Apakah Soal SNBT Mirip AKM? Yuk, Cari Tahu!

pembaca sobatcloud.com, sejak tahun 2020 lalu, Ujian Nasional alias UN dihapus oleh Pemerintah. Nah, wacananya UN akan diganti dengan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Ada dua subjek yang diujikan dalam AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika.

Eits, kedua subjek tadi kok mirip dengan subjek yang akan diujikan dalam SNBT, ya? Hmm… apakah ini artinya soal-soal SNBT mirip AKM? Terus, lebih susah yang mana? Nah, sebelum gue jawab pertanyaan ini, kita kenali dulu dan cari tahu perbedaan keduanya, yuk!

Pengendali Mutu Pendidikan

Guys, meskipun AKM diwacanakan untuk menjadi pengganti UN, pelaksanaan AKM itu jauh berbeda dengan UN. Eh, bentar… elo mungkin belum kebayang, ya, dulu pelaksanaan UN itu kaya gimana. He he he gue kasih gambaran sedikit deh, ya.

UN itu dulu merupakan salah satu syarat kelulusan, guys. Pesertanya adalah murid-murid tahun terakhir SMP dan SMA. Terus, mata pelajaran yang diuji apa aja? Kalau zaman gue dulu, yang diuji ada Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan pelajaran-pelajaran yang jadi ciri IPA/IPS.

Soal-soal UN ini mirip banget dengan soal ujian pada umumnya. Ada kisi-kisi materi, soalnya nggak terlalu rumit, to the point, dan fungsinya emang buat menguji pengetahuan kita. Makanya untuk ngerjain soal UN, kita perlu tahu, bahkan hafal, teori atau rumus. Ya ampun, guys… jadi keinget masa-masa gue menghafal rumus dengan cara cepat :’)

Oke, oke, balik, fokus.

AKM diwacanakan menjadi pengganti UN
AKM diwacanakan menjadi pengganti UN (Arsip sobatcloud.com)

Nah, bedanya dengan AKM, hingga saat ini, AKM nggak digunakan sebagai penentu kelulusan siswa. Bahkan, yang ikut AKM ini nggak semua murid dan bukan murid-murid tahun terakhir. Terus, fungsi AKM untuk apa, dong? Yup! Untuk menilai kualitas pelaksana pendidikan, menilai ketercapaian pembelajaran, dan efektivitas kurikulum.

BACA JUGA :  5 Tips Memilih Bimbel SBMPTN yang Tepat untuk Sobat Zenius!

Konklusinya, AKM fungsinya untuk evaluasi proses belajar dan mengajar, nggak berpengaruh pada kelulusan siswa.

Baca juga:

9 Perbedaan AKM dan UN yang Perlu Diketahui

Terus, Kok Bisa Soal SNBT Mirip AKM?

Karena AKM berbeda dengan UN, otomatis soal-soal di AKM juga punya tipe yang berbeda dengan UN. Ada dua jenis soal dalam soal AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi.

Dalam soal-soal literasi membaca, yang diuji adalah kemampuan kita dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks. Nggak hanya itu, soal-soal ini juga dirancang untuk melihat kemampuan problem solving kita.

Duh, apaan sih bahasanya abstrak, jadi soal literasi membaca ini kaya gimana?

Oke. Jadi, titik berat soal literasi membaca ini ada pada pemahaman bacaan. Teks yang disampaikan dalam soal bisa beragam, tentang teknologi, kesehatan, sosial, dan tentunya juga sastra. Nah, teks-teks ini nggak langsung memaparkan jawaban. Teks-teks ini berperan untuk menuntun kita untuk mencari jawaban atau pemecahan masalah. Gitu. 

Ring a bell? Mirip soal apa gitu, nggak? Belom? Belom inget? Oke, lanjut dulu.

Soal numerasi fokus pada pemecahan masalah sehari-hari.
Soal numerasi fokus pada pemecahan masalah sehari-hari (Arsip sobatcloud.com)

Soal numerasi pun konsepnya kurang lebih sama kaya literasi membaca, guys. Soal-soal ini menguji kemampuan kita dalam menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Makanya, dalam soal juga dijabarin berbagai macam konteks peristiwa yang relevan dengan kehidupan kita.

Intinya, sih, ada banyak soal cerita di sini dan kita diminta untuk mengubah informasi yang ada di soal menjadi model matematika. Nah, makanya rumus-rumus cepat nggak bisa langsung berfungsi di sini, karena ya kita harus nemuin persamaannya dulu. Ini seru dan menantang banget, nggak, sih?!

Oke, udah gue jabarin soal AKM itu bentuknya seperti apa. Elo ngerasa soal ini mirip sama apa gituuuu? Iya, guys, mirip SNBT. Soal SNBT mirip AKM dan sebaliknya. Meskipun kita juga belum ada yang tau soal SNBT 2023 nanti seperti apa, tapi deskripsi soal AKM ini mirip banget dengan Tes Skolastik SNBT yang dijelaskan oleh Mendikbud beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  Info Kuliah dan Tips Masuk Jurusan Manajemen UI

Baca juga:

Perbedaan SBMPTN 2022 dan SNBT 2023

Evaluasi adalah Dasar Seleksi

pembaca sobatcloud.com, berarti satu pertanyaan udah terjawab, ya… udah pasti soal SNBT mirip dengan AKM.

Mungkin ini jadi bikin kita bertanya-tanya, ya… untuk apa sih ngebuat soal SNBT mirip AKM? Kalau elo lihat program-program Kemendikbudristek beberapa tahun terakhir, Menteri Pendidikan kita emang lagi fokus untuk transformasi pendidikan di setiap jenjang. Nah, AKM dan SNBT adalah bagian dari transformasi itu.

Soal-soal AKM dan SNBT pun dibuat serupa supaya semua bagian dari proses transformasi tadi jalannya searah dan berdampingan. Hasil evaluasi dari AKM yang akan jadi dasar pertimbangan ketika soal SNBT dibuat. Jadi, standar yang ditetapkan dalam soal SNBT tetap terjangkau dengan kemampuan kita sebagai siswa SMA.

By the way, tahun 2023 nanti soal-soal SNBT udah nggak akan disusun oleh LTMPT. Soal SNBT akan dibuat oleh BP3 (Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan), badan yang juga membuat soal AKM. Jadi, kemungkinan besar framework soal-soal ini pasti mirip, guys.

Serupa tapi Tak Sama

Ilustrasi belajar SNBT

Nah, meskipun soal SNBT mirip AKM, bukan berarti kita bisa santai menghadapi SNBT. Karena soal-soal AKM hanya terdiri dari literasi membaca dan numerasi, sementara dalam Tes Skolastik SNBT juga ada potensi kognitif dan literasi Bahasa Inggris. Jadi, kita tetap harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Selain itu, fungsi AKM dan SNBT itu berbeda. AKM punya fungsi evaluasi, sementara SNBT fungsinya untuk seleksi. Jadi, bukan nggak mungkin soal-soal SNBT naik level dari AKM. Teks dan data yang disajikan dalam soal bisa jadi akan lebih kompleks dan kita butuh beberapa langkah dalam berpikir untuk bisa jawab soal-soal itu.

BACA JUGA :  Batuan Metamorf – Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Contoh

Jadi, pertanyaan kedua terjawab juga, ya. Udah pasti soal SNBT lebih susah daripada soal AKM, guys!

Baca juga:

Download Contoh Soal Tes Skolastik SNBT 2023 – Literasi Bahasa Inggris

Semangat Jadi yang Terbaik!

pembaca sobatcloud.com, jadi gimana tanggapan kalian dengan informasi ini? Kalau gue sih berharap dengan tau info ini kita jadi punya gambaran tentang SNBT dan jadi nggak takut menghadapi SNBT meskipun sistemnya berbeda dari tahun sebelumnya.

Atau kalian justru jadi santai ketika dengar informasi ini? Nggak masalah juga. Yang penting tetap belajar dan siap-siap sebaik mungkin. Gue nggak akan bosen-bosennya ngingetin kalau SNBT ini merupakan seleksi, yang mana kita harus bersaing dengan banyak orang lain untuk dapet tempat di jurusan dan kampus yang kita mau.

Jadi, jangan lupa untuk terus latihan, ya, guys! Elo bisa download soal-soal ujian tahun sebelumnya untuk latihan, belajar bareng tutor, dan juga ikut Tryout untuk mengukur kemampuan elo, sekaligus untuk tau gambaran kemampuan orang-orang di sekitar elo. Penting banget loh untuk tau peringkat elo dan track progress belajar elo melalui Tryout.

Baca juga:

Yuk, Ikuti Try Out Premium sobatcloud.com! Baca Info Lengkapnya di Sini

Guys, pembahasan tentang soal SNBT mirip AKM ini juga bisa elo tonton di sobatcloud.com Learning Podcast. Elo bisa nonton video ini untuk tau dengan lebih detail rupa-rupa soal yang muncul di AKM maupun SNBT dari sudut pandang para tutor, serta aspek mana yang membuat soal SNBT mirip AKM.

 

pembaca sobatcloud.com! Supaya belajar elo semakin efektif, sobatcloud.com punya paket belajar yang tepat buat elo yaitu Ultima Supreme. Dengan berlangganan paket ini, elo bisa ikut Live Class, akses ke materi yang super banyak, konsultasi jurusan, bahkan Tryout Premium.

Yuk, segera berlangganan dengan klik banner di bawah ini!

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *