5 Universitas Terbaik di Turki, Bisa Daftar Lewat Jalur Beasiswa!

Universitas Terbaik di Turki

Belakangan ini, Turki semakin populer sebagai destinasi studi bagi mahasiswa internasional. Bukan hanya mereka yang ingin mendalami kebudayaan Turki, tetapi juga mereka yang tertarik dengan program studi lainnya. Kualitas pendidikan di Turki terus meningkat selama satu dekade terakhir. Terdapat sekitar 45.000 program studi di semua jenjang yang diselenggarakan oleh 208 universitas di Turki. Dengan biaya studi dan biaya hidup yang relatif murah dibandingkan dengan negara-negara di Eropa maupun Amerika Serikat, Turki menjadi alternatif destinasi studi impian bagi pelajar internasional. Namun, mana saja universitas terbaik di Turki?

1. Cankaya University

Cankaya University, yang didirikan pada tahun 1997, adalah universitas muda di Turki yang telah mendapatkan reputasi dunia. Selama empat tahun berturut-turut, Cankaya menjadi satu-satunya universitas di Turki yang berhasil mempertahankan posisinya di peringkat 401-500 dunia. Kampus universitas ini terletak di Ankara, ibu kota Turki dan juga kota terbesar kedua di negara ini. Di Cankaya University, Anda dapat memilih dari berbagai program studi populer seperti ilmu sosial, hukum, ilmu komputer, teknik dan teknologi, serta psikologi.

2. Sabanci University

Apabila Anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, Sabanci University adalah salah satu universitas yang patut dipertimbangkan. Universitas ini telah menjadi bagian penting dari dunia pendidikan tinggi di Turki sejak tahun 1994, dan menjadi universitas pertama yang mengimplementasikan pendekatan multidisipliner di Turki. Selain studi atau spesialisasi yang diminati, mahasiswa Sabanci dapat mengambil program-program yang diinginkan tanpa batasan untuk mempelajari keilmuan lain. Misalnya, mahasiswa dapat memilih program dalam kelompok program FASS, seperti desain komunikasi visual, ilmu politik, hubungan internasional, ekonomi, dan psikologi, atau dalam kelompok program FENS, seperti teknik mekanik, teknik elektro, material science & nanoengineering, biologi molekuler, dan ilmu komputer. Selain itu, terdapat juga kelompok program YB yang mencakup ilmu manajemen.

BACA JUGA :  Bank CIMB Niaga: Sejarah Singkat Dan Keunggulan Pelayanannya

3. Koç University

Universitas terbaik di Turki berikutnya adalah Koç University yang berlokasi di Istanbul. Universitas ini didirikan pada tahun 1993 dan menyelenggarakan 22 program studi sarjana, 29 program pascasarjana, dan 30 program doktoral. Beberapa jurusan unggulan di Koç University antara lain ilmu sosial, ekonomi dan ilmu administrasi, teknik, keperawatan, kedokteran, dan hukum. Hampir semua program studi di Koç University menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai kesulitan belajar akibat perbedaan bahasa.

4. Bahçeşehir University

Bahçeşehir University, yang didirikan pada tahun 1988, adalah salah satu universitas muda yang masuk dalam daftar universitas terbaik di Turki. Universitas ini telah membuktikan dirinya sebagai universitas swasta unggulan yang menawarkan pendidikan berstandar internasional. Program studi yang diselenggarakan di Bahçeşehir University menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Beberapa jurusan favorit di universitas ini antara lain ilmu pendidikan, komunikasi, ekonomi, arsitektur dan desain konservatori, teknik, ilmu kesehatan, dan kedokteran.

5. Middle East Technical University

Middle East Technical University (METU) adalah universitas berbasis riset yang mengkhususkan diri dalam bidang ilmu alam dan teknik. Kampus universitas ini terletak di Ankara dan menyelenggarakan 69 program doktoral, 107 program pascasarjana, dan 43 program sarjana. Sama seperti Bahçeşehir University, bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan di kelas internasional di METU. Beberapa program studi yang diminati oleh calon mahasiswa METU antara lain ilmu administrasi, pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial, informatika, matematika terapan, ilmu kelautan, teknik, dan arsitektur.

Beasiswa Turkiye Burslari

Bagi mereka yang masih asing dengan nama-nama universitas terbaik di Turki atau bingung mengenai bagaimana membiayai pendidikan di Turki, ada kabar baik. Pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di universitas terkenal di Turki atau universitas lainnya dapat mendaftar dalam seleksi Turkiye Burslari Scholarships. Beasiswa pemerintah Turki ini merupakan beasiswa penuh yang tersedia untuk semua pelajar internasional di ketiga jenjang studi. Setiap jenjang studi memiliki batasan usia untuk memenuhi kualifikasi penerima beasiswa. Untuk program riset, usia maksimal yang diizinkan adalah 40 tahun, untuk program S3 maksimal 35 tahun, untuk program S2 maksimal 30 tahun, dan untuk program S1 maksimal 24 tahun.

BACA JUGA :  Dikenal Sebagai Kampus Elite, Berapa Sih, Biaya Masuk Universitas Oxford?

Turkiye Burslari Scholarship mencakup beberapa komponen biaya seperti uang saku tiap bulan, biaya kursus bahasa Turki selama 1 tahun, biaya kuliah, biaya akomodasi, asuransi kesehatan, dan biaya penerbangan. Program beasiswa ini tersedia untuk pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan sarjana, magister, dan doktoral, serta program beasiswa seni dan program beasiswa prestasi. Namun, terdapat beberapa program studi yang tidak dapat menerima beasiswa ini, seperti pascasarjana bidang kesehatan, sekolah vokasi, dan associate degree.

Pendaftaran untuk Turkiye Burslari Scholarships dibuka setiap tahun antara bulan Januari dan Februari. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran dapat ditemukan di Turkiye Scholarship Application System.

Dengan reputasi universitas-universitas unggulan yang berkelas dunia, Turki menjadi alternatif destinasi studi bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *