Mengenal Bahasa Panda UTBK & Contoh Soalnya

Artikel kali ini akan sedikit unik, karena mempelajari tentang sejarah, pengertian dan jenis bahasa panda UTBK dan contoh soalnya beserta pembahasannya.

Hi, guys. Kali ini gue akan membahas tentang ‘bahasa panda’. Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan bahasa panda ini. Tapi, tidak bagi peserta UTBK 2020. Mari kita flashback ke pelaksanaan UTBK pada bulan Juli 2020.

Media sosial Twitter diramaikan dengan keluhan peserta yang mengikuti ujian tersebut. Pasalnya, mereka menemukan soal bahasa panda UTBK yang sangat membingungkan. Ini dia soal yang sempat viral pada UTBK 2020.

Bahasa Panda UTBK
Soal panda pada UTBK 2020

Lho kok, soal macam apa itu? Bingung ‘kan? Wajar kok kalau elo bingung. Meskipun bahasa panda udah dimasukkan dalam soal UTBK, tetapi Indonesia masih belum mencantumkan bahasa panda ke dalam kurikulumnya. 

Artinya apa? Yap, bahasa panda tidak dipelajari di bangku sekolah. Itulah mengapa bahasa panda masih menjadi momok menakutkan bagi para peserta UTBK.

Bahasa panda ini masuk dalam Tes Potensi Skolastik Penalaran Umum. Untuk panduan mengenai jenis tes pada UTBK bisa elo lihat di panduan UTBK ya.

 Alih-alih menganalisis soal dengan baik, tak sedikit dari mereka justru mengerjakannya dengan cara menghitung kancing atau bahkan dilewati. Satu soal terlewat atau salah itu ‘kan cukup merugikan ya, guys

Oleh sebab itu, yuk mari pelajari soal bahasa panda!

Apa Itu Bahasa Panda?

bahasa panda
‘Bahasa Panda’ bermula saat peneliti dari Pusat Konservasi dan Penelitian China berhasil mengartikan bahasa dari Panda (Sumber: Pixabay).

Ada nih soal yang bentuknya kayak gini:

E=A. 

evxm oexe mrhitirhirx atau vubumu cvo.

Hah gimana coba jawabnya?

Nah, itu tadi merupakan contoh bahasa panda. Bentuk soal bahasa panda nanti akan mirip-mirip kayak gitu deh. Sebelum lebih jauh ke bahasa panda UTBK dan contoh soalnya, mending pelajari pengertiannya dulu.

Bahasa panda merupakan bahasa buatan atau bahasa imajinatif yang memiliki pola logika pada proses pengertiannya. 

BACA JUGA :  Panduan Lengkap Cara Membuat CV (3 Langkah Mudah!)

Itung-itung elo belajar menjadi seorang detektif yang sedang mengartikan kode-kode gitu. 

Bahasa panda ini tentu nggak iseng-iseng dibuat biar UTBK makin susah ya. Asal mula bahasa panda itu dari mana sih? 

Dilansir dari BBC News, sejarah bahasa ini bermula saat peneliti dari Pusat Konservasi dan Penelitian China berhasil mengartikan bahasa dari binatang panda setelah melakukan penelitian selama lima tahun. 

Seperti bagaimana suara yang dihasilkan panda ketika sedang bahagia, sedih, atau bahkan mencari pasangan.

Menurut analisis, panda akan mengeluarkan suara “baa” untuk jantan yang sedang berusaha menarik pasangan dan “chirp” untuk betina yang memberikan respon ketertarikan. 

Selain itu, mereka juga menganalisis bahwa panda akan memberikan suara “wow-wow” ketika merasa sedih, “gee-gee” ketika mereka merasa lapar, dan berbagai bahasa lainnya yang telah diterjemahkan oleh para peneliti China.

Harapannya dengan mempelajari bahasa ini akan mempermudah pihak konservasionis untuk melindungi hewan asal negara tirai bambu itu, khususnya yang hidup secara liar agar terancam punah. 

Sejak saat itulah bahasa panda mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, bahkan sampai dijadikan sebagai kisi-kisi dalam UTBK untuk menganalisis soal cerita dan memecahkan kodenya terlebih dahulu.

Cara Mengerjakan Soal Bahasa Panda

Bahasa panda ternyata gampang-gampang susah lho, guys. Susahnya elo harus bisa membaca dan mengartikan kode terlebih dahulu. Setelah diartikan, pasti dengan sangat mudah elo bisa menjawabnya.

Jadi, yang terpenting adalah elo harus bisa menerjemahkan bahasa tersebut ke dalam bahasa kita. Tipsnya, baca dan perhatikan dengan baik petunjuk atau arahan yang diberikan.

Sebenarnya, kalau dilihat dari tipe soalnya, bahasa ini mirip-mirip dengan logika matematika yang mempelajari premis gitu lho, guys. Namun, karena bahasanya aneh dan susah dinalar, sehingga diperlukan analisis terlebih dahulu untuk menerjemahkannya.

Kita ambil contoh soal bahasa panda pada UTBK 2020 lalu:

k = 5

hkxgvgqgn ngyor jgxo ygza jozgshgn ygza?

a. zomg

b. ksvgz

c. ktgs

d. jag

e. rosg

Cara menjawabnya bagaimana? Sekarang perhatikan pertunjuknya, bahwa k = 5. Seperti yang kita ketahui, bahwa huruf ke-5 dalam abjad adalah ‘e’. Berarti huruf k sama dengan huruf e dalam abjad.

BACA JUGA :  Biografi Ernest Douwes Dekker: Tokoh Indo Anti-Kolonialisme (1879-1950)

Lalu, huruf-huruf setelahnya juga mengikuti, l = 6 (f), m = 7 (g), dan begitu seterusnya. Berarti kita udah menemukan petunjuknya, sekarang kita jabarkan petunjuk tersebut.

Contoh soal bahasa panda UTBK

Selanjutnya, kita terjemahkan soal sesuai dengan aturan alias sesuai dengan huruf panda di atas. Akan menjadi seperti ini:

berapakah hasil dari satu ditambah satu?

a. tiga

b. empat

c. enam

d. dua

e. lima

Jawabannya adalah dua = jag

Mudah ‘kan, guys? Yap, soalnya memang sangat mudah ketika kita tau polanya. Meskipun untuk menerjemahkannya butuh waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan soal lainnya, tapi kalau tidak dikerjakan atau dikerjakan salah ‘kan rasanya rugi gak sih?

Jadi, kalau elo masih punya sisa waktu mengerjakan soal, maka kerjakan soal bahasa panda ini dengan sungguh-sungguh.

Soal bahasa panda UTBK ini bisa jadi kesempatan elo untuk curi score, lho. Makanya jangan diremehkan ya.

Jadi, kalau elo masih punya sisa waktu mengerjakan soal, maka kerjakan soal bahasa panda ini dengan sungguh-sungguh.

Contoh Soal dan Pembahasan Bahasa Panda

Masih kurang dengan contoh di atas? Atau masih penasaran sama soal bahasa panda yang super unik ini? Elo bisa mencoba latihan soal di bawah ini.

Soal 1.

Perhatikan kata-kata di bawah ini!

  • morpirquat artinya rumah burung
  • beelmorpir artinya burung biru
  • beelclak artinya kain biru

Berdasarkan kata-kata di atas, mana yang memiliki arti “pagar rumah”?

a. morpirhunde

b. beelmoki

c. quathunde

d. clakquat

e. beelquat

Pembahasan 1.

Kita pisahkan dahulu satu persatu kata-kata yang terdapat pada poin 1-3.

morpirquat (rumah burung), beelmorpir (burung biru), beelclak (kain biru)

Berdasarkan kata-kata di atas, bisa kita temukan aturan/petunjuk bahwa morpir = burung, beel = biru, quat = rumah, dan clak = kain. Petunjuk lainnya adalah peletakkan artinya dibuat terbalik dari bahasa pandanya (kata pertama menjadi kedua, kata kedua menjadi pertama).

BACA JUGA :  Persiapkan Peluang Lulus SNMPTN 2022 Lebih Awal, Ini Caranya!

Sekarang kita artikan “pagar rumah”, dari petunjuk bisa kita ketahui bahwa rumah = quat. Letak kata quat berarti berada di urutan pertama, sehingga kata yang memungkinkan adalah C yaitu quathunde.

Gimana nih soal bahasa panda yang satu ini? Elo nggak perlu tau arti pagar tapi elo bisa jawab. Itu karena elo bisa menyimpulkan dari informasi yang tersedia.

Soal 2.

Jika kata pendidikan ditulis sebagai pdinndaeik, maka kata nasional ditulis sebagai…

a. siolanas

b. niaaolsn

c. niossnla

d. nsionala

e. lsionana

Pembahasan 2.

Tipe soal bahasa panda UTBK ini menggunakan penyelesaian yang dinamakan simple arrangement. Cara mengerjakannya dengan menyusun kembali huruf-huruf dengan pola tertentu.

Tulis ulang kata pendidikan, lalu ambil tiga langkah huruf secara berurutan mulai dari yang pertama.

(p)en(d)id(i)ka(n)pe(n)di(d)ik(a)np(e)nd(i)di(k)an = pdinndaeik

Dengan cara yang sama, aplikasikan pada kata nasional.

(n)as(i)on(a)ln(a)si(o)na(l)na(s)io(n)al = niaaolsn

Sehingga, jawaban yang tepat adalah B, yaitu niaaolsn.

Soal 3.

Kata “Bayar” memiliki kode CBZBS, maka kata “Jual” memiliki kode….

  1. DCBC
  2. KVBM
  3. LWCN
  4. ZQIT
  5. ITZK

Pembahasan 3.

Cara menjawab soal bahasa panda UTBK yang satu ini menggunakan cara direct substitution. Direct substitution adalah penggantian karakter menjadi karakter lain sesuai dengan pola yang konsisten.

Gampangnya gini, kalau elo perhatikan CBZBS dari kata BAYAR merupakan hasil dari setiap huruf ditambah 1 huruf atau huruf setelahnya. Maju satu huruf gitu deh. 

Jadi, jawabannya adalah opsi b ya.

Sekian dulu penjelasan dari gue mengenai soal ini. Semoga elo nggak bingung ya kalau dapat pertanyaan bahasa panda di UTBK nanti.

Oh iya karena UTBK nggak lama lagi, tentunya elo harus lebih giat belajar ya. Buat elo yang mau belajar materi belajar lain elo bisa klik banner di bawah dan ketik materi yang elo ingin pelajari di kolom pencarian.

banner indonesia zenius
Klik dan ketik materi yang diinginkan di kolom pencarian

Sekian dulu penjelasan dari gue mengenai bahasa panda. Buat elo yang mau mempelajari lebih lanjut mengenai bahasa panda, bisa langsung tonton video terkait cara penyelesaian soal ini di Instagram sobatcloud.com, tinggal klik di sini. Atau bisa juga tonton video yang satu ini:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *