sama dengan TODAY. Anda hanya perlu memasukkan kata INT sebelum TODAY.

Sehingga format rumus yang dihasilkan menjadi seperti ini =INT((TODAY()- TglLahir)/365).

Untuk kasus umur Eva misalnya, cara yang dilakukan adalah memasukkan rumus =INT((TODAY()-B4)/365.

Dan secara otomatis hasil umur yang diperoleh menjadi bulat, tanpa ada angka desimal di belakangnya. Yakni 24 tahun.

BACA JUGA :  Apache HTTP ke HTTPS htaccess redirect pada CWP – Centos WebPanel

Contoh Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus INT Plus Tahun dan YEARFRAC

  • Menghitung Umur Menggunakan Rumus INT Plus Tahun

Secara umum cara menggunakan rumus ini sama dengan TODAY.

Hanya nanti pada hasil akhirnya terdapat tahun yang menunjukkan umur seseorang tersebut.

Format penulisannya adalah =INT((TODAY()- TglLahir)/365)&”Tahun”. Untuk memasukkan kriteria Tahun harus dilengkapi dengan tanda petik dua.

Sehingga kolom menjadi lebih lengkap untuk menggambarkan tahun dari usia seseorang.

Caranya pun juga sangat mudah sehingga dapat Anda pilih.

  • Menghitung Umur Menggunakan Rumus YEARFRAC

Cara menghitung umur selanjutnya adalah dengan rumus YEARFRAC. Fungsi rumus YEARFRAC ini dapat menghasilkan bilangan atau angka desimal.

Bentuk format umumnya adalah =YEARFRAC(TglLahir;TglSekarang;1).

Rumus tersebut memasukkan tanggal lahir dan tanggal sekarang atau format TODAY.

Seperti pada rumus umum, tangga sama dengan (=) menjadi hal yang wajib agar rumus dapat berjalan deham baik. Rumus tersebut sangat mudah diterapkan.

Namun untuk hasil dari penggunaan rumus YEARFRAC masih terdapat beberapa angka desimal di belakang koma dengan jumlah yang banyak.

Anda hanya perlu mengurangi angka di belakang koma dengan rumus Decrease Decimal sehingga hasil umur akan sesuai dengan harapan Anda.

Rumus-rumus Excel tersebut hadir untuk mengetahui cara mencari umur seseorang secara otomatis.

Sehingga Anda tidak perlu menghitung manual dengan menggunakan kalkulator karena bisa jadi hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan atau kurang akurat.

sehingga kehadiran rumus Excel untuk menghitung umur sangat berguna.

Untuk menghitung umur seseorang menggunakan rumus Excel sangat beragam. Mulai dari menggunakan matematika sederhana hingga fungsi YEARFRAC. Anda dapat memiliki cara menghitung umur di Excel sesuai kebutuhan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *