3 Cara Mudah dan Praktis Cek Mutasi Rekening BCA

Fungsi Mutasi Rekening BCA

Mutasi rekening merupakan layanan yang diberikan oleh Bank Central Asia (BCA) kepada nasabahnya. Layanan ini memberikan informasi tentang riwayat transaksi yang terjadi pada rekening tersebut. Fungsi dari mutasi rekening ini sangat berguna bagi nasabah BCA, terutama bagi mereka yang memiliki rekening perorangan dan rekening bisnis.

1. Rekening Perorangan

Bagi pemilik rekening perorangan, mengecek mutasi rekening sangat penting karena dapat membantu mereka dalam memantau dan mengatur keuangan pribadi. Dengan mengetahui riwayat transaksi, nasabah dapat melihat keluar masuknya dana dalam rekening mereka. Hal ini memudahkan dalam mengatur anggaran keuangan dan melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik.

Selain itu, mutasi rekening juga bermanfaat bagi nasabah perorangan dalam melacak transaksi yang telah dilakukan. Jika terdapat transaksi yang mencurigakan atau tidak dikenali, nasabah dapat segera menghubungi pihak bank untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Dengan adanya layanan mutasi rekening, nasabah perorangan dapat lebih tenang karena memiliki kontrol penuh terhadap keuangan mereka.

2. Rekening Bisnis

Bagi pemilik rekening bisnis, mutasi rekening juga sangat penting. Dalam bisnis, transaksi keuangan seringkali lebih kompleks dan melibatkan lebih banyak pihak. Dengan mengecek mutasi rekening, pemilik bisnis dapat memantau pembayaran dari pelanggan, melacak pembayaran supplier, dan mengatur keuangan bisnis dengan lebih efektif.

Selain itu, mutasi rekening juga dapat membantu pemilik bisnis dalam menghindari risiko keuangan, seperti kesalahan transfer atau tindak penipuan. Dengan memantau mutasi rekening secara rutin, pemilik bisnis dapat segera mengidentifikasi dan menangani masalah keuangan yang mungkin terjadi.

BACA JUGA :  Inilah Cara Ganti Password WiFi Indihome dan Kepentingannya

Selain dua manfaat utama di atas, mutasi rekening BCA juga memiliki kegunaan lain. Misalnya, mutasi rekening dapat digunakan sebagai bukti transaksi dalam pengajuan pembuatan kartu kredit VISA. Bank seringkali meminta riwayat transaksi bank selama beberapa bulan terakhir sebagai salah satu syarat pengajuan kartu kredit. Selain itu, mutasi rekening juga dapat digunakan sebagai bukti riwayat transaksi dalam pengajuan pinjaman.

3 Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Ada tiga cara yang dapat dilakukan oleh nasabah BCA untuk mengecek mutasi rekening mereka. Ketiga cara ini dapat dilakukan secara praktis dan tidak memerlukan antri di kantor cabang. Berikut adalah tiga cara tersebut:

1. Cek Mutasi Lewat klikBCA

Cara pertama adalah dengan menggunakan layanan internet banking klikBCA. Namun, sebelum dapat menggunakan layanan ini, nasabah harus terlebih dahulu melakukan registrasi klikBCA di kantor cabang atau melalui ATM BCA. Pada saat registrasi, nasabah hanya perlu menunjukkan kartu identitas diri dan nomor rekening.

Setelah terdaftar, nasabah akan mendapatkan user ID dan PIN yang dapat digunakan untuk mengakses layanan klikBCA. Untuk mengecek mutasi rekening, nasabah dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka browser di smartphone, tablet, komputer, atau laptop dan kunjungi laman klikBCA di www.klikbca.com.
2. Pada halaman utama klikBCA, pilih opsi “Login” pada kotak dengan tulisan “individual” untuk rekening perorangan dan “bisnis” untuk rekening bisnis.
3. Masukkan user ID dan PIN klikBCA pada kolom yang sudah disediakan. Klik “Login”.
4. Setelah masuk, pilih opsi “Informasi Rekening” dan kemudian pilih “Mutasi Rekening”.
5. Nasabah dapat memilih opsi “Mutasi Harian” untuk melihat riwayat transaksi pada tanggal tertentu atau opsi “Mutasi Bulanan” untuk melihat riwayat transaksi pada bulan tertentu.

BACA JUGA :  Begini Transfer Uang Antar Negara dengan Menggunakan Paypal

2. Cek Mutasi Lewat BCA Mobile

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi BCA Mobile. Namun, sebelum dapat menggunakan layanan ini, nasabah harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan m-Banking BCA di kantor cabang. Nasabah juga harus mengunduh aplikasi BCA Mobile melalui Play Store atau App Store.

Setelah aktivasi m-Banking BCA, nasabah dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek mutasi rekening:

1. Buka aplikasi BCA Mobile dan pilih opsi “m-BCA”.
2. Masukkan kode akses yang telah didapatkan dari aktivasi m-Banking BCA.
3. Pilih opsi “m-Info” dan kemudian pilih “Mutasi Rekening”.
4. Tentukan periode yang ingin dilihat riwayat transaksinya.
5. Klik “Kirim” untuk mendapatkan informasi mutasi rekening.

3. Cek Mutasi Lewat ATM BCA

Cara ketiga adalah dengan menggunakan mesin ATM BCA. Metode ini dapat digunakan oleh nasabah yang tidak memiliki akun klikBCA maupun BCA Mobile. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Datangi mesin ATM BCA terdekat.
2. Masukkan kartu debit atau kredit BCA dan masukkan PIN enam digit.
3. Pilih opsi “Transaksi lainnya” dan kemudian pilih “Informasi”.
4. Tekan opsi “Mutasi Rekening” dan tunggu sampai struk mutasi keluar.

Namun, perlu diingat bahwa mutasi lewat ATM BCA hanya menampilkan lima riwayat transaksi terakhir.

Itulah tiga cara praktis yang dapat dilakukan oleh nasabah BCA untuk mengecek mutasi rekening mereka. Dengan menggunakan salah satu dari tiga cara tersebut, nasabah dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi mereka tanpa harus antre di kantor cabang. Hal ini tentu sangat menghemat waktu dan tenaga bagi nasabah BCA.

Jadi, bagi kamu yang merupakan nasabah baru BCA dan ingin mengecek mutasi rekening, kamu tidak perlu khawatir lagi. Dengan mengikuti salah satu dari tiga cara di atas, kamu dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi rekeningmu. Dengan demikian, kamu dapat lebih mudah mengatur keuangan pribadi atau mengelola bisnis kamu dengan lebih efektif.

BACA JUGA :  Cara Daftar ShopeePay untuk Pengguna dan Merchant, Mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *