Apa Itu PayPal? Yuk Simak Cara Daftar Dan Menggunakannya!

Mengenal PayPal

PayPal adalah salah satu sarana pembayaran virtual yang menjadi andalan bagi para marketer online. Kehadiran PayPal memberikan perubahan yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis online karena pembayaran dapat dilakukan cepat dan praktis. Jauh sebelum PayPal muncul, mereka yang ingin melakukan transaksi online harus menggunakan metode tradisional. Wesel pos dan cek merupakan metode yang umum digunakan pada saat itu. Hal ini tentu saja tidak efektif karena memerlukan proses yang cukup lama.

PayPal pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 dengan nama Confinity. Pada awalnya, PayPal hanya digunakan sebagai sarana transfer uang antar individu. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar, PayPal mulai digunakan sebagai metode pembayaran untuk berbagai transaksi online. Hal ini membuat PayPal semakin populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Membuat Akun PayPal?

Membuat akun PayPal cukup mudah dan cepat. Syarat utama agar Anda bisa membuat akun yaitu sudah genap berusia 18 tahun dan mempunyai KTP. Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat PayPal yang dapat Anda ikuti.

1. Silahkan buka browser Anda lalu silahkan ketika PayPal.com pada kolom http. Tekan enter dan Anda akan masuk pada website resmi PayPal.
2. Klik “Daftar” untuk mulai membuat akun PayPal. Menu tersebut terdapat pada bagian atas website.
3. Website akan mengalihkan Anda ke halaman baru secara otomatis. Pada halaman tersebut Anda akan diminta untuk mengisi nama lengkap beserta alamat email dan kata sandi.
4. Anda akan diarahkan lagi untuk memasukkan nomor HP dan pihak PayPal akan mengirimkan kode keamanan via SMS. Masukkan kode sejumlah 6 digit tersebut pada kolom yang disediakan.
5. Setelah memilih opsi tersebut akan muncul halaman baru seperti lembar formulir. Isi semua data yang diperlukan dengan benar mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, KTP dll. Klik “Setuju dan Buat Rekening” jika semua sudah dilengkapi.
6. Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan kode pada kolom yang disediakan. Agar dapat diproses ke langkah berikutnya klik “Lanjutkan” lalu pilih “Masuk Ke Rekening Saya”.
7. Akun PayPal Anda pun sudah jadi. Selanjutnya buka email Anda untuk mengkonfirmasi akun Anda.
8. Buka email dari PayPal dan klik link yang tersedia maka Anda akan secara otomatis terkonfirmasi dan masuk pada website PayPal.
9. Untuk mulai menggunakan akun PayPal baru Anda terlebih dahulu Anda harus log in dengan masukkan alamat email dan password yang Anda gunakan. Semua jenis transaksi seperti pembayaran online atau atau penarikan dana online harus didukung dengan kartu kredit.

BACA JUGA :  Harga Paket Indosat Internet dan Cara Daftarnya

Proses pembuatan akun PayPal ini tidak memerlukan waktu yang lama. Dalam beberapa menit, Anda sudah bisa memiliki akun PayPal yang siap digunakan untuk berbagai transaksi online.

Bisakah Membuat PayPal Tanpa Kartu Kredit?

Anda tetap dapat membuat akun PayPal meskipun tidak memiliki kartu kredit asalkan memiliki kartu debit. Hanya kartu debit yang memiliki logo VISA, American Express, dan MasterCard saja bisa digunakan untuk mendaftar. Namun, perlu diingat bahwa beberapa fitur dan keuntungan tertentu hanya tersedia bagi pengguna dengan kartu kredit.

Langkah-langkah untuk membuat akun PayPal tanpa menggunakan kartu kredit adalah sebagai berikut:

1. Silahkan kunjungi website resmi PayPal yaitu www.paypal.com.
2. Klik menu “Daftar” yang terdapat pada kanan atas website. Secara otomatis website akan menampilkan kotak dialog yang berisikan dua pilihan yaitu “Rekening Pribadi” dan “Rekening Bisnis”.
3. Jika Anda ingin menggunakan PayPal untuk transaksi online, mengirim serta menerima pembayaran maka pilih opsi “Rekening Pribadi”.
4. Anda diharuskan lagi untuk memilih jenis rekening pribadi dan silahkan pilih “Saya Pembeli Online”.
5. Klik tombol “Berikutnya” lalu Anda akan diminta untuk mengisi nomor HP Anda. PayPal akan mengirimkan kode keamanan melalui SMS dan segera masukkan kode tersebut.
6. Anda diminta untuk mengisikan nama lengkap, alamat email, dan juga password yang akan digunakan untuk akun PayPal Anda.
7. Langkah berikutnya Anda akan diminta untuk melengkapi formulir menggunakan KTP, SIM, atau kartu identitas lainnya. Jika Anda sudah mengisi semua formulir lalu pilih menu “Setuju dan Buat Rekening”.
8. Agar akun PayPal tanpa kartu kredit Anda bisa digunakan untuk transaksi maka Anda harus menggunakan virtual Credit Card atau umum dikenal VCC.
9. Untuk memiliki VCC ini Anda bisa membelinya dengan mudah di internet karena sudah banyak yang menyediakan jasa tersebut.

Dengan menggunakan kartu debit dan VCC sebagai metode pembayaran, Anda tetap bisa menikmati semua fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh PayPal.

Alasan Mengapa Perlu Menggunakan PayPal

Metode pembayaran PayPal bukan hanya menguntungkan mereka yang gemar berbelanja online namun juga menguntungkan para pebisnis online. Hal ini dikarenakan PayPal memberikan banyak kemudahan dan manfaat menarik lainnya. Berikut ini merupakan sederet manfaat yang bisa Anda nikmati dengan memiliki akun PayPal.

1. Transaksi Aman

Keamanan dalam bertransaksi merupakan prioritas utama mengingat maraknya kasus penipuan. PayPal memiliki sistem keamanan yang sangat baik sehingga dapat melindungi konsumennya. Keamanan ini bisa dirasakan oleh penjual dan pembeli. PayPal dapat mengantisipasi tindak penipuan dari pembeli nakal. Sebaliknya, pembeli dapat mengajukan komplain jika barang datang terlambat dan tidak sesuai dengan yang dipesan.

Sistem keamanan PayPal didukung oleh teknologi enkripsi yang canggih sehingga data pribadi dan informasi keuangan Anda tetap aman. Selain itu, PayPal juga menyediakan perlindungan pembeli dan penjual melalui program Perlindungan Pembeli dan Perlindungan Penjual. Jika ada masalah dengan transaksi, Anda dapat mengajukan klaim dan PayPal akan membantu menyelesaikan masalah tersebut.

BACA JUGA :  Pengertian dan Keuntungan Investasi Properti

2. Privasi Akun Anda Terjaga

Selain membuat penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi dengan aman, pemilik akun PayPal juga tidak perlu was-was dengan data mereka. Data Anda akan aman terjaga sehingga tidak akan disalahgunakan oleh orang jahat dan tidak bertanggung jawab.

PayPal menggunakan teknologi keamanan tingkat lanjut untuk melindungi informasi pribadi Anda. Seluruh transaksi yang dilakukan melalui PayPal dilindungi dengan enkripsi yang kuat. Selain itu, PayPal juga tidak memberikan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga tanpa izin Anda.

3. Cepat & Efektif

Di zaman yang modern segalanya dituntut serba cepat. Proses transaksi jual beli akan semakin cepat dan efektif dengan dukungan PayPal. Dana yang Anda transfer akan segera diproses tidak lebih dari 24 jam.

PayPal juga menyediakan fitur One Touch yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran dengan cepat tanpa perlu memasukkan ulang informasi kartu kredit atau debit Anda setiap kali bertransaksi. Fitur ini sangat berguna ketika Anda berbelanja secara online dan ingin melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah.

4. Penjual Dapat Menerima Berbagai Pembayaran

Hal menguntungkan bagi para penjual yaitu memberikan fleksibilitas kepada para pembeli untuk segera membayar tagihannya. Pembeli dapat memilih pembayaran mulai menggunakan kartu kredit maupun debit. Dengan PayPal, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang pembayaran yang tertunda atau pembayaran yang ditolak.

PayPal juga menyediakan fitur Checkout with PayPal yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah pada berbagai platform e-commerce. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran hanya dengan satu klik tanpa perlu memasukkan kembali informasi pembayaran mereka.

5. Pembayaran Global

Metode pembayaran PayPal tidak terbatas wilayah karena dapat digunakan untuk membayar transaksi antar Negara. Dengan demikian, Anda dapat berbelanja sepuasnya tapi pusing memikirkan cara pembayaran yang rumit.

Fitur pembayaran internasional PayPal memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran ke penjual di seluruh dunia tanpa harus repot dengan konversi mata uang. PayPal akan secara otomatis mengkonversi mata uang Anda ke mata uang yang diterima oleh penjual.

Selain itu, PayPal juga menyediakan fitur pembayaran dalam berbagai mata uang sehingga Anda dapat melakukan transaksi dengan mudah di berbagai negara.

Kekurangan PayPal

Meskipun PayPal memberikan banyak manfaat untuk penjual dan pembeli, namun metode pembayaran ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan PayPal adalah sebagai berikut.

1. Penipuan Mengatasnamakan PayPal

PayPal sendiri telah menyediakan sistem keamanan terbaiknya namun juga tidak lepas dari phising dari mereka yang berniat tidak baik. Mereka akan meretas data sehingga dapat mengirimkannya ke semua email termasuk punya Anda.

Phising adalah upaya penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri informasi pribadi seperti kata sandi dan nomor kartu kredit dari pengguna PayPal. Mereka akan mengirimkan email palsu yang tampak seperti email resmi dari PayPal dan meminta Anda untuk memasukkan informasi pribadi Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berhati-hati dan tidak mengklik tautan atau memberikan informasi pribadi kepada pihak yang mencurigakan.

BACA JUGA :  Melihat Keuntungan Reksadana Syariah Lebih Dalam

2. Proses Penarikan Uang Lama

Salah satu kekurangan PayPal adalah proses penarikan uang yang memakan waktu lama. Anda dapat melakukan penarikan uang yang Anda miliki akun PayPal Anda. Namun, hal ini akan mengganggu sekali untuk Anda yang memerlukan uang dalam waktu cepat. Proses penarikan memakan waktu mulai 2 hingga 4 hari kerja.

Proses penarikan uang dari akun PayPal bisa memakan waktu yang lama karena melibatkan proses verifikasi dan validasi oleh pihak PayPal. Selain itu, proses penarikan juga tergantung pada bank yang Anda gunakan untuk menerima dana.

3. Proses Add Fund Cukup Ribet

Pemilik akun PayPal yang ingin melakukan Add Fund harus melalui cara kurang praktis. Anda tidak bisa melakukan hal tersebut menggunakan kartu kredit maupun bank lokal Indonesia. Bank US merupakan satu-satunya cara yang bisa melakukan Add Fund.

Add Fund adalah proses menambahkan dana ke akun PayPal Anda. Proses ini dilakukan dengan mentransfer dana dari rekening bank Anda ke akun PayPal. Namun, sayangnya PayPal tidak mendukung bank lokal Indonesia untuk melakukan Add Fund. Hal ini membuat prosesnya menjadi lebih rumit dan membutuhkan biaya tambahan jika Anda ingin menambahkan dana ke akun PayPal.

4. Penyalahgunaan PayPal Marak

Sistem keamanan yang digunakan oleh PayPal ternyata juga tidak luput dari sasaran peretas handal. Para peretas tersebut melakukan belanja sepuasnya menggunakan akun PayPal orang lain. Hal inilah yang menyebabkan dana Anda tiba-tiba berkurang padahal Anda tidak berbelanja.

Untuk menghindari penyalahgunaan akun PayPal, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak. Kedua, jangan pernah membagikan informasi akun PayPal Anda kepada orang lain. Ketiga, periksa teratur aktivitas transaksi di akun PayPal Anda untuk memastikan tidak ada transaksi yang mencurigakan.

5. Tidak Paham Kegunaan PayPal

Bagi Anda yang suka belanja online, sebaiknya cari banyak informasi tentang pembayaran yang mudah dan efektif. Kebanyakan orang hanya ikut-ikut tren menggunakan PayPal tanpa mengetahui kegunaannya.

PayPal sebenarnya merupakan alat pembayaran yang sangat berguna untuk berbagai transaksi online. Dengan menggunakan PayPal, Anda dapat melakukan pembayaran dengan cepat, aman, dan mudah. Selain itu, PayPal juga memberikan perlindungan kepada pembeli dan penjual melalui program Perlindungan Pembeli dan Perlindungan Penjual.

Dalam era digital ini, PayPal menjadi salah satu metode pembayaran yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan menggunakan PayPal, Anda dapat dengan mudah melakukan pembelian online, mengirim dan menerima pembayaran, serta mengelola keuangan Anda secara efisien.

Dalam tulisan ini, kami telah membahas mengenai PayPal, cara membuat akun PayPal, keuntungan menggunakan PayPal, serta kekurangan PayPal. Meskipun PayPal memiliki beberapa kekurangan, namun manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh PayPal tetap membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang. Dengan menggunakan PayPal, Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi online dengan aman dan praktis.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *