Akuntansi Manajemen: Definisi, Fungsi serta Penerapannya

Definisi Akuntansi Manajemen

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut The International Capital Market Association London

Akuntansi manajemen adalah proses penyajian informasi akuntansi yang dilakukan untuk membantu pihak manajemen dalam pembuatan kebijakan dan operasional usaha. Dalam hal ini, segala jenis kegiatan akuntansi yang memungkinkan manajemen untuk menjalankan bisnis secara lebih efisien dianggap sebagai akuntansi manajemen. Dalam pembuatan keputusan dan penentuan strategi bisnis, akuntansi manajemen memainkan peran yang sangat penting. Dengan adanya informasi yang akurat dan relevan, manajemen dapat membuat keputusan yang tepat dan mengelola perusahaan dengan lebih baik.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut University of Nevada, Reno

Akuntansi manajemen adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi akuntansi, yang dapat membantu para pemimpin bisnis agar bisa membuat keputusan keuangan yang sehat dan mengelola operasional harian mereka secara efisien. Dalam hal ini, akuntansi manajemen berfokus pada pengumpulan dan pelaporan data internal perusahaan. Para profesional keuangan dituntut untuk memahami arus kas perusahaan, transaksi keuangan, biaya operasional, serta tingkat pengembalian internal. Informasi akuntansi ini kemudian digunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan dalam penganggaran perusahaan dan mengevaluasi peluang investasi di masa depan.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Investopedia

Akuntansi manajemen adalah suatu praktik mengukur, mengidentifikasi, menganalisis, menafsirkan, dan kemudian mengomunikasikan informasi keuangan kepada pihak manajemen guna memastikan tercapainya tujuan bisnis. Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan terletak pada tujuan masing-masing. Tujuan akuntansi manajemen adalah membantu pihak internal perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis yang terencana dengan baik. Sementara itu, akuntansi keuangan bertujuan memproduksi dan menyebarluaskan laporan keuangan resmi untuk kebutuhan konsumsi publik.

BACA JUGA :  Manakah Pilihan yang Tepat, Flip atau Flip for Business?

Fungsi Akuntansi Manajemen

Menjadi sumber data penting

Akuntansi manajemen hadir sebagai kegiatan yang menghasilkan sumber data penting bagi perusahaan. Data yang dihasilkan dari sistem ini dapat membantu perusahaan dalam memprediksi pertumbuhan bisnisnya serta membuat para pemilik usaha mengetahui langkah pengembangan bisnis yang perlu diambil di masa depan. Dengan adanya data yang akurat, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat dan mengambil langkah yang strategis.

Merupakan media komunikasi antar manajemen

Akuntansi manajemen dapat dimanfaatkan untuk membangun komunikasi yang lebih baik antara semua level manajerial, baik itu yang ada di tingkat bawah, menengah, maupun level teratas. Setiap tingkat manajemen membutuhkan jenis informasi yang berbeda, yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pihak. Dengan adanya akuntansi manajemen, informasi dapat disampaikan dengan jelas dan efektif kepada pihak yang berkepentingan.

Menjadi bahan pertimbangan yang akurat

Akuntansi manajemen menyajikan data dalam bentuk perbandingan, prediksi, dan rasio yang terukur. Keberadaan akuntansi manajemen sangat dibutuhkan karena semua data yang disajikan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan yang akurat untuk memastikan perencanaan dan pengambilan keputusan dilakukan secara tepat. Dengan adanya informasi yang akurat, manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat dan mengelola perusahaan dengan lebih baik.

Memfasilitasi pencapaian tujuan bisnis

Fungsi atau tujuan akuntansi manajemen lainnya adalah membantu perusahaan untuk merencanakan strategi dan mencapai tujuan bisnisnya seefektif dan seefisien mungkin. Semua itu tentunya hanya bisa dicapai jika perusahaan dapat melakukan penetapan biaya dan pengendalian anggaran secara tepat sehingga operasional usahanya bisa berjalan sesuai dengan perhitungan. Dengan adanya akuntansi manajemen, perusahaan dapat merencanakan langkah yang strategis dan mengoptimalkan potensi bisnisnya.

Menyediakan sumber informasi yang lengkap

Tidak hanya terbatas pada data keuangan saja, akuntansi manajemen juga menyediakan informasi lainnya seperti survei khusus, catatan teknis, dan kompilasi statistik. Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan data yang lebih akurat dan lengkap. Dengan adanya informasi yang lengkap, manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kondisi perusahaan.

BACA JUGA :  Apa Itu Liabilitas? Definisi, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Penerapan Akuntansi Manajemen

Dalam penerapan akuntansi manajemen, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan. Berikut ini adalah tiga metode penerapan yang paling umum digunakan dalam akuntansi manajemen.

Grenzplankostenrechnung

Metode Grenzplankostenre


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *