Contoh Aturan Belajar saat di Rumah

Sebagai orang tua, ZenParents tentu berharap bahwa anak Anda memiliki prestasi yang cemerlang di sekolah, bukan?

Terlebih, saat ini ZenKids dituntut untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk bersaing di dunia yang terus berubah.

Oleh karena itu, ZenParents perlu mendorong anak untuk belajar tidak hanya di sekolah, tapi juga di rumah.

Menerapkan disiplin melalui berbagai aturan saat belajar di rumah akan membantu ZenKids untuk lebih sukses dalam studinya. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan Eka Selvi Handayani dan Hani Subakti melalui Jurnal Basicedu, disiplin merupakan salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar anak.

Akan tetapi, hasil belajar anak bukanlah satu-satunya manfaat menerapkan aturan. 

Mengapa Aturan Belajar di Rumah Perlu Diterapkan?

Aturan belajar di rumah bermanfaat agar anak belajar disiplin.
Aturan belajar di rumah perlu diterapkan agar anak belajar disiplin. (dok. Freepik)

Seperti yang sudah sobatcloud.com jelaskan di atas, ZenKids saat ini dituntut untuk memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat untuk menghadapi persaingan dan perubahan dunia.

Pengetahuan dan keterampilan tersebut–menurut Health US News–dapat dipelajari anak melalui memahami dan menerapkan berbagai aturan yang ada di lingkungannya, termasuk di rumah.

Menerapkan berbagai aturan di rumah disebut akan membantu anak untuk belajar disiplin. ZenKids akan memahami berbagai batasan yang ada di lingkungannya, seperti perilaku apa yang boleh dilakukannya dan apa yang tidak boleh ia lakukan di tempat-tempat tertentu.

Tidak hanya itu, aturan yang diterapkan di rumah juga akan membantu ZenKids memahami berbagai batasan yang ada di lingkungannya. Penerapan aturan di rumah ini nantinya akan memengaruhi pola pikir dan kemampuan problem solving mereka di masa depan.

BACA JUGA :  Infografis: Fakta Anime Menarik, Budaya Populer di Jepang

Nah, penting sekali bukan menerapkan aturan di rumah? ZenParents bisa mulai menerapkan berbagai aturan di rumah seperti aturan saat makan, aturan saat bermain, hingga aturan belajar di rumah.

Aturan Belajar di Rumah

ZenParents bisa melakukan berbagai cara untuk menerapkan aturan belajar di rumah.
Ada berbagai cara yang bisa ZenParents lakukan untuk menerapkan aturan belajar di rumah. (dok. Freepik)

Jika ZenParents ingin menerapkan aturan belajar di rumah, ada beberapa hal yang perlu ZenParents perhatikan agar anak merasa nyaman belajar di rumah.

ZenParents harus mempertimbangkan beberapa hal seperti usia anak, aktivitas anak sehari-hari, hingga waktu, kondisi, dan lingkungan seperti apa yang membuat anak nyaman belajar.

Setelah mempertimbangkan hal-hal tersebut, ZenParents bisa membuat aturan belajar di rumah seperti berikut.

1. Tetapkan Jadwal Belajar

Aturan belajar di rumah pertama yang perlu ZenParents terapkan adalah membuat jadwal belajar yang efektif.

Untuk membuat jadwal belajar yang efektif ini, dilansir dari Scholastic, dianjurkan bagi ZenParents untuk memahami seperti apa kegiatan anak di sekolah.

Sebisa mungkin, hindari membuat jadwal belajar anak tepat setelah mereka pulang sekolah. Ini hanya akan membuat anak merasa malas belajar karena sudah lelah belajar di sekolah sebelumnya.

Setidaknya, berikan mereka waktu untuk beristirahat sejenak sebelum mulai belajar kembali di rumah.

2. Sesuaikan Durasi Belajar dengan Kemampuan Anak 

Di Indonesia, anak usia SD rata-rata belajar selama delapan jam per hari di sekolah. Artinya, ZenKids saat ini telah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar.

Oleh karena itu, durasi belajar anak di rumah sebaiknya tidak perlu terlalu lama.

Dilansir dari Verywell Family, Psikolog Harris Cooper dari Duke University mengatakan bahwa total durasi anak belajar di rumah yang ideal adalah sekitar sepuluh menit per tingkatan kelas.

Tingkat Kelas
Total Durasi Belajar
1 SD
10 menit
2 SD
20 menit
3 SD
30 menit
4 SD
40 menit
5 SD
50 menit
6 SD
60 menit

Tentu saja, ZenParents bisa menyesuaikan durasi belajar ini dengan mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhan anak. Misalnya, ZenParents dapat mengatur waktu istirahat selama lima menit di sela-sela waktu belajar. Atau, ZenParents juga bisa membagi durasi belajar tersebut dengan membuat jadwal belajar anak di siang dan malam hari.

BACA JUGA :  Etnosentrisme – Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contohnya

3. Batasi Durasi Anak Menggunakan Gadget

Kemudian, ZenParents dapat membuat aturan belajar di rumah yang membatasi penggunaan gadget anak (screen time).

Berdasarkan rekomendasi WHO, durasi anak usia lima tahun ke atas menggunakan gadget sebaiknya maksimal hanya dua jam per hari. 

Rekomendasi ini dikeluarkan WHO agar anak tidak mengalami gangguan kesehatan akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Kualitas tidur yang rendah dan kurang konsentrasi hanyalah beberapa efek samping dari waktu layar yang berlebihan pada anak-anak.

Untuk itu, ZenParents bisa membatasi screen time anak dengan mengajak ZenKids menggunakan gadget hanya untuk keperluan belajar. Misalnya, untuk mengakses materi-materi belajar yang tersedia di aplikasi sobatcloud.comLand.

Tentu saja, ZenParents harus tetap mendampingi ZenKids ketika menggunakan gadget, ya!

Belajar Rasa Main ZeniusLand

4. Pastikan Sesi Belajar Anak Tidak Terganggu

Agar dapat belajar dengan efektif, ZenKids tentu membutuhkan lingkungan dan suasana yang mendukungnya untuk fokus belajar.

Artinya, seminimal mungkin tidak ada gangguan saat anak Anda belajar di rumah, baik itu televisi, gadget, ataupun suara musik yang terlalu keras.

ZenParents dapat membuat aturan belajar di rumah yang mengharuskan anak untuk tidak menyalakan televisi atau gadgetnya saat belajar. 

Tentu saja, ZenParents bisa membuat beberapa pengecualian. Misalnya, ZenParents bisa mengizinkan anak untuk menggunakan gadget ketika dibutuhkan untuk belajar. Atau, ZenParents dapat membolehkan anak untuk mendengarkan musik jika itu dapat membantunya berkonsentrasi belajar.

Aturan belajar di rumah ini dapat ZenParents sesuaikan dengan kebutuhan belajar anak.

5. Dampingi Anak Belajar

Sebagai orang tua, tanggung jawab ZenParents tidak hanya memastikan anak belajar di rumah saja, lho.

ZenParents juga perlu memperhatikan bagaimana anak belajar di rumah. Untuk itu, ZenParents perlu mendampingi anak di setiap jadwal belajar mereka.

ZenParents harus memastikan anak belajar sesuai dengan porsinya. Tidak hanya itu, ZenParents juga perlu memastikan bahwa anak sudah mengerjakan tugas sekolahnya dengan benar dan tepat waktu.

BACA JUGA :  Gimana Caranya Berpikir untuk Menghasilkan Inovasi?

Tips Menerapkan Aturan Belajar di Rumah

Aturan belajar di rumah perlu diterapkan secara konsisten agar anak dapat belajar disiplin.
Agar anak disiplin, terapkan aturan belajar di rumah dengan konsisten. (dok. Freepik)

Menerapkan aturan belajar di rumah sepertinya terdengar mudah ya, ZenParents? Eits, belum tentu. Jika tidak diterapkan dengan benar, aturan yang sudah ZenParents buat bisa jadi malah diabaikan oleh anak.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk memastikan aturan tersebut diterapkan dengan benar?

1. Komunikasikan Aturan dengan Anak

Saat ZenParents membuat aturan belajar di rumah untuk anak, ajaklah ZenKids untuk ikut terlibat membuat aturan-aturan tersebut.

Pastikan mereka paham mengapa aturan ini dibuat dan apa saja konsekuensinya jika mereka melanggar aturan tersebut.

Kalau perlu, ajak ZenKids untuk menuliskan aturan-aturan tersebut dan tempelkan di tempat yang dapat mereka lihat dengan jelas.

2. Terapkan Aturan Secara Konsisten

Aturan belajar di rumah baru dapat berjalan dengan efektif apabila aturan tersebut diterapkan secara konsisten. ZenKids dapat belajar mengenai disiplin dengan efektif jika ZenParents dan ZenKids sama-sama konsisten dalam menerapkan aturan yang ada.

Oleh karena itu, ZenParents harus terus menerapkan aturan yang sudah disepakati. Serta, konsisten pada konsekuensi yang telah ditetapkan ketika ada aturan yang dilanggar.

3. Dukung Anak untuk Mengikuti Aturan

Terakhir, aturan belajar di rumah tidak akan berjalan dengan efektif jika ZenParents tidak memberikan dukungan kepada anak saat mereka mengikuti aturan tersebut.

Pujilah ZenKids ketika mereka mengikuti aturan belajar yang sudah mereka sepakati, terutama ketika mereka melakukan apa yang diharapkan dari mereka tanpa peringatan dari Anda.

Ketika ada aturan yang dilanggar, beri penjelasan kepada ZenKids bahwa yang salah bukanlah anak Anda, melainkan tindakan yang mereka lakukan.

Segera tindak lanjuti aturan yang dilanggar dengan tenang dan terapkan konsekuensi yang sudah ZenParents sepakati dengan ZenKids.

Menerapkan aturan belajar di rumah akan membantu ZenKids untuk dapat belajar dengan fokus dan efektif di rumah. Di sisi lain, ZenParents dapat membantu anak untuk belajar disiplin dan bertanggung jawab melalui aturan-aturan tersebut.

Tokoh terkenal seperti Mohammad Hatta sangat menghargai disiplin dan menerapkannya dengan tertib. Ia dikenal sebagai sosok yang sangat menghargai waktu sekecil apapun.

Dalam menerapkan aturan belajar ini, ZenParents tetap harus memperhatikan kebutuhan dan kemampuan anak dalam belajar, ya! Pastikan ZenKids tetap mendapatkan waktu untuk beristirahat dan bermain sesuai usianya.

zeniusland

Download sobatcloud.comLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

Contoh Aturan Belajar saat di Rumah 17
Contoh Aturan Belajar saat di Rumah 18


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *