Applying for Visa at US Embassy, Tips and Tricks for a Smooth Visit

Tipe-tipe Visa

Turis

Visa untuk turis disebut visa B-2. Visa ini diberikan kepada turis dan orang lain yang perlu mengunjungi Amerika Serikat untuk waktu yang singkat. Misalnya, visa ini berlaku untuk orang-orang yang melakukan pemeriksaan medis atau menghadiri perjalanan bisnis singkat. Visa B-2 biasanya memiliki masa berlaku sekitar 6 bulan, namun bisa diperpanjang jika diperlukan.

Residensial

Tipe visa ini diberikan kepada orang-orang yang akan tinggal di Amerika Serikat untuk periode yang lebih lama. Biasanya mereka memiliki hubungan dengan warga negara Amerika Serikat, baik melalui pernikahan atau adopsi. Visa residensial ini memiliki masa berlaku yang lebih panjang dibandingkan dengan visa turis.

Student

Visa untuk mahasiswa akademik adalah F-1 dan J-1. Mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu di institusi terakreditasi mana pun di Amerika Serikat akan mendapatkan visa F-1. Sementara itu, visa J-1 diberikan kepada mahasiswa dalam program pertukaran pendidikan. Visa ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar dan tinggal di Amerika Serikat selama periode waktu tertentu sesuai dengan program yang diikuti.

Work

Ada berbagai jenis visa kerja di Amerika Serikat. Misalnya, visa EB (ada lima jenis) diberikan kepada pekerja permanen di perusahaan Amerika Serikat. Sementara itu, pekerja sementara dapat mendapatkan visa sesuai dengan tujuan mereka datang ke Amerika Serikat. Visa kerja ini memiliki masa berlaku yang berbeda-beda tergantung pada jenis visa yang diberikan.

Tips untuk Kunjungan yang Lancar

Booking Janji Temu

Dapatkan nomor telepon Kedutaan Besar Amerika Serikat dan mulailah memesan janji temu! Kedutaan menangani ratusan bahkan ribuan orang setiap hari. Jika Anda tidak membuat reservasi, ada orang lain yang akan mendapatkan giliran sebelum Anda. Konsekuensinya adalah Anda tidak akan selesai tepat waktu. Disarankan untuk mengunjungi kedutaan yang terdekat dengan Anda. Jika Anda tinggal lebih dekat dengan Bali daripada Jakarta, Anda harus memilih Kedutaan Besar Amerika Serikat di Bali. Ini akan menghemat biaya perjalanan dan waktu.

BACA JUGA :  Terbaru! Cara Transfer Pulsa 3 ke Sesama maupun Operator Lainnya

Hindari Membawa Barang Berlebihan

Sebelum memasuki gedung kedutaan, seorang petugas keamanan akan memeriksa barang bawaan Anda. Anda tidak boleh membawa barang berlebihan ke dalam gedung. Pertama, Anda hanya akan nyaman membawa tas kecil dan berat. Selain itu, petugas keamanan dapat menyita beberapa barang Anda. Hal-hal yang harus ada di dalam tas Anda hanya kebutuhan pribadi dan dokumen yang diperlukan untuk aplikasi visa Anda. Juga disarankan untuk tidak membawa benda tajam seperti gunting atau pemotong kertas. Kedutaan menyarankan Anda membawa dompet kecil daripada tas besar untuk mempermudah pemeriksaan.

Pastikan Membawa Dokumen Penting

Anda telah bersusah payah membuat janji temu visa Kedutaan Besar Amerika Serikat, jadi Anda harus ingat semua dokumen untuk proses aplikasi. Petugas di kedutaan akan menolak melayani Anda meskipun sudah ada janji temu jika Anda tidak memiliki semua yang dibutuhkan. Dokumen dasar yang perlu Anda siapkan adalah paspor (yang harus berlaku selama enam bulan sebelum Anda berangkat ke Amerika Serikat), foto profil, itinerari di Amerika Serikat, bukti tabungan atau rekening checking Anda, dan surat pernyataan tentang status pekerjaan Anda.

Kenakan Pakaian yang Nyaman dan Rapi

Jangan memakai pakaian yang akan membuat Anda tidak nyaman. Anda mungkin perlu menunggu berjam-jam sebelum nama Anda dipanggil. Namun, ini tidak berarti Anda harus berpakaian terlalu santai. Anda tetap perlu terlihat rapi di depan pewawancara di Kedutaan Besar Amerika Serikat. Pakaian santai standar pada hari Jumat adalah pakaian yang tepat untuk wawancara visa Anda. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat dan membatasi gerakan.

Siapkan Jawaban Anda Terlebih Dahulu

Dalam wawancara, Anda mungkin tidak dapat merumuskan kata-kata dengan benar. Ini bisa karena Anda gugup atau hanya karena Anda sudah menunggu terlalu lama dan kehilangan fokus. Teliti jenis pertanyaan yang biasanya diajukan oleh pewawancara kepada pelamar. Anda perlu menyiapkan jawaban Anda sebelum wawancara visa. Biasanya, pewawancara akan menanyakan tujuan kunjungan Anda ke Amerika Serikat dan tempat Anda akan tinggal. Tetap fokus dan tetap tenang.

BACA JUGA :  Serba-Serbi Info Kuliah di Irlandia, Biar Tak Salah Langkah!

Pergilah ke Kedutaan Besar Amerika Serikat dan dapatkan visa Anda. Mengajukan visa mungkin adalah hal yang paling memakan waktu yang akan Anda lakukan dalam proses pergi ke Amerika Serikat. Setidaknya untuk itinerari; Anda dapat dengan mudah membuat reservasi dari rumah. Melakukan pembayaran dari Indonesia ke Amerika Serikat juga lebih sederhana karena ada alat seperti sobatcloud.com Globe.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *