Apa Itu E Commerce Dan Pengertian E-commerce Adalah?

Memangnya apa itu E commerce dan penjelasannya? Untuk yang belum tahu, pengertian e-commerce adalah penyebaran, pemasaran, penjualan, pembelian barang atau jasa dengan sistem elektronik. Baca sampai selesai untuk memahami tentang apa yang dimaksud dengan e-commerce di sobatcloud.com ini.

Singkatnya penjualan yang terjadi di Internet bisa dibilang sebagai e-commerce. Dan beberapa tahun belakang ini, aktivitas transaksi elektronik yang terjadi kian berkembang dengan pesat.

Bukan tidak mungkin model transaksi atau penjualan online ini akan menggantikan peran toko offline nantinya.

Jadi sebaiknya kamu mulai belajar tentang apa yang dimaksud dengan e-commerce jika ingin mengikuti perkembangan zaman.

Apa Itu E Commerce Dan Pengertian E-commerce Adalah? Berikut Penjelasannya Secara Lengkap

Dimulai dari memahami pengertiannya.

Apa Itu E Commerce Dan Pengertian E-commerce Adalah Berikut Penjelasannya Secara Lengkap!
Apa Itu E Commerce Dan Pengertian E-commerce Adalah Berikut Penjelasannya Secara Lengkap!

1. Pengertian E-Commerce

E-Commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet.

Selain itu, E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.

Dalam melakukan E-Commerce penggunaan internet menjadi pilihan favorit oleh kebanyakan orang karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet tersebut, yaitu:

  • Internet sebagai jaringan public yang sangat besar, cepat dan kemudahan dalam mengaksesnya.
  • Internet menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
BACA JUGA :  Bagaimana Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus?

Sehingga kehadiran E-Commerce sebagai media transaksi yang baru, cepat dan mudah ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses jual beli dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

Pengertian E-commerce menurut para ahli

Dengan berbagai definisi tentang E-commerce. Maka, beberapa ahli yang menjelaskan tentang apa itu E-commerce adalah sebagai berikut :

Kalakota dan Whinston 

Menurut mereka Pengertian E-commerce adalah aktivitas beIanja online dengan menggunakan jaringan internet dan cara transaksinya melaIui transfer uang secara digital. meninjau pengertian E-Commerce dari empat perspektif, yaitu :

  • Perspektif komunikasi, E-Commerce ialah sebuah proses pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui komputer ataupun peralatan elektronik lainnya.
  • Perspektif proses bisnis, E-Commerce merupakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  • Perspektif layanan, E-Commerce ialah suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, manajemen, dan konsumen untuk mengurangi biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman
  • Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk atau barang serta informasi melalui layanan internet maupun sarana online yang lainnya

Loudon 

Menurut Loudon pengertian E-Commerce adalah suatu proses transaksi jual beli yang dilakukan oleh pembeli dan penjual secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan lain.

Dalam transaksi tersebut menggunakan komputer sebagai perantaranya.

Shely Cashman

Menurut Shely Cashman E-commerce merupakan transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik, seperti internet.

Jony Wong

Menurut Jony Wong pengertian dari electronic commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang / jasa melaIui sistem elektronik.

McLeod Pearson

Menurut McLeod Pearson Perdagangan elektronik atau yang disebut juga e-commerce, adalah pelaksanakan proses bisnis dengan memanfaatkan jaringan komunikasi dan komputer.

2. Faktor Pendukung E-Commerce

  1. Cakupan yang luas
  2. Proses transaksi yang cepat
  3. E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
  4. E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
  5. E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat.
BACA JUGA :  Inilah Video Pertama Yang Diunggah Ke YouTube

3. Jenis-jenis Transaksi E-commerce

  1. Busines to Busines (B2B).
  2. Bussines to Cunsumer (B2C).
  3. Consumer to Consumer (C2C).
  4. Consumer to Bussines (C2B).
  5. Non-Bussines Electronic Commerce.
  6. Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce.
Memangnya apa itu E commerce dan penjelasannya? Untuk yang belum tahu, pengertian e-commerce adalah penyebaran, pemasaran, penjualan, pembelian barang atau jasa dengan sistem elektronik. Baca sampai selesai untuk memahami tentang apa yang dimaksud dengan e-commerce di sobatcloud.com ini.
Memangnya apa itu E commerce dan penjelasannya? Untuk yang belum tahu, pengertian e-commerce adalah penyebaran, pemasaran, penjualan, pembelian barang atau jasa dengan sistem elektronik. Baca sampai selesai untuk memahami tentang apa yang dimaksud dengan e-commerce di sobatcloud.com ini.

4. Metode Pembayaran Yang Biasa Digunakan Di E-Commerce

Sebenarnya ada banyak metode pembayaran yang biasa digunakan dalam transaksi elektronik.

Namun secara umum, berikut ini adalah beberapa cara pembayaran yang sering digunakan ketika terjadi transaksi elektronik.

  • Pembayaran Lewat Transfer. Ini adalah cara yang umum digunakan pada transaksi online. Dengan metode ini biasanya pembeli akan melakukan transfer sejumlah uang kepada nomor rekening penjual. Baru setelah pembeli transfer dan menyelesaikan pembayaran, barang akan dikirim oleh penjual.
  • Pembayaran Secara Elektronik. Cara ini adalah salah satu metode pembayaran e-commerce yang populer karena aman dan mudah. Biasanya pembayaran dengan metode ini memerlukan kartu debit/kredit, internet banking dan bahkan dengan uang digital (Go-Pay,Ovo, Dana, Link Aja dll) yang sekarang ini sudah semakin banyak penggunanya.
  • Cash On Delivery. Pembayaran dengan cara cash setelah barang diterima juga menjadi salah satu metode yang sering digunakan. Jadi pada metode ini, proses pembayaran hanya akan terjadi secara tunai setelah penjual mengirimkan barang sampai ke tangan pembeli. Atau biasanya penjual diwakili oleh kurir pengirim barang.

Nah, setelah tau beberapa metode pembayaran yang digunakan, sekarang mari bahas mengenai keuntungannya ya.

 5. Keuntungan E-Commerce

Keuntungan E-Commerce bagi konsumen:

a. Keuntungan yang diperoleh konsumen adalah melakukan pencarian barang, dan pembelian secara online dengan mudah, belanja cukup pada suatu tempat.

Contoh : Seorang pembeli diinternet dapat menggunakan computer pribadinya pagi atau malam selama 7 hari per minggu untuk membeli hamper semua barang, dan tidak perlu mengantri ditoko atau bahkan meninggalkan rumahnya.

BACA JUGA :  3 Bahaya Besar Situs Torrent
b. Keuntungan yang diperoleh pelaku bisnis toko online adalah melakukan proses penjualan lebih mudah, efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu.

Contoh : pelaku bisnis atau toko online cukup mengupdate barang apa saja yang akan di jual, dan dalam pembayarannya pelanggan cukup mendaftar dan memberikan data yang dibutuhkan, dan toko online tersebut akan menyimpan informasi kartu kredit pembelinya diserver mereka, sehingga informasi yang dibutuhkan hanya dimasukkan sekalisaja.

c. Keuntungan yang diperoleh Manajemen atau perusahaan E-Commerce adalah mendapatkan peningkatan pendapatan, dan loyalitas pelanggan.

Contoh : Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan

6. Keamanan (Security)

Keamanan merupakan salah satu komponen atau servis yang dibutuhkan untuk menjalankan E-Commerce.

Untuk menjamin keamanan, perlu adanya kemampuan dalam bidang yang dapat diperoleh melalui penelitian dan pemahaman.

Beberapa topic yang harus dikuasai antara lain :

a. Teknologi Kriptografi

Kumpulan teknik yang digunakan untuk mengubah informasi/pesan (plaintext) kedalam sebuah teks rahasia (ciphertext) yang kemudian bisa diubah kembali ke format semula.

b. One Time Password

Penggunaan password yang hanya dapat dipakai sebanyak satu kali. Biasanya password angka digital yang merandom angka setiap kali transaksi.

c. Konsultan keamanan.

Konsultan, organisasi, dan institusi yang bergerak di bidang keamanan dapat membantu meningkatkan dan menjaga keamanan. Contoh organisasi yang bergerak di bidang ini adalah IDCERT.

7. Masalah Yang Bisa Terjadi

  1. Penipuan baik oleh pembeli atau penjual dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
  2. Perlindungan hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini, terutama di Indonesia.
  3. Promo abuse dari konsumen seperti yang pernah terjadi di beberapa marketplace di Indonesia.

Sekarang anda sudah pahammengenai apa itu E commerce dan penjelasannya? Sedikit mengulang kembali, pengertian e-commerce adalah penyebaran, pemasaran, penjualan, pembelian barang atau jasa dengan sistem elektronik.

Setelah membaca sampai selesai tentu sekarang kamu bisa memahami tentang apa yang dimaksud dengan e-commerce di sobatcloud.com ini. Nah, kalau merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan dibagikan ke teman-teman kamu ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *